Tempat Wisata di Melaka (Malaysia) Favorit Traveler

Banyak sekali tempat wisata di melaka yang bisa kita kunjungi saat traveling ke Malaysia.

Jika kamu kebetulan merencanakan travelling ke Kuala Lumpur, mampir satu atau dua hari ke kota yang jaraknya hanya lebih kurang 2,5 jam perjalanan dari KL ini akan jadi pengalaman tersendiri.

Banyak sekali tempat wisata di Melaka yang merupakan unesco world heritage

(Baca Juga: Panduan Wisata Malaysia ala Backpacker)

Melaka merupakan sebuah kota tua dengan kekayaan warisan budaya yang luar biasa dimana Melaka menjadi pusat peradaban Melayu dan merupakan pusat Kesultanan Malaka di zaman dahulu.

Sekarang, kota yang merupakan ibu kota negara bagian Melaka ini dinobatkan UNESCO sebagai kota warisan budaya dunia (UNESCO World Heritage).

Dengan keunikannya, banyak sekali tempat wisata di Melaka yang sangat sayang dilewatkan saat kita berkunjung ke Malaysia. Apa saja tempat – tempat tersebut?

Ini Dia Tempat Wisata di Melaka Favorit Traveler

Masjid Kampung Keling Malaka

Terletak di area Melaka Tengah,  Masjid ini dibangun tak lama setelah dibangunnya Masjid Kampung Hulu.

Masjid ini punya arsitektur yang unik, lain daripada masjid pada umumnya. Tak seperti kebanyakan bangunan di timur tengah, Masjid ini tidak menggunakan kubah diatas atapnya, melainkan atap berbentuk limas tiga susun yang dimana bangunan masjid seperti ini biasa kita temukan di daerah Jawa dan Sumatera.

Yang unik lagi adalah tempat wudhu nya diamana jamaah tidak menggunakan keran melainkan langsung wudhu di komam buatan yang sudah disediakan.

Tower  mesjidnya pun sangat khas karena bentuknya  yang malah lebih mirip dengan pagoda yang biasanya banyak ditemukan di budaya Cina.

Stadthuys

The Stadthuys adalah sebuah komplek yang cukup besar. Dulunya, tempat ini merupakan rumah gubernur.

Stadthuys - tempat wisata di melakaStadthuys yang merupakan peninggalan kolonial menjadikan kita yang berkunjung kesini seakan “berseluncur” ke masa lalu dimana Belanda masih bercokol di Melaka.

Bangunan bernilai sejarah tinggi ini berada di sebuah kawasan yang disebut dengan Red Square atau zona merah karena memang mayoritas bangunan yang ada disini berwarna merah.

A Famosa

Sisa peninggalan portugis yang kini menjadi tempat wisata di melaka adalah A Famosa yang dulunya merupakan benteng Portugis. Benteng ini sekarang menjadi sisa peninggalan arsitektur Eropa paling tua yang masih berdiri di Asia.

A Famosa - salah satu tempat wisata di melaka yang menarik pengunjung dari berbagai belahan dunia

Porta De Santiago (A Famosa) adalah salah satu situs paling populer yang dapat kita temukan saat berkunjung ke Malaka.

Menara Taming Sari

Terletak di Bandar Hilir, Menara setinggi 110 m yang terletak bersebelahan dengan dataran pahlawan ini adalah menara jenis Gyro pertama yang dibangun di Malaysia.

Memiliki kapasitas 66 orang dalam satu kali angkut, menara ini dibuka mulai pukul 10 pagi dan tutup pada jam 10 malam. Harga tiket naik menara Taming Sari untuk dewasa adalah RM 20, kanak-kanak RM 10 dan RM17 untuk lansia. Kita bisa mendapatkan potongan harga jika membeli tiket dengan menggunakan MyKad

Maritime Museum

Maritime Museum MelakaMuseum ini memiliki tinggi 34 meter, panjang 36 meter dan lebar 8 meter. Didalamnya terdapat informasi sejarah Melaka yang pernah menjadi pusatnya kegiatan perdagangan di Asia.

Seperti namanya,  museum ini memiliki berbagai koleksi dan informasi seputar sistem transportasi laut. Di dalam museum Kita akan menemukan sejumlah koleksi dan juga diorama yang menggambarkan kesibukan pelabuhan Melaka.

Jonker Walk Malacca

Jalan Hang Jebat, atau yang lebih dikenal dengan Jonker Walk, adalah sebuah jalan di area Chinatown.

Jonker Street - Tempat wisata di melaka yang menarik

Disini banyak terdapat shophouse yang menjual barang-barang antik, tekstil, kerajinan tangan dan souvenir (mirip dengan apa yang bisa kita temukan di Central Market / pasar seni di Kuala Lumpur).

Di akhir pekan biasanya area ini semakin ramai karena adanya Night Market ataupun di Indonesia dikenal sebagai pasar dadakan.

Malacca Islamic Museum

The Islamic Museum Malaka terletak di sebuah bangunan di sepanjang Jalan Kota. Bangunan yang merupakan tempat museum sekarang digunakan untuk menjadi kantor Dewan Islam Malaka (Majlis Agama Islam Melaka).

Museum ini berisi lebih dari 100 galeri termasuk teks dan dokumen keagamaan. Di area ini juga terdapat kumpulan keris yang memuat prasasti dari Alquran, lukisan masjid, ukiran kayu dan buku. Museum ini bercerita tentang bagaimana Islam diperkenalkan ke Malaka dan menyebar ke seluruh wilayah.

Masjid Kampung Hulu

Ini adalah masjid di Malaysia yang paling tua umurnya. Masjid ini terletak di bagian utara Jalan Tukang Emas.

Masjid Kampung Hulu Melaka, memiliki ciri khas tersendiri yang masih dipertahankan. Yaitu kolam wudhu disamping masjid. Kolam ini masih digunakan untuk berwudhu jemaah masjid hingga kini.

Cheng Ho Cultural Museum

Museum Cheng Ho Cultural terletak di bagian kota lama Malaka dan diyakini sebagai situs asli komplek gudang yang pernah dibangun Laksamana Cheng Ho. Museum ini terletak dekat ke jalan-jalan terkenal seperti Jonker Street, Jalan Laksamana dan Jalan Quayside.

Nah traveler, itu tadi dia tempat wisata di melaka yang menarik dan sangat sayang kamu lewatkan jika kebetulan sedang di Malaysia.

Oiya, areanya yang tidak terlalu besar membuat kita bisa keliling Melaka dengan jalan kaki, naik becak, atau sambil bersepeda santai. Seru deh pokoknya.

Jadi kapan nih mau ke Melaka? Selamat menjelajah ya 🙂


Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Newbie Backpacker & Professional Jobless.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

GRATIS! Panduan Budget TravelingASEAN

Dapatkan update panduan traveling ke ASEAN langsung di email kamu... PLUS 2 ebook busget traveling GRATIS...

Dapatkan Ebook Gratis

You have Successfully Subscribed!

One thought on “Tempat Wisata di Melaka (Malaysia) Favorit Traveler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GRATIS! Panduan Budget TravelingASEAN

Dapatkan ebook panduan traveling ke ASEAN langsung di email kamu... PLUS 2 Ebook Budget Traveling Gratos...

Dapatkan Ebook Gratis

You have Successfully Subscribed!