Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang

Travelling ke Jepang memang menjadi impian hampir semua orang. Namun, tingginya biaya berlibur ke Jepang, terkadang membuat kita berpikir dua kali untuk berkunjung ke sana. Mahalnya biaya hidup di Jepang memang bukan rahasia lagi. Sobat Traveler perlu merogoh kocek dalam-dalam dan memperhitungkan dengan seksama setiap pengeluaranmu jika ingin menghabiskan liburan di Negeri Sakura tersebut.

Salah satu hal yang membuat liburanmu ke Jepang begitu mahal adalah biaya transportasinya. Terlebih jika kamu menggunakan kereta Shinkansen untuk bepergian. Mahalnya biaya transportasi tersebut dapat kamu imbangi dengan mencari penginapan dengan harga terjangkau. Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih penginapan saat travelling ke Jepang. Penasaran? Berikut tipsnya:

  1. Tentukan destinasi

Tentukan destinasi - Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang - manisweddings.blogspot.com

Tentukan destinasi – Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang – manisweddings.blogspot.com

 

Ketika memutuskan traveling ke Jepang, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Dengan menentukan destinasi, akan lebih mudah memetakan perjalanan wisatamu dan mencari informasi mengenai hotel-hotel murah yang tersedia di area tersebut. Agar biaya transportasimu jadi lebih hemat, pilih hotel yang lokasinya dekat dengan destinasi wisata atau pusat kota dan dapat dijangkau dengan jalan kaki atau naik bus yang tarifnya lebih murah.

  1. Bekali diri dengan informasi

Bekali diri dengan informasi - Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang - dreamsrocket.com

Bekali diri dengan informasi – Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang – dreamsrocket.com

 

Luangkan waktu sebentar untuk mencari tahu dan membaca informasi mengenai tempat menginap yang kamu pilih dari orang-orang yang pernah berkunjung ke sana sebelumnya. Ini penting agar kamu tidak salah pilih tempat menginap. Pastikan fasilitas yang Sobat Traveler dapatkan sesuai dengan harga yang dibayarkan. Pertimbangkan pula waktu check in dan checkout, serta ketersediaan loker. Selain itu, pastikan tempat menginapmu berada di wilayah yang aman dan bebas dari kejahatan.

  1. Cari penginapan alternatif

Cari penginapan alternatif - Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang - asianwanderlust.com

Cari penginapan alternatif – Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang – asianwanderlust.com

 

Dibanding hotel yang harga sewanya relatif mahal, sebaiknya Sobat Traveler memilih youth hostel, hostel, guesthouse, atau hotel kapsul sebagai tempat menginap. Alternatif penginapan tersebut memasang tarif lebih murah. Terlebih jika tarif yang dipasang sudah termasuk sarapan, kamu bisa lebih hemat lagi. Jika kamu bersama rombongan, lebih murah jika menginap di Minpaku, penginapan murah di Jepang dengan konsep unik, yaitu menempati rumah penduduk lokal.

 

Macam-Macam Cara Menginap Murah saat Travelling ke Jepang

Macam-Macam Cara Menginap Murah saat Travelling ke Jepang - Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang - ebookers.com

Macam-Macam Cara Menginap Murah saat Travelling ke Jepang – Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang – ebookers.com

 

Ada banyak cara menginap murah yang bisa menjadi alternatif ketika kamu berlibur ke Jepang. Berikut kami ulas mengenai cara menginap murah yang bisa dipilih:

  1. Menginap di hotel kapsul

Menginap di hotel kapsul - Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang - Booking.com

Menginap di hotel kapsul – Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang – Booking.com

 

Hotel yang banyak terdapat di pusat kota ini awalnya disediakan bagi karyawan yang sedang melakukan perjalanan dinas ke luar kota. Seiring berjalannya waktu, hotel jenis ini menjadi semakin populer, bukan hanya di kalangan karyawan saja. Mereka yang usai minum di bar atau kedai sake dan enggan pulang ke rumah, biasanya memilih untuk menginap di hotel kapsul. Bentuk hotel ini cukup unik, berupa dipan yang diletakkan berjajar dan bersusun.

Keberadaan hotel kapsul ini memang pertama kali muncul di Jepang pada tahun 1979. Jika dulu hotel kapsul hanya menerima tamu pria, sekarang beberapa hotel telah membuka fasilitas untuk tamu wanita. Tentu saja ruangan yang disediakan untuk tamu wanita letaknya terpisah dengan ruangan tamu pria. Sama seperti fasilitas hotel pada umumnya, hotel kapsul juga menyediakan berbagai tipe kamar dengan fasilitas berbeda-beda.

  1. Minpaku atau menginap di rumah penduduk

Minpaku atau menginap di rumah penduduk - Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang - toshihikoyamamoto.jp

Minpaku atau menginap di rumah penduduk – Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang – toshihikoyamamoto.jp

 

Minpaku merupakan penginapan dengan konsep unik, yaitu menempati rumah penduduk lokal. Selain biaya menginap yang lebih murah, kamu juga dapat belajar mengenai budaya Jepang secara langsung dari keluarga jepang tempat kamu menginap. Jika ingin memilih penginapan ini, saran kami sebaiknya pilih minpaku yang terdaftar di situs resmi, ya.

  1. Penginapan di Kuil (Shukubo)

Penginapan di Kuil (Shukubo) - Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang - Booking.com

Penginapan di Kuil (Shukubo) – Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang – Booking.com

 

Sensasimenginap yang satu ini hanya akan kamu temukan di Negeri Sakura. Shukubo atau menginap di kuil dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menenangkan diri. Karena kamu dapat mengikuti Zasen atau meditasi. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk menikmati hidangan khas kuil, ShojinRyori, sejenis hidangan vegetarian. Kamu juga dapat merasakan pengalaman budaya dengan Shakyo, kegiatan menulis ulang kalimat kitab Buddha.

 

Super Sento, Cara Tepat Beristirahat saat Travelling ke Jepang

Super Sento, Cara Tepat Beristirahat saat Travelling ke Jepang - Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang - jpninfo.com

Super Sento, Cara Tepat Beristirahat saat Travelling ke Jepang – Tips Memilih Penginapan Saat Travelling ke Jepang – jpninfo.com

 

Pernah mendengar tentang super sento? Jika belum, kamu mungkin lebih sering mendengar istilah pemandian air panas yang disebut sento. Sama seperti sento, super sento merupakan pemandian air panas dengan kapasitas lebih besar dan fasilitas lebih lengkap. Selain mandi air panas, kamu juga dapat berekreasi di sini. Umumnya terletak di pinggir jalan besar, sehingga sering dimanfaatkan sebagai rest area.

Berbicara mengenai fasilitas, super sento yang buka selama 24 jam ini memiliki fasilitas, seperti: pemandian air panas, spa untuk pria maupun wanita, salon, sauna, hingga restoran. Ketika kamu lelah berkeliling kota Jepang, super sento ini adalah tempat beristirahat yang tepat. Sebelum kamu memasuki fasilitas ini, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui:

  • Sebelum berendam di air panas, bilas terlebih dahulu tubuhmu dengan air yang disediakan dalam ember kecil.
  • Sebaiknya tidak menggunakan handuk ketika berendam, karena hal tersebut dilarang.
  • Disarankan minum susu dingin setelah berendam agar tubuhmu terasa lebih segar.

 

Nah, meski travelling ke Jepang tergolong mahal, perjalanan Sobat Traveler akan tetap menyenangkan dan tidak sia-sia jika tahu cara menikmatinya dengan tepat. Selamat berlibur!

Share to the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Tim Redaksi

Love to serve you with the best travel content 🙂

Latest posts by Tim Redaksi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *