Umroh Backpacker – Cara Ibadah ke Tanah Suci dengan Budget Hemat

Umroh Backpacker – Apa sih yang ada di bayangan kamu klo dengar kata backpacker? Pastinya yang terbayang adalah perjalanan umroh penuh “perjuangan”. Kemana – kemana pake si backpack alias ransel, nyasar – nyasar karena gak tau jalan, menginap di tempat yang seadanya, dan makan yang hemat apa adanya.

Memang backpacker identik dengan yang seperti itu, namun yang bakalan kita bahas kali ini jauh berbeda dari yang kamu bayangkan.

Umroh Backpacker - Ibadah ke Tanah Suci dengan Budget Hemat

Kata “backpacker” disini saya gunakan hanya untuk menggambarkan “biaya” yang dikeluarkan nya saja, namun untuk praktiknya sendiri kita bisa melaksanakan umroh dengan fasilitas yang gak jauh dengan umroh reguler.

Kita jalan tetap pakai koper, nginep di hotel, handling bagasi di Arab sudah ada yang urus, transport selama di arab dengan bis AC, visa dibantuin, dapet city tour selama di Arab, bahkan pengalaman saya dapat makan catering sehari 3x. Umrohnya pun dibimbing oleh ustadz orang Indonesia yang tentunya sudah berpengalaman membawa jamaah umroh.

Jadi intinya umroh backpacker yang saya maksud disini adalah umroh dengan paket hampir seperti umroh reguler namun dengan budget hemat ala backpacker. Asik kan?


Sebagai informasi, rata – rata biaya umroh reguler itu sekitar 23 – 25 jutaan (tergantung paketannya). Bahkan bisa lebih melonjak mahal jika kita ingin ambil paket yang plus plus. hehe..

Maksudnya plus – plus ini adalah plus hotelnya (lebih bagus dan lebih dekat ke mesjid), plus tour sepulang umroh (misal ke Mesir atau Turki), dan plus plus lainnya yang mendukung kenyamanan ibadah umroh.

Nah, kali ini saya akan share estimasi budget atau Umroh Backpacker selama 8D7N 🙂

Budget Umroh Backpacker / Madiri

  • Tiket Pesawat Bandung / Jakarta – KL  = Rp. 700.000
  • Hotel (Promo) di Kuala Lumpur = Rp. 187.000
  • Tiket Pesawat Kuala Lumpur – Madinah, Jeddah – Jakarta = Rp. 10.000.000
  • Land Arangement (LA) Umroh = US$ 348 = Rp. 4.664.000*
  • Visa + Asosiasi = US$ 100 = Rp. 1.380.000*
  • Suntik Meningitis = Rp. 305.000

Total Pengeluaran Rp. 17.236.000 

*Kurs 1 MYR = 3400 & Kurs USD 1 = Rp. 13.800

So, total estimasi dana / Budget umroh sekitar Rp. 17.236.000 per orang. Asik apa ueeenaaak? 🙂

Dari budgeting diatas terlihat yang paling berperan memangkas pengeluaran adalah tiket pesawat. Dulu bahkan saya pernah mendapat Tiket Umroh 1,3jta PP.

Dari total seluruh pengeluaran untuk umroh, yang paling berperan bikin bengkak budget adalah tiket pesawat. Untuk tiket pesawat saja normalnya kita harus merogoh kocek sekitar USD 1100 atau sekitar 15jta-an rupiah.

Kesimpulannya, kita bisa memangkas pengeluaran yang cukup signifikan jika kita bisa mendapatkan tiket pesawat promo.

Memang untuk mendapatkan tiket PP ke jeddah promo adalah hal yang sangat – amat langka, sulit, dan mungkin gak akan ada promo seperti itu lagi karena itu adalah promo khusus. Namun kita masih sangat mungkin mendapatkan promo – promo lain seperti AirAsia yang sering bikin promo Rp. 7 jutaan (PP). Terkadang kita juga bisa mendapatkan maskapai full service / Flag Carier seperti Saudia Airlines dengan harga hanya 9 – 10 jutaan.

Trik lain yang bisa dipakai adalah dengan “melipir” dulu ke negara tetangga seperti Singapore, Malaysia, ataupun Bangkok untuk mendapatkan tiket ke Jeddah murah.

Dapatkan Info Tiket Umroh Promo, Group Umroh 2018, & Notifikasi Artikel Umroh Backpacker Terbaru

Dapatkan Info Tiket Umroh Promo, Group Umroh 2018, & Notifikasi Artikel Umroh Backpacker Terbaru

"Masukan Nama & Email Aktif Kamu untuk Join Miling List Khusus Umroh Backpacker "

You have Successfully Subscribed!

Nah, itu tadi adalah sedikit sharing tentang budget umroh backpacker. Ke depan kita akan bahas lebih jauh lagi tentang umroh backpacker ini termasuk breakdown budget Land Arangement, Apa aja sih yang ada dalam paket budget Land Arangement Umroh? Kita akan bahas di artikel selanjutnya.

Agar gak ketinggalan artikel selanjutnya, kamu bisa join Mailing List Khusus Umroh Backpacker. Disana nanti kamu bisa mendapatkan notifikasi artikel terbaru umroh backpacker, informasi promo tiket umroh murah terupdate, dan info grup umroh 2018.

Kamu juga boleh SHARE artikel ini ke keluarga & sahabat yang ingin umroh dengan budget hemat. Umroh rame – rame tentunya lebih asik bukan 🙂


Update Artikel ke 2 tentang Umroh Backpacker sudah bisa dibaca.

Baca: Land Arangement Umroh Backpacker


Jangan lupa SHARE dulu artikel ini dan Subscribe miling list khusus Umroh Bacpacker biar ga ketinggalan info promo tiket umroh murah dan grup umroh bareng untuk maret 2018

Dapatkan Info Tiket Umroh Promo, Group Umroh 2018, & Notifikasi Artikel Umroh Backpacker Terbaru

Dapatkan Info Tiket Umroh Promo, Group Umroh 2018, & Notifikasi Artikel Umroh Backpacker Terbaru

"Masukan Nama & Email Aktif Kamu untuk Join Miling List Khusus Umroh Backpacker "

You have Successfully Subscribed!

Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Newbie Backpacker & Professional Jobless.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

65 thoughts on “Umroh Backpacker – Cara Ibadah ke Tanah Suci dengan Budget Hemat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *