Budget Traveling ke Hong Kong
Menu Makanan Kanton Halal

Budget Traveling ke Hong Kong

Banyak email yang masuk menanyakan berapa sih budget travelling ke Hong Kong? Seperti sebelum – sebelum nya, sebetulnya untuk persoalan budgeting saat nge-trip itu tergantung pada gaya travelling kita. Tiap orang punya preferensi dan gaya traveling masing – masing yang mana akan sangat berpengaruh pada pengeluaran kita.

Hong Kong Dollar yang Merupakan Mata uang yang berlaku di Hong Kong
Hong Kong Dollar yang Merupakan Mata uang yang berlaku di Hong Kong

Sebagai gambaran, pengalaman saya untuk trip 5 Hari 4 Malam (di Hong Kong saja) dengan gaya backpacking sebagai solo traveler, menginap di Chunking Mansion, mobilisasi naik kendaraan umum, masuk “hanya” ke destinasi wisata utama, makan “beberapa kali” di restoran (biasanya agak mahal) & banyak dari fast food juga frozen food di convenient store (lebih murah) menghabiskan dana kurang dari 1000 HKD (tanpa oleh – oleh). Dan ini sebetulnya bisa lebih hemat

Sekali lagi, murah atau mahal itu relatif, tergantung preferensi dan gaya traveling masing – masing. Dan kali ini saya akan share tipikal untuk traveling ke Hong Kong secara umum yang mudah – mudahan bisa memberi gambaran dan membantu kamu untuk menghitung budget yang harus dipersiapkan untuk trip.

Tipikal Pengeluaran Backpacking ke Hong Kong

Hostel – Harga satu kasur di dorm / asrama bervariasi mulai dari sekitar 90 HKD per malam. Tapi, untuk mendapatkan kamar yang nyaman dan bersih, bersiaplah untuk mengeluarkan dana sekitar 150 HKD. Kamar private di hostel tersedia dengan harga mulai dari 250 sampai dengan 500 HKD permalam.

Budget Hotel – Harga mulai dari 350 HKD per malam untuk double room standar di budget hotel. Untuk jaringan budget hotel international yang lebih besar, harga permalamnya bisa sekitar 600 HKD. Klo kamu datang bersama keluarga, ada banyak apartemen yang bisa disewa. Lebih nyaman jika kamu tidak ingin tinggal di hostel namun memiliki budget ketat dan menghemat untuk tidak tinggal di hotel besar.

Makanan – Hong Kong memang termasuk Negara yang kurang bersahabat dalam hal biaya hidup. Namun ada beberapa tempat juga dimana kita bisa mendapatkan makanan dengan harga mulai 40 HKD sekali makan. Makan di restoran yang agak besar, bersiaplah merogoh kocek sampai dengan 100 HKD. Harga makanan “rasa Indonesia” bisa kamu dapatkan di causeway bay dengan harga mulai dari 24 HKD.

Makanan Halal di Hong Kong
Menu Makanan Halal Kanton

Transportasi – Tourist travel pass bisa kamu dapatkan dengan harga 65 HKD untuk dewasa dan 35 HKD untuk anak – anak yang bisa digunakan perjalanan sepuasnya di metro, tram, and light rail service selama seharian penuh. Harga tiket sekali jalan tergantung jarak tempuh nya, berkisar antara 7-23 HKD. Sedangkan harga Star ferry antara Hong Kong and Kowloon adalah 2,3 HKD.

TIPS MENGHEMAT UANG

Makan Prasmanan – banyak restoran yang menawarkan menu all you can eat dengan harga kurang dari 110 HKD. Manfaatkan penawaran seperti ini.

Hindari menginap di area Hong Kong Island – Jika memungkinkan hindari tinggal di area Hong Kong Island. Penginapan di area ini memiliki harga yang relatif lebih mahal dari area lainnya di Hong Kong. Namun jika terpaksa, menginaplah di area Causeway Bay, harga pasaran akomodasi disini merupakan yang termurah di Hong Kong Island.

Menginap di Chungking Mansion – Bukan tempat yang terbaik, namun Chunking Mansion menawarkan akomodasi termurah di Hong Kong. Hotel bintang 1? Kenapa tidak! Jika kamu backpacking ke Hong Kong dengan budget yang ketat, menginap disini bisa jadi pilihan yang bagus.

Chunking Mansion
Chunking Mansion

Gunakan transit day pass – Harga naik Kereta di Hong Kong dihitung berdasarkan jarak tempuh. Menggunakan one day pass akan lebih menghemat jika kamu berkeliling kota dan mengunjungi area New Territories.

Octopus Card Hong Kong 2
Octopus Card Hong Kong

Oke kawan itu tadi tipikal pengeluaran untuk backpacking ke Hong Kong. Mudah – mudahan bisa menjadi gambaran dan membantu kamu merencanakan trip ke Hong kong nya dengan lebih baik.

Jika Kamu membutuhkan info lebih detail tentang traveling ke Hong Kong. Saya telah membuat sebuah Panduan Lengkap Backpacking ke Hong Kong yang sudah di download oleh ratusan traveler dan menjadi referensi terbaik. Panduan ini akan memuat:

  • Itinerary
  • Cara mencapai destinasi wisata
  • Tempat Wisata di Hong Kong
  • Budgeting Lengkap
  • Akomodasi
  • Transportasi
  • Dan semua yang dibutuhkan traveler untuk backpacking hemat ke Hong Kong

Klik tombol dibawah untuk detail info tentang Digital Book terlaris di Indonesia ini.



This Post Has 13 Comments

  1. mas kartu octupus dan tourist travel sama ?

    1. Beda, klo tourist travel pass gak bisa dipake belanja, MTR sama bus aja.

      1. Ingin minta advice ittenary untuk 3 dewasa + 2anak

  2. Mas, kartu octopus itu harus selalu beli yg 150 HKD atau bs pinjem sama tmn yg punya ya?

    1. Bisa pinjem sama temen yang punya. Tar diisi ulang aja disana di mesin atau counter tiket..

  3. Mas, utk trem sama cable car bisa pakai kartu one day pass?

    1. gak bisa… beda lagi..

  4. mas Fajar, kalau masalah komunikasi dan internet bagaimana? apa harus pakai kartu sana?kisaran harga berapa ya,thx

    1. Saya biasanya pakai paket roaming telkomsel. 150rbu/3hari dapet 1 GB data.

  5. itu harga hostel 90 $hk apa hanya harga utk kasur saja?
    kalau mandi, simpan barang ada nambah bayar lagi ga?
    itu di daerah mana ya?

    1. Klo dorm ya kasur. daerah tsim sha tsui atau central.

      Simpan barang tergantung kebijakan property. Tapi sepengalaman saya gratis terus.

  6. Mas fajar untuk kartu octopus itu bisa d pake untuk semua bus d sana termasuk bus yg dr hkia ke thun chung station?

    1. Bisa… octopus fungsinya mirip2 emoney atau ezlinl singapore

Leave a Reply

Close Menu

FREE BUDGET TRAVEL SECRET

Ketahui cara traveling dengan lebih Mudah, Murah, dan Menyenangkan dalam sebuah ebook yang sudah didownload oleh lebih dari 27.945 SMART TRAVELER. Masukan Email Aktif dan Nama Anda lalu tekan tombol untuk Akses eBooknya sekarang. It's FREE (for a limited time!)



You have Successfully Subscribed!