Pesta Pora Pemburu Tiket (Catatan #1)

Pesta Pora Pemburu Tiket (Catatan #1)

Peringatan: Postingan kali ini lumayan panjang. Tapi klo kamu pengen tau cerita sisi lain dari eror sistem booking website. Kamu boleh menikmati postingan ini sampai selesai, pelan – pelan.

Sebetulnya eror system di website maskapai atau website travel agent itu biasa. Cuma kali ini agak spesial karena sampai menimbulkan perdebatan apakah kita boleh ikutan booking & issued tiket kali ini atau tidak.

Bahkan beberapa master – master traveler & pemburu tiket eror expert yang saya tau bilang klo ikut booking kali ini itu sebuah kesalahan, gak boleh!

Hal lain yang membuat eror kali ini menarik adalah drama setelah nya yang membuat kawan – kawan yang berhasil booking dug dug Ser dibayangi ketidak pastian.

Gak sedikit temen – temen yang mungkin baru pertama kalinya booking tiket eror & dapet rezeki nomplok (walau sesaat) berusaha memaksimalkan eror system kali ini untuk mendapatkan tiket ke tujuan impian nya dengan maskapai impian nya pula.

Ada yang gak tidur semaleman bela – belain dapetin tiket nya, bahkan saya liat sampai ada yg anak nya gak keurus, dititipin sama neneknya, tapi untung nya nenek nya juga kebagian dapet tiket. Hehe. So, drama dimulai!

The Begining

Jadi gini, 2 hari yang lalu tepat nya tanggal 7 Juni di salah satu grup di facebook yang saya ikuti lagi heboh dengan eror system di pembayaran tiket. Ceritanya ada salah satu member grup yang posting info eror payment ini di grup. Dalam waktu singkat tentunya member di grup yang jumlah nya lebih dari 19.000 orang ini langsung serbu website yang eror tersebut dong.

Sampai disini, saya pikir ini eror biasa. Karena memang sering juga sih info eror system di grup. Dan sering juga kawan – kawan pada “heboh” disana. Disini saya juga belom terlalu tertarik ikut nimbrung buat booking itu tiket di system eror.

Tapi besok nya pas lagi sahur, saya liat ni kehebohan belum berakhir. Masih rame aja ternyata. Dan sampai sini pun saya masih anggap ni eror biasa. Saya tinggal lah lagi.

Sekitar, jam 9 pagi saya cek, bukan nya mereda malah makin “menggila”. Biasanya eror system itu sebentar doang. Namun kali ini terjadi hampir seharian. Dari situ saya mulai tergelitik untuk stalking komentar – komentar yang ada di postingan grup tersebut.

Disitu saya rada kaget juga, banyak diantara temen – temen yang “berhasil” dapetin tiket – tiket ke tujuan impian nya dengan harga yang “luaarrr biasa murah”. Saking murah nya, ada yang sampai booking borongan tiket ke jepang. Ada salah satu temen FB saya bahkan dapet tiket ke Jakarta – Amsterdam dengan harga Rp. 150.000,- saja. Gendeng!

Serunya lagi, di eror kali ini. Kita bisa bisa pilih tujuan kemanapun dan dengan maskapai apapun, dengan harga yang  saya yakin kamu juga bakalan geleng – geleng kepala klo tau.

Gak semua temen – temen “berhasil” booking ini tiket eror, tapi gak sedikit (bahkan menurut saya banyak banget) temen – temen yang status tiket nya confirmed.

Singkat cerita, saya pun tergelitik. Ni eror kok lama banget ya? Trus ni eror macem apa sampe heboh begini? Stalking – stalking dan stalking, ketemulah kesimpulan klo ternyata eror nya terjadi di payment sistem.

Jadi setiap pembelian yang dilakukan dengan mata uang rupiah di website tersebut hanya ditagih 1% ke kartu kredit kita. Sederhananya, klo kamu booking di website tersebut saat itu senilai Rp.10.000.000 maka yang akan ditagihkan ke kartu kredit hanya Rp. 100.000. Superrr sekali!

Pesta Berakhir!

Menjelang siang, ternyata pesta berakhir kawan – kawan. Selidik punya selidik, kabarnya ada salah satu member group yang dengan “polos” chat CS Booking Website yang bersangkutan dan menanyakan perihal eror yang terjadi.

Pihak booking website bertindak cepat. Eror diperbaiki, pembayaran dengan mata uang rupiah dihilangkan dari opsi pembayaran di website. Pesta berakhir!

Banyak tanggapan dan komentar di grup mengenai  berakhirnya pesta yang “diduga” karena laporan member yang chat CS diatas. Ada yang marah – marah, ada yang rusuh, ada juga yang kalem – kalem aja, bahkan ada yang langsung menyerbu “terduga” yang nge chat CS.

Bahkan temen saya yang belakangan telat dapet info eror saat tau ada yang “nge-chat” CS langsung message saya minta link “terduga”. Entah mau diapain itu “terduga”, Hehe.

Namun ternyata, kekesalan sebagian dari pemburu tiket eror tertahan dan terkesan oleh “kecantikan” sang “terduga”. #Eh #Lho #Hihi

Terbayang klo saat itu yang dengan polos nya nge-chat CS booking website tersebut adalah saya, sepertinya sudah dihakimi & digempur masa grup. Hwahaha.

The power of Beauty!

Notes:

Berakhirnya pesta berakhir mungkin karena banyak sebab, bukan hanya karena chat sang “terduga” cantik ke CS booking website. Bisa jadi karena pihak booking website menyadari eror yang terjadi. Bisa jadi ada orang lain yang tidak senang dengan pesta yang sedang terjadi dan melaporkan nya. Banyak kemungkinan.

Segelintir member mungkin agak kesal dengan berakhirnya pesta, namun saya tahu betul bahwa banyak diantaranya yang memang nothing to lose. Seru – seruan. Gak masalah kapan pesta dimulai dan berakhir karena sebab apapun karena sedari awal memang sudah menyadari cepat atau lambat, dengan alasan apapun pesta akan berakhir. Dan ini bukan pesta terakhir, masih akan terjadi eror – eror lainnya di waktu mendatang!

Masa Galau dan Penantian

Beberapa jam berlalu sejak pesta berakhir, namun justru disinilah ternyata kegalauan dan penantian apakah tiket yang dibeli dengan hanya mengeluarkan uang 1% dari harga yang sebenarnya ini bisa digunakan?

Bagaimana dengan sisa 99% yang tidak diambil merchant? Siapa yang menanggung? Apakah sudah ada yang berhasil terbang? Apakah tiket ini akan di cancel? Atau malah akan ada tagihan susulan?

Bagaimana nasib kawan – kawan yang borong banyak tiket dengan nilai transaksi sampai puluh juta (bahkan mungkin ada yg ratusan)? Apalagi nasib kawan – kawan yang terima “orderan” dari eror system ini? Akan kah ada tagihan tiba – tiba?

Seketika euphoria pesta pora berubah jadi kegalauan dan penantian akan kepastian nasib tiket. Berbagai reaksi terlihat. Ada yang santai dan optimis tiket bisa digunakan. Ada yang nakut – nakutin klo nanti ada tagihan susulan yang 99% sisanya sampai tidak sedikit kawan – kawan yang berharap tiket nya di cancel pihak booking website. Ada yang sedari awal booking langsung sengaja cancel lagi karena takut dapet tagihan. Ada juga yang santai – santai aja, nothing to lose dan melihat situasi ke depan apa yang terjadi, what next?

Dag dig dug serrrr… campur aduk perasaan ticket hunters ini.

Surat Cinta atau Surat Talak?

Menjelang waktunya berbuka, penantian sebagian member grup mulai terjawabkan. Beberapa (gak bisa dibilang sedikit) yang mulai mendapatkan surat talak alias surat  pembatalan tiket dengan dana 1% yang sudah dibayarkan dikembalikan (refund).

Namun disisi lain beberapa member yang sudah booking masih belum mendapatkan surat talak. Mungkin masih dalam antrian system untuk menerima pembatalan & refund, atau mungkin dibebaskan dan tiket nya terkonfimasi. Beberapa (banyak) yang saya lihat tiket nya masih terkonfirmasi bahkan mendapat surat cinta berupa itinerary & eticket dari maskapai nya langsung.

Respon dari keluarnya informasi ini beragam. Ada yang senang dapet surat talak karena takut ditagih yang 99% nya. Ada yang kecewa dapet surat talak karena mengetahui sebagian teman yang lain nya malah dapet surat cinta.

Dan luar biasanya beberapa waktu sebelum tulisan ini saya publish, sudah ada yang berhasil terbang dengan Garuda! Woww.. Woow.. Woow..

Dan supernya, tadi ada juga yang lapor dapet tagihan full plus biaya over limit! Super woow.. wow.. wow..

Sampai tulisan ini dipublish, tiap orang mendapatkan treatment yang berbeda – beda. Yang sudah dapet surat talak, jelas, gagal terbang uang kembali.

Yang sudah dapet surat cinta berupa eticket / itinerary terkonfirmasi masih menanti. Resah di hati apakah drama dan keseruan ini akan berakhir dengan happy.

Yang sudah terbang tentu happy, namun deg deg ser sudah pasti, karena katanya ada laporan tagihan full dari salah satu member. Khawatir pulang liburan ada tagihan baru menanti. Namun kita doakan saja itu tak terjadi.

Whatever, masih banyak kemungkinan terjadi. Drama masih akan terus berlanjut dan akan kita update di postingan / catatan selanjutnya, story about ticket hunters.

Giliran Kamu!

Dari pengalaman yang sudah lalu, ada beberapa jenis eror system terjadi di booking website yang menyebabkan kita bisa mendapatkan tiket dengan harga murah. Kejadian kali ini adalah yang terbaru dan eror jenis baru yang ditemukan teman – teman. Jenis – jenis eror lain nya yang pernah terjadi akan kita bahas nanti di Pesta Pora Pemburu Tiket Murah (Catatan #2).

Menurut beberapa kawan yang sudah expert dan sering hunting tiket eror. Case kali ini cukup unik. Dibandingkan eror system sebelum nya, sebetulnya posisi kita sebagai konsumen kali ini cukup lemah. Kita sudah tau harga saat final payment (harga normal)  dan yang ditagihkan hanya 1% (eror system).

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi:

  1. Lolos terbang tanpa kendala. Gak usah dijelasin lagi. Congratulation!
  2. Datang tagihan susulan yang 99% nya. Tidak sedikit yang meyakini bahwa merchant punya hak untuk melakukan ini dan aturan bank memungkinkan itu.
  3. Tiket dibatalkan dan dana 1% dikembalikan. Teman – teman yang was was tentang kemungkinan no 2 tentunya mengharapkan hal ini.

Dalam kasus ini, banyak yang tanpa ragu booking, tak sedikit yang was – was setelah booking, ada juga yang bahkan sampai booking borongan (bahkan di proyekin), ada yang diem – diem booking, ada yang sedari awal juga sudah skeptic.

Saya pribadi booking untuk sendiri dan untuk satu tujuan. Ada yang minta titip tapi saya tolak dengan halus. Nanti di catatan pesta pora pemburu tiket  #2 atau #3 akan saya kemukakan alasan saya ikut booking di eror kali ini.

How about you? Jika eror ini terjadi dan kebetulan kamu sedang dalam situasi yang memungkinkan untuk booking, apakah akan ragu, segan, dan tidak melanjutkan? Atau lanjut booking at your own risk? Sroll down & tinggalkan jawabanmu di komentar.

This Post Has 17 Comments

  1. saya gak akan ikutan…. buat saya kelemahan sistem yang kita gunakan untuk keuntungan kita tetap gak sreg, bayangkan betapa banyak masalah yang ditumbulkan akibat kesalah sistem itu. yang membuat system keimpungan, adminnya kalang kabut, dst… dan kita berbahagia diatas semua itu? coba kalau posisinya dibalik, gimana rasanya? so… klo mau jalan2… nabung…. tiket murah juga banyak koq, perjalanan happy…. gak ngerugiin siapa-siapa

    1. Yes.. Masuk alasan nya mbak.. Ini juga memang lagi seru drama after booking nya. Kita liat update selanjutnya..

  2. Sangat menghibur dan bagaimana perjuangan nya kalo berhasil terbang dengan tiket promo itu sensasinya luar biasa

    1. Yupss, semua kejadian pasti ada hikmahnya. Kita lihat update selanjutnya..

  3. mau tanya, klo boleh tau grup FB yg jadi awal sumber beritanya error sistem ini apa yah??

    1. Saya gk tau saat ini boleh disebut atau enggak. Liat perkembangan selanjutnya dulu ya mbak 🙂

      1. Mau nanya saya nubie error2 gini. Kalo boleh tau grup fb info error ni apa ya?! Bisa info ke email aja japri.

  4. Itu namae menikmati keuntungan diatas penderitaan org lain dgn sengaja …
    Yah jadinya dosa dong…

    1. Salah satu yang harus dipertimbangkan ke depan nya buat yang mau ambil tiket eror lagi nih.. Terimakasih input nya 🙂

  5. Mau donk dikasih tau caranya dapet tiket error atau murah..makasih sebelumnya

    1. Tiket eror ada konsekuensinya lho mbak. Tergantung case eror nya gimana. Siap jantungan? Hehe 😀

  6. Saya sih setuju pendapat mb ira hehe krn tiket error ini mengandung high own risk seperti yang terjadi skrg ini. Saya aza yang tdk ikutan deg-deg an mengikuti perkembangan nya hehe

    1. Betul.. Ikut masuk berarti udah tau resikonya.. Kita doakan saja buat temen2 yg kena tagih buat dapet solusi terbaik.. Selalu ada pelajaran dari setiap kejadian..

  7. Wah.. suasana seperti itu akan seru bagi yg ngalami bisa sukses terbang.. Kesempatan dalam kesempitan.. Hahaha

    1. Seru, dan sudah banyak yang pernah sukses terbang… Namun di kasus kali ini banyak banget pelajaran yang diambil..

      Yang harus disadari adalah pasti ada resikonya. Boleh lanjut, at your own risk 🙂

  8. Pernah dapat dan sempat terbang jg tp tetap sedia uang kaget takut tiba2 ditagih pas dibandara
    Lumayan dpt kl-yangon 12rb, mandalay-bkk 19rb
    Tapi y gitu harus siap klo ditagih tiba2, check in dg perasaan was2 hehe

    1. Nah iya, harus prepare juga klo ada apa2.. 😀

Leave a Reply

Close Menu