Jalan Jalan ke Hongkong ala Backpacker

Jalan Jalan ke Hongkong ala Backpacker

Jalan  jalan ke hongkong ! Yes, akhirnya newbie backpacker sampai juga di Hongkong dan Macau. Backpacker ke Hongkong dan macau memang jadi salah satu list negara yang inceran yang ingin saya kunjungi. Dan akhirnya pas Ramadhan ini salah satu target itu terealisasi. Dan kali ini saya akan bercerita sedikit tentang kisah klasik untuk masa depan pengalaman kami travelling ke Hongkong dan Macau beberapa waktu yang lalu.

Di kesempatan kali ini saya tidak akan terlalu detail membahas tentang Hongkong dan Macau karena rencana nya nanti kisah lengkap dan panduan jalan jalan ke Hongkong akan saya buat dalam sebuah ebook yang akan dibagikan gratis pada pengunjung RanselTravel.com. Ada yang mau? kasih support di komen ya, biar bikin ebook nya tambah semanget kagak males -malesan 🙂

Ngong Ping merupakan tempat wisata di Hong KOng yang wajib kamu kunjungi

Persiapan Jalan Jalan ke Hongkong

Walaupun masuk ke dalam list negara yang ingin saya kunjungi, sebetul nya niat untuk berwisata ke hongkong dan macau ini akan dilakukan setelah travelling ke indochina (thailand, cambodia, vietnam). Namun semua berubah ketika si low cost carier AirAsia mengeluarkan promo yang bikin saya gak tahan pengen langsung beli tiket. Kita beli tiket lebih kurang bulan November 2014 yang lalu. Seperti biasa, beli tiket dulu berpikir dan menabung kemudian. Hehe. Normal nya, harga tiket pulang pergi Jakarta – Hongkong untuk kelas ekonomi itu sekitar 2,3 – 3 jutaan. Dan waktu saya beli, total pengeluaran untuk tiket Jakarta – KL – Macau – KL – Jakarta itu hanya lebih kurang 1,3 juta saja per orang (Senyum lebar). Kok bisa bro, gimana caranya tuh dapet tiket segitu? Nanti akan saya ungkap rahasia nya di ebook jalan jalan ke hongkong yang saya bagikan gratis di matrial terdekat web RanselTravel.com ini.

Selain tiket yang harus dipersiapkan adalah akomodasi, yaitu penginapan. Untuk penginapan seperti biasa kita cek di Agoda. Penginapan yang recomended dan paling banyak diminati wisatawan adalah di daerah kowloon. Di Hongkong ini harga penginapan bisa dibilang kurang bersahabat dalam hal harga. Jika di Kuala Lumpur dengan uang Rp. 300.000,- an kita bisa mendapatkan hotel bintang 3, dengan nominal yang sama jangan harap bisa mendapatkan tempat dan fasilitas yang sama di Hongkong. Maklum lah, Hongkong punya lahan yang sempit sementara yang tinggal nya banyak. Jadi ya wajar saja klo harga properti disini bikin pusing pala barbie. Namun begitu tentunya tidak akan menyurutkan niat kita untuk menjelajahi hongkong bukan?

Singkat kata dapetlah penginapan di Chunking Mansion Tsim sha Tsui. Hasil riset secara mendalam dan lama (halah..) mengatakan bahwasanya menginap di Chunking Mansion itu gak nyaman, menyeramkan, mengkhawatirkan, bahkan ada yang merasakan suasana bronx di Chunking Mansion. Benarkah? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Chunking Mansion tidak seseram yang dibayangkan dan digambarkan di blog – blog atau sumber – sumber yang pernah saya atau mungkin Anda baca . Setidak nya untuk lelaki kuat dan tangguh macam saya (aiihhhsss..). Buat saya Chunking Mansion ini jadi bahasan yang menarik nih, alasannya apa? yaitu tadi, tidak sedikit review negatif yang dibuat traveller yang pernah menginap di salah satu hotel di gedung ini. Namun di satu sisi gedung ini juga menjadi salah satu gedung favorit tempat menginap traveller yang berkunjung ke Hongkong. Kontradiktif bukan? Oleh karenanya nanti di ebook jalan – jalan ke Hongkong rencananya akan saya buat review tersendiri untuk bangunan yang cukup bersejarah ini.

Untuk Anda yang sedang mencari penginapan murah di Hongkong bisa langsung cek sendiri di Agoda. Klik Disini untuk booking penginapan via Agoda Langsung.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

When we feel stuck, look at the sky. The cloud remind us that everything changes. #skyterrace428 #visithongkong #travelphotography

A post shared by Fajar Permana (@fajaract) on

Itinerary 5 Hari 4 Malam Jalan Jalan ke Hongkong dan Macau

Sebetulnya untuk trip ke Hongkong kali ini kita tidak membuat itinerary yang terlalu detail. Sengaja trip kali ini kita lakukan secara spontan agar tidak terburu – buru. Terkadang travelling secara spontan lebih menyenangkan. Untuk menjelajahi Hongkong dan Macau saja, saya sarankan untuk mengambil waktu 5 hari. Tentunya dengan porsi waktu di Hongkong lebih banyak daripada di Macau.

    • Hari pertama travelling ke Hongkong kemarin yang terlebih dulu saya eksplore adalah tempat – tempat yang dekat penginapan saja sambil beristirahat memulihkan tenaga.
    • Hari ke dua setelah tenaga full, kita bisa mulai mengunjungi tempat – tempat yang agak jauh, kita bisa menyeberang ke Lantau Island untuk mengunjungi Ngong Ping. Untuk menuju Ngong Ping kita bisa menggunakan Ngong Ping 360 Cable Car dari CityGate di Tunchung. Atau klo Anda takut ketinggian Anda bisa menggunakan Bus untuk menuju Ngong Ping. Di Lantau Island ini juga Anda bisa mengunjungi Disneyland Hongkong yang terkenal itu.
    • Hari ke tiga kita kita bisa menyebrang ke Hongkong Island dengan ferry. Banyak yang bisa dilakukan di Hongkong Island ini mulai dari nge mall, berkunjung ke KBRI Hongkong, berkunjung ke Victoria Park tempat kumpul nya saudara – saudara se-Indonesia kita yang jadi TKI di Hongkong, dan yang pastinya di Hongkong Island ini ada the Peak yang sayang klo dilewatkan.
    • Di Hari ke 4 dan ke 5 kami menyebrang ke Macau. Banyak pengalaman seru di Macau ini. Mulai dari mengunjungi Macau Fisherman Wharf, wahana yang mulai ditinggalkan namun menjadi destinasi menarik di macau, mengunjungi senado square dan Ruin St Paul yang sangat Iconic, mengunjungi the Venetian, hotel yang katanya memiliki kanal buatan di dalam hotel yang dibuat semirip mungkin dengan venetian italy. Di the venetian ini juga sempet nyasar – nyasar ke kasino cari jalan keluar saking gede nya bangunan ini, Nyobain egg tart yang katanya gak sah ke macau klo gak nyobain egg tart. Dan masih banyak lagi pengalaman seru lainnya pas travelling ke Macau kemarin.
    •  
 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

View from the wing 📷 #travelphotography #traveler #travel #traveblogger ##backpackerkehongkong #ngongpingvillage #DareToShare #bikinjadinyata

A post shared by Fajar Permana (@fajaract) on

Baca juga : Tempat Wisata di Hongkong.

Nah, itu tadi sedikit (banget) cerita jalan jalan ke Hongkong beberapa waktu yang lalu. Untuk versi lengkap nya nanti akan saya buatkan ebook panduan jalan jalan ke Hongkong dalam bentuk PDF yang bisa traveller download Gratis di web ini. Inshaa Allah nanti saya buat selengkap mungkin deh panduannya, bukan cerita pengalaman saja, tapi juga dengan budgeting, akomodasi hotel dan juga tips and trick lainnya. Yang mau nanya atau antri pengen ebook nya jangan sungkan komentar di bawah yaa. Keep travelling bro & Sist, ambil ransel mu, Hongkong menantimu 🙂

 

This Post Has 50 Comments

  1. Minta lah ebook hongkong sama macaunya bg.,,

      1. Udh bg..mksi y bg.. tinggal budgeting aj..
        Bg mna bagus, pake octopus card atau pake kartu unlimited tourist?

        1. Tergantung tempat yang mau dikunjungi ka. klo memang mobilitas tinggi mending pake unlimited tourist aja. Pake octopus juga klo dari segi hemat gak terlalu signifikan bedanya sama tiket standar.

      2. Bang, sya mau download ebook backpacker hk, tapi kenapa ga bisa ya? Apa bisa dikirim ke email sya. Terimakasih

        1. Klik link diatas.. Masukin email nya disana tar otomatis dia kirim ebookbnya ke email mbak..

    1. Saya kok gak bisa download yaa???

      1. download di link diatas mbak.. gak bisa download nya gimana kah?

  2. Bang unlimited tourist itu bayarnya berapa bang.?
    Saya baca2 ada yg namanya airport express travel pass yang masa berlakunya 72jam naik mtr gk usa bayar lg seharga 220hkd..lbh bagus mana bang.?
    Bang kalau withdraw kartu octopus di stasiun mana aja bisa bang.?
    Thanks before bang..
    Hehe..

  3. Thank youu bang. Doain tahun ini bisa ke hk. Sendirian jgg gapaoa

    1. Mudah – mudahan ada yang nemenin ya mbak 🙂

  4. Kok ebook yg hkg macau ga bs didownload ya? Dia minta username n pass lg.. Saya udah registrasi email padahal

  5. Bang, ke HK pake e-Passport apa passport biasa?

    1. Ke hong kong pasport biasa..

  6. Mas saya sebenarnya pengen ke makau mas,tapi saya tidak menguasai bahasa asing.mohon bantuanya mas

    1. Bahasa inggris standar seadanya jga jalan aja mas.. Saya malah punya temen orang jepang sama sekali gk bisa bahasa inggris, tapi dia berani keliling dunia. Kita jga klo ngobrol pake bahasa “tarzan” & translator 😀

      No problem dengan bahasa 😀

  7. Mas mau nanya kalo di macau/hongkong aplikasi messenger line / whatsapp bisa dipake ga? Makasi ya infonya☺

    1. bisa mbak.. aman..

  8. Kalo jln2 sendirian buat cewek di hkg aman ga ya? Dari segi transportasi terutama.
    Trs gmpang ga ya cari kuliner halal selama trip? Thx

    1. relatif aman mbak.. untuk transportasi hong kong mirip – mirip singapore. Untuk makanan halal mudah ditemui di area mesjid (banyakan makanan India). untuk makanan rasa indonesia banyak di causeway bay..

  9. Halo salam kenal. Mau nanya kalo aplikasi untuk chat seperti line dan whatsapp bisa digunakan ga di hongkong/macau? Makasih jawabannya☺

    1. Masih bisa di hong kong 🙂

  10. Info lg donggg mas, tmpt wisata yg dkt dgn kedutaan RI di hkg? Kebetulan saya menginap di sekitar kedutaan. Trus kalo mau beli peta hkg yg lgkp jalur transportasi dan wisata dmn ya? Thx sblmnya

    1. Deket kbri, Causewaybay.. Peta ambil banyak gratis di bandara mbak. Klo mau beli biasaya di 7eleven..

  11. Mau tanya kalo untuk paket data..mending beli kartu telepon di sana atau cukup jadi fakir wifi di hotel dan cafe/ resto?? Terima kasih

    1. Tergantung kebutuhan mbak.. Hehe..

      Klo saya fakir wifi.. Tapi klo ya emang urgent beli aja mending..

  12. biaya kapal ferry dari hongkong ke macau berapa ya mas terus lebih cepat naiknya dari pelabuhan mana?

  13. Nyimak

  14. Untuk pergi ke hongkong dan macau, tidak usah pakai visa kan ya mas fajar??

    1. Betul mas, Hong Kong & macau tidak memerlukan visa untuk WNI

  15. Mas, mhn advice ittenary 4 hari 3 malam, bawa 3 anak (1 umur 14th, 1 umur 1 tahun, 1 umur 3 tahun), juga penginapan yang tdk mahal tapi cukup nyaman buat kids. Makasih ya, Mas.

    1. Ralat Mas, anakku adalah 14, 11 dan 3 tahun

    2. coba di mirador mansion atau golden count court. klo ada budget lebih ambil imperial hotel tsim sha tsui

  16. Makasih tulisannya. Bakal jadi referensi buat taun depan ke hongkong 🙂

  17. Thank you infonyaa.. smoga ada tmpt lain yg bs kmu kunjungi yah.. cemunguudd

    1. Aamiin… 🙂

  18. Keren Mas. saya juga sudah dapat e-book nya. Saya sebenarnya selalu bawah LP kalo jalan jalan dan tulisan ini nanti saya akan padukan sebagai ref. Tx

  19. Keren bro, thanks.

  20. Wah infonya menarik banget. Pas banget minggu depan mau ke Hongkong dan Macau. Tiket promo dari maskapai AA juga hahaha. Thanks mas Fajar!

  21. Thanks tulisannya. Sangat berarti. Mas kalau ke Macau dari HK sebaiknya ke Taipa atau ke yg satu lagi. Utk one day trip ke Macau. Ma kasih ya

    1. Bantu jawab ya. Itu tergantung km nginap di hotel apa. Misal kalau venetian itu di taipa.

  22. Budget untuk transportasi, akomodasi, makan, selama 5 hari abis berapa mas?
    saya rencana ke HK 30 Mei 2018 , gegara tiket promo MAS 1.5jt PP
    malah kejebak di HK 10 hari, karena tiket promo ke Russia baru dapet 12 Juni 2018.
    Puyeng :))))))) Mau ngapain 10 hari di HK. mana mahal pulaaakk :-/

  23. Aman ga ya pakai backpack utk ke HK dan Macau? Galau bawaan banyak tp takut dicopet juga.

    1. aman aja, saya juga ke Hong Kong seringnya pake Backpack

  24. ahh kereen bangett sihhh hobby saya juga travel cuma masih blm sampe tahap ke luar negeri gitu :”
    next time smoga bisa dan terwujud

    1. Aamiin…

  25. Hong Kong, Macau dan Shenzhen adalah salah tiga kawasan China yg sangat menyenangkan dan gak pernah bosan untuk dikunjungi. Minggu depan mau balik lagi ke sana dan mau coba pake bus ke Macau dari Hong Kong….oohh iya, jangan lupa ketiga kawasan tersebut juga punya tiga mata uang yg berbeda….di mana Hong Kong menggunakan Hong Kong Dollar, Macau dengan Pataca dan Shenzhen seperti wilayah China lainnya yaitu Yuan atau Reminbi.

Leave a Reply

Close Menu