Transportasi Umum di Singapore [MRT, Taxi, Bus] – Panduan Keliling Singapore

Kali ini saya mau share info transportasi umum di Singapore. Transportasi umum yang terintegrasi dan dikelola dengan baik menjadikan berkeliling Singapore akan sangat menyenangkan walaupun dilakukan dengan transportasi umum.

tips keliling dengan transportasi umum di singapore

Berikut Transportasi Umum di Singapore yang Bisa Kamu Gunakan

MRT – Berkeliling dengan menggunakan MRT yang cepat, nyaman, dan aman merupakan pilihan paling tepat untuk menjelajahi pusat kota dan sekitarnya.

Jika kamu memiliki mobilisasi yang tinggi atau berniat untuk banyak berpindah tempat, maka akan sangat effisien jika kamu menggunakan EZ Link Card yang bisa dibeli di stasiun – stasiun MRT besar.

Kartu ini lumayan menghemat jika dibandingkan dengan membeli tiket sekali jalan. Dan tentunya lebih efisien karena bisa juga digunakan untuk bayar bus.

TAXI – Klo hemat budget adalah gaya kamu, sebisa mungkin hindari naik taxi. Tentunya selain karena naik taxi di Singapore itu mahal, taxi di Singapore menerapkan sistem surcharge / biaya tambahan.

Misalkan jika kamu naik taxi dan memasuki distrik bisnis di saat jam – jam padat, atau ketika naik taxi tengah malam, dan ketika naik taxi dari airport akan ada biaya tambahan yang dibebankan diatas biaya aslinya.

BUS – Naik Bus di Singapore adalah pilihan paling murah, namun begitu, klo naik bus harus sabar nunggu bus nya. Tidak seperti MRT yang akan ada tiap beberapa menit, nunggu bus di halte bisa memakan waktu 20 – 30 menit.

Namun jika kamu punya banyak waktu luang, naik bus bisa jadi pilihan yang paling menguntungkan. Rute bus di Singapore sangat mudah dipelajari dan tentunya terintegrasi dengan MRT.

Barbagai Macam Jenis Transport Pass di Singapore

Ez-link: Kartu ez-link bisa kamu dapat di seluruh station MRT kamu tinggal beli seharga 12$ dengan saldo sebesar 7$.

Kartu ini bisa di Top Up lagi dengan nominal minimal 10$. Selain untuk MRT, kartu ini juga bisa digunakan untuk membayar bus dan sebagai alat pembayaran di merchant – merchant khusus yang bertanda menerima ez-link.

STP (Singapore Tourist Pass): Singapore tourist Pass ini cocok sekali untuk kamu yang mau explore banyak tempat dalam waktu yang singkat.

Ini adalah Special ez-link card khusus turis yang menawarkan akses unlimited* terhadap public transport seperti MRT, LRT, dan Bus dalam durasi yang valid.

Ada 3 pilihan durasi dan harga yang bisa diambil jika kamu ingin menggunakan Singapore Tourist Pass yaitu 1 hari, 2 hari, atau 3 hari. Aturan 1 hari adalah dimulai ketika penggunaan pertama STP (Singapore Tourist Pass) sampai dengan jam pelayanan terakhir transportasi public di hari tersebut.

*Unlimited travel hanya bisa digunakan untuk transportasi publik dan tidak berlaku untuk premium bus services seperti the Fast Forward, NightRider, dan Nite Owl Buses.

Standard Ticket: Standard ticket yang bisa kamu beli di ticket machine ini khusus Kalo kamu naik MRT di Singapore untuk single trip. Ini bisa kamu gunakan jika tidak terlalu banyak destinasi di Singapore yang ingin kamu kunjungi.

Nah itu dia berbagai pilihan transportasi umum di singapore yang bisa kamu gunakan saat keliling berwisata mengunjungi tempat – tempat favorit. Gunakanlah transport yang paling mudah dan nyaman menurut kamu. Have a nice trip!

Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Newbie Backpacker & Professional Jobless.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

Semua yang kamu butuhkan untuk traveling hemat ke Singapore

Dapatkan Akses ke video series panduan backpacking hemat ke Singapore. Destinasi, transportasi, tips, trik, & semua yang kamu butuhkan untuk traveling hemat ala backpacker ke Singapore

Dapatkan Ebook Gratis

You have Successfully Subscribed!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Semua yang kamu butuhkan untuk traveling hemat ke Singapore

Dapatkan Akses ke video series panduan backpacking hemat ke Singapore. Destinasi, transportasi, tips, trik, & semua yang kamu butuhkan untuk traveling hemat ala backpacker ke Singapore

Dapatkan Ebook Gratis

You have Successfully Subscribed!