Jenis Tiket Eror (Catatan #2)

Jenis Tiket Eror (Catatan #2)

DISCLAIMER: Catatan ini dibuat bukan untuk menganjurkan pembaca memanfaatkan celah yang mungkin terjadi di eror sistem website booking tiket melainkan sebagai media pembelajaran. Semua tindakan yang terjadi setelah membaca catatan ini merupakan tanggung jawab pribadi masing – masing.


Klo kamu sudah membaca catatan #1 Pesta Pora Pemburu Tiket, maka ini adalah lanjutan dari catatan tersebut. Kali ini kita akan membahas sedikit mengenai eror yang pernah dan mungkin terjadi di sistem booking maskapai.

Eror yang dimaksudkan disini adalah eror yang terjadi pada website booking maskapai yang menyebabkan customer bisa mendapatkan tiket dengan harga yang fantastis murah dan bahkan bisa bikin kita geleng – geleng kepala.

Eror yang terjadi di website booking ini biasa dimanfaatkan oleh traveler untuk medapatkan tiket murah. Bahkan ada website khusus yang isinya atau kerjanya memberi kita informasi jika terjadi eror fare. Namun tentunya selalu ada resiko di belakang nya.

So, mari kita langsung saja. Ada 2 tipe eror yang biasa terjadi dan biasa dimanfaatkan traveler:

1. Eror di website

Maksud eror di website disini adalah eror yang terjadi di website nya itu sendiri. Hal ini terjadi ketika harga yang tampil di layar website baik itu saat pemesanan maupun sampai dengan invoice menunjukan harga yang jauh lebih rendah dari seharusnya.

Eror ini mungkin terjadi karena kesalahan konversi mata uang atau kelalaian admin web.

Beberapa bulan yang lalu hal ini terjadi di website salah satu travel agent online populer di Indonesia. Bayangkan saja, kamu bisa mendapatkan tiket Jakarta – Hong Kong hanya dengan Rp. 500.000-an saja.

Dalam kasus ini, posisi customer cukup kuat karena harga yang ditampilkan sesuai dengan harga yang disetujui di halaman konfirmasi dan juga tagihan.

Dalam situasi ini travel agent tak bisa berbuat banyak selain merelakan customer mendapatkan tiket super murah tersebut.

2. Eror di Payment Gateway

Ini adalah kasus baru yang sudah kita bahas di catatan #1 Pesta Pora Pemburu tiket. Eror terjadi di payment gateway. Payment gateway adalah sebuah sistem yang mengotorisasi proses pembayaran dari pembeli ke penjual.

Dalam kasus eror di payment gateway, yang terjadi adalah tagihan yang diterima customer lebih rendah dari harga yang seharusnya.

Seperti yang terjadi di kasus pada catatan #1 dimana tagihan pertama yang diterima hanya 1% dari total tagihan seharusnya. Dengan kata lain dalam kasus tersebut, jika kita membeli tiket seharga 1.000.000, kita hanya ditagih 10.000 IDR.

Hal tersebut tentunya sangat menggiurkan, namun harus diperhatikan bahwa di dalam jenis eror ini, customer / traveler berada dalam posisi yang cukup lemah karena sedari awal harga yang tampil di website booking maskapai / travel agent sampai dengan konfirmasi pembayaran menunjukan harga yang normal.

Hal ini menunjukan seolah ada “hiden promo“, namun bisa jadi “jebakan betmen” karena setelahnya ada kemungkinan pihak merchant menagih ulang sisa pembayarannya.

Di luar ada atau tidak nya unsur kesengajaan yang dilakukan pihak merchant ataupun payment gateway, eror seperti ini akan sangat beresiko. Agak tricky & gambling jika kamu mencoba “enter” di eror jenis ini.

So kawan, itu tadi catatan kecil mengenai eror fare yang pernah terjadi. Beberapa diantaranya bahkan dialami oleh website besar. Dalam setiap eror pasti ada resikonya. Klo kamu mau coba enter, pastikan siap dengan resikonya.

Di catatan selanjutnya tentang eror fare ini kita akan buat study case bagaimana saya mendapatkan tiket eror fare. Sekali lagi, catatan – catatan ini dibuat bukan untuk menganjurkan membeli tiket eror melainkan sebagai bahan pembelajaran semata. Dan tentunya jika ada diantara kawan pembaca merupakan admin website atau pemilik travel agent online, hal ini bisa dijadikan pelajaran untuk ke depan nya tidak melakukan kesalahan yang sama.

Giliran Kamu!

Apa pendapatmu tentang eror fare jenis diatas? Pernahkan kamu menemukan / mengalami eror diatas. Atau mungkin pernah menemukan eror fare tiket di website booking maskapai jenis lain? Scroll ke bawah dan tinggalkan pendapatmu di kolom komentar.

This Post Has 2 Comments

  1. saya pernah nemuin waktu itu kalau gak salah di tr*v*l*k*,harga kalstar malah minus,tapi jam terbangnya ada,tapi ya gak berani,takut ada kesalahan,malah kena charge hehehe

    1. Waah.. Sampe minus gitu yaa.. Iya bener.. Saya juga bakalan ragu banget klo nemu yang sampe minus gitu..

Leave a Reply

Close Menu

FREE BUDGET TRAVEL SECRET

Ketahui cara traveling dengan lebih Mudah, Murah, dan Menyenangkan dalam sebuah ebook yang sudah didownload oleh lebih dari 27.945 SMART TRAVELER. Masukan Email Aktif dan Nama Anda lalu tekan tombol untuk Akses eBooknya sekarang. It's FREE (for a limited time!)



You have Successfully Subscribed!