7 Tips Liburan ke Jepang ala Backpacker

Apakah Sobat Traveler membutuhkan tips liburan ke Jepang dengan anggaran terbatas? Jika iya maka cobalah untuk menerapkan gaya liburan ala backpacker. Backpacker merupakan solusi terbaik agar kamu dapat menikmati keindahan Negeri Sakura tanpa menghabiskan banyak uang. Backpacker sendiri memang identik dengan perjalanan wisata yang hemat dan praktis.

Tips Liburan ke Jepang Hemat Anggaran

Tips Liburan ke Jepang Hemat Anggaran - 7 Tips Liburan ke Jepang ala Backpacker - MoneySmart.id

Tips Liburan ke Jepang Hemat Anggaran – 7 Tips Liburan ke Jepang ala Backpacker – MoneySmart.id

 

Bagi yang ingin menghabiskan liburan di Jepang, tetapi terkendala budget, tak perlu khawatir. Dengan sejumlah tips di bawah ini, liburan ke Negeri Sakura bukan sekadar impian semata.

1.     Buat E-Paspor

Salah satu cara paling efektif untuk menekan biaya liburan ke Jepang adalah dengan membuat e-paspor. Dengan mengantongi e-paspor, Sobat Traveler berhak mendaparkan visa waiver yang artinya bebas masuk Jepang tanpa visa. Untuk mendapatkan keuntungan ini, daftarkan e-paspor yang kamu miliki ke Kedutaan Besar Jepang atau ke Kantor Konsulat Jepang di Indonesia.

Umumnya, proses pengajuan bebas visa hanya memakan waktu sekitar dua hari kerja. Selain lebih hemat, kamu pun bebas mengunjungi Jepang sesuka hati hingga tiga tahun ke depan. Asyik, kan?

2.     Pergi di Luar Musim Liburan

Pergi di Luar Musim Liburan - 7 Tips Liburan ke Jepang ala Backpacker - solo.tribunnews.com

Pergi di Luar Musim Liburan – 7 Tips Liburan ke Jepang ala Backpacker – solo.tribunnews.com

 

Waktu terbaik untuk pergi berlibur adalah di luar peak season. Tiket termurah biasanya ditawarkan saat musim dingin. Sobat traveler bisa menghemat sekitar 10 hingga 20 persen dari harga normal. Namun, pastikan untuk membawa baju hangat dan mencatat sejumlah tempat yang akan dikunjungi selama musim dingin. Beberapa destinasi wisata yang cocok dikunjungi selama musim dingin, antara lain Shirakawa Go, Gala Yuzawa, Roppongi, Shiga Kogen, Tokyo Tower, Hakuba, dan Blue Lake Furano.

Selain harga tiket dan penginapan lebih murah, destinasi wisata pun relatif lebih sepi. Hal ini sangat menguntungkan bagi Sobat Traveler yang menyukai ketenangan. Jalan-jalan pun terasa lebih menyenangkan karena jalanan tidak dipadati oleh ratusan turis. Dengan begini, kamu akan lebih menikmati liburan.

3.     Cari Promo

Biaya ke Jepang memang relatif mahal, tetapi dapat disiasati dengan mencari tiket promo. Meskipun potongan harga yang diberikan tidak seberapa, tetapi lumayan untuk menghemat anggaran.

Pastikan untuk berlangganan newsletter atau mengikuti media sosial maskapai penerbangan dan hotel. Dengan begitu, kamu tidak akan ketinggalan promosi. Jangan lupa juga untuk rajin mengecek website resmi atau mengikuti kuis yang biasanya diadakan secara berkala. Siapa tahu kamu beruntung mendapatkan tiket gratis.

4.     Hubungi Teman

Hubungi Teman - 7 Tips Liburan ke Jepang ala Backpacker - hsecenter.org

Hubungi Teman – 7 Tips Liburan ke Jepang ala Backpacker – hsecenter.org

 

Pernahkah berpikir mengenai manfaat menjalin pertemanan sebanyak mungkin? Salah satunya adalah ketika kamu membutuhkan bantuan, mereka akan membantu dengan senang hati.

Hubungi teman kamu, ajak mereka untuk bertemu. Tanyakan tempat terbaik yang wajib dikunjungi. Di mana tempat wisata kuliner yang murah dan mengenyangkan, termasuk penginapan dengan harga bersahabat. Tips liburan ke Jepang ini sangat efektif untuk memudahkan Sobat Traveler selama berada di Jepang.

5.     Gunakan Transportasi Umum

Alih-alih menyewa taksi, gunakan transportasi umum, seperti kereta dan bus. Dengan menggunakan kereta, kamu dapat menjangkau tempat wisata yang letaknya jauh. Sementara bus lebih sering digunakan untuk menjangkau area dalam kota dan wilayah yang belum dijangkau kereta.

Untuk menghemat anggaran, gunakan Japan Rail Pass dengan masa pemakaian selama 7 hari. Dengan kartu ini wisatawan bebas bepergian dengan kereta miliki Japan Railways selama masa berlaku. Selain hemat, cara ini pun praktis.

6.     Wisata Gratis

Wisata Gratis - 7 Tips Liburan ke Jepang ala Backpacker - Odigo.jp

Wisata Gratis – 7 Tips Liburan ke Jepang ala Backpacker – Odigo.jp

 

Tahukah Sobat Traveler bahwa sebagian tempat wisata di Jepang menawarkan wisata gratis? Beberapa tempat, seperti Shibuya Street, Kuil Meiji, Himawari no Sato, Asakusa, Taman Ueno, dan Harajuku dapat didatangi tanpa mengeluarkan biaya. Jika ingin menghemat biaya dan tetap menikmati keindahan Jepang, gunakan fasilitas ini. Namun, bukan berarti kamu tak boleh mengunjungi destinasi lain. Dengan adanya wisata gratis ini, kamu bisa memaksimalkan masa liburan di Jepang.

7.     Menginap di Warnet dan Sarapan Onigiri

Umumnya, penginapan di Jepang relatif mahal. Salah satu alternatif terbaik adalah menginap di warnet. Tak perlu khawatir, sebagian besar warnet di Jepang mematok biaya terjangkau. Bahkan tak jarang yang menawarkan harga paket, yakni mengakses internet sekaligus kamar mandi dan tidur.

Sayangnya, kenyamanan yang ditawarkan sangat kurang. Namun, cara ini merupakan pilihan terbaik jika Sobat Traveler tidak berhasil menemukan penginapan murah. Selama menginap di warnet, kamu bisa berbelanja makanan murah, seperti onigiri atau ramen instan. Onigiri sangat cocok dijadikan sebagai sarapan. Meskipun hanya berupa nasi kepal, tetapi rasanya lezat, ukurannya pun besar. Kamu dapat menemukan onogiri di setiap mini market.

Sementara ramen instan sangat cocok untuk membuat tubuh menjadi lebih hangat. Harganya pun tidak menguras kantong. Namun, sebaiknya tidak mengonsumsi ramen instan terlalu sering untuk menghindari masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan.

Itulah sejumlah tips liburan ke Jepang ala backpaker yang dapat Sobat Traveler coba. Dengan cara ini kamu bisa menghabiskan waktu di Jepang tanpa khawatir kehabisan uang. Selamat mencoba!

Share to the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Tim Redaksi

Love to serve you with the best travel content 🙂

Latest posts by Tim Redaksi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *