Tempat Wisata di Bangkok – Panduan Untuk Backpacker

Banyak tempat wisata di Bangkok yang merupakan salah satu kota terkenal juga paling sering dikunjungi dan dibicarakan oleh para traveler dari seluruh dunia. Kota yang sibuk, jalanan yang padat, makanan yang murah sampai jalan yang macet gila setiap harinya dan juga scamming merupakan beberapa hal yang menjadi ciri khas kota ini.

Ketika kamu datang kesini, ada dua kemungkinan yang akan terjadi antara kamu dan kota ini. Kemungkinan pertama adalah kamu akan sangat menyukai kota ini, dan kemungkinan lain adalah kamu akan dibuat sebal dan gak suka sama ni kota.

Yes, there are only two possibility, you’ll love or you’ll hate this city!

Saya sendiri awalnya sebal bin kesal, bukan apa – apa, pertama kali datang ke Bangkok udah di scam dan dipalakin sama tukang taxi. Seakan menegaskan bahwa Bangkok adalah kota scam. Malam pertama datang ke Bangkok dalam kondisi perut keroncongan dan kesulitan mencari makanan halal (karena belum tahu area nya) bikin saya tambah gak suka.

Namun semua berubah setelah kita mengenal nya lebih dalam, tinggal sedikit lebih lama, mulai menikmati dan mempelajari ritme kotanya, perlahan Bangkok akan menunjukan sisi lainnya. Kamu akan mulai mengerti kenapa Bangkok sangat terkenal dan juga mengerti mengapa banyak orang rela jauh – jauh datang dan menghabiskan waktu bahkan tinggal di Bangkok.

Download Gratis Ebook Kuala Lumpur Travel Guide dan Newbie Backpacker Hongkong – Macau => KLIK DISINI

Apapun itu, silahkan jelajahi Bangkok, dan temukan sendiri alasan kenapa banyak traveler menjadikan Bangkok sebagai salah satu destinasi yang harus dikunjungi dalam hidup mereka. Dan postingan ini akan memberikan gambaran buat kamu untuk  menjelajahi tempat wisata di Bangkok ala backpacker.

So, Udah punya tiket pesawat ke Bangkok? Klo sudah punya mari kita bahas apa saja yang harus dipersiapkan untuk jalan – jalan ke Bangkok ala backpacker. Klo belum punya, kamu bisa simak postingan Strategi Mendapatkan Tiket Pesawat Murah.

Ada banyak maskapai yang bisa membawa kamu langsung ke Bangkok dari Indonesia. Seperti biasa, maskapai yang paling sering memberikan promo nya adalah AirAsia.  Namun begitu, cek juga harga maskapai lain sebagai perbandingan untuk mendapatkan harga termurah. Kamu bisa menggunakan SkyScanner.com sebagai mesin pembanding harga dan tanggal.

Tipikal Pengeluaran untuk Newbie Backpacker Mengunjungi Tempat Wisata di Bangkok


Harga Hostel – Dorm Bed di Bangkok tersedia mulai dari harga 100 THB, namun untuk harga dorm premium di area strategis bisa sampai 650 THB. Private Room di Guest House kecil, terutama di area backpacker seperti Khao San Road dibandrol mulai dari 400 THB. Di Thailand, akomodasi masih terhitung murah.

Harga Hotel Budget – Budget Hotel bisa kamu dapatkan dengan mengeluarkan dana atara 500 – 1000 THB permalam. Klo kamu ingin mendapatkan kamar dengan toilet dan kamar mandi di dalam dan juga AC tentunya harus mengeluarkan kocek sedikit lebih banyak.

Cek Strategi Menghemat Akomodasi Penginapan yang biasa saya lakukan untuk mendapatkan akomodasi murah. Saya sendiri biasa menggunakan Agoda untuk mencari penginapan terbaik dan termurah, atau cek halaman Travel Resource untuk booking website terpercaya lainnya.

Harga Makanan di Bangkok – Di Bangkok, kamu bisa jajan – jajan di pinggiran jalan dengan mengeluarkan kocek mulai dari 30 THB sekali makan, atau makan puas di restoran dengan budget kurang dari 850 THB.

Transportasi – Jika kamu memiliki waktu lebih, berkeliling Bangkok dengan Bus Kota, walaupun akan sangat crowded, namun cukup nyaman dan merupakan pilihan yang paling murah. Dengan 10 THB saja untuk bus non-AC atau 15 THB untuk bus dengan AC kamu bisa mengunjungi banyak tempat di Bangkok.

Untuk naik SkyTrain dan  Metro kamu harus menganggarkan 10 – 50 THB per trip. Mau naik taksi? Siapkan dana sampai 170 THB untuk dalam kota, dan jika kamu naik taksi dari airport ke Khao San Road siapkan dana 300 – 500 THB.

Moda transportasi perahu murah yang digunakan warga lokal untuk mengunjungi tempat wisata di bangkok

Salah satu moda transportasi perahu di Bangkok. Cobalah naik perahu dari pier di belakang wat pho untuk menuju Asiatique atau menyebrang ke Wat Arun.

Tips Menghemat Uang ketika Jalan Jalan ke Bangkok ala Backpacker


Makan di kaki lima – Cari makan murah? Makan di kaki lima aja. Akan menghemat banyak pengeluaran. Untuk makanan halal bisa cari di area sekitar masjid. Di depan asiatique dekat masjid juga ada foodcourt murah dimana di dalam tersedia stan makanan halal.

Pastikan taksi yang kamu gunakan menggunakan argometer – Semua taxi di Bangkok sebetulnya diharuskan menyalakan argo disaat mengangkut penumpang. Tapi ada aja yang nakal dan berusaha menggunakan tarif flat yang biasanya lebih mahal dibanding pake argo. Nah jika hal ini terjadi, tinggalin aja, cari taksi baru yang mau pake argo.

Tawar harga naik Tuk Tuk – Tidak seperti taxi, klo kita naik Tuk Tuk gak pake argometer. Pastikan kamu tawar dan dapatkan harga yang sesuai. Jangan sampe miss com ya. Pastikan deal harga dulu sebelum mulai jalan. Supirnya friendly, tapi kita juga jangan terlalu polos, malah bisa dikadalin tar.

Gunakan Transportasi Publik – Warga lokal biasanya naik bus kota dan BTS untuk menuju tempat – tempat yang ada di Bangkok. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama untuk mengunjungi tempat wisata di Bangkok. Jika naik taxi kamu harus merogoh kocek sampai 120 THB, maka jika naik bus mungkin kita hanya harus mengeluarkan 10 THB saja.

Berkeliling mengunjungi tempa t wisata di bangkok dengan bus murah

Keliling Kota Naik Bus di Bangkok

Top Things to See and Do in Bangkok


Mengunjungi Grand Palace

Ini adalah tempat wisata di bangkok favorit. Dikenal oleh warga Bangkok sendiri dengan nama Wat Phra Kaew, sepertinya sangat sulit untuk menyisihkan destinasi yang satu ini sebagai tempat yang wajib dikunjungi di Thailand. Wat Phra Kaew sendiri adalah nama salah satu kuil yang ada di dalam kompleks Grand Palace. So, orang-orang sekitar lebih mengenal nama Wat Phra Kaew dibanding Grand Palace.

Grand Palace dibangun pada masa pemerintahan King Rama 1 di tahun 1782. Selama 150 tahun Grand Palace menjadi pusat pemerintahan kerajaan Thailand sekaligus sebagai tempat tinggal raja. Saat ini Grand Palace sudah jadi objek wisata di Bangkok. Namun begitu, Grand Palace masih berfungsi sebagai tempat ibadah warga Buddha-Thailand dan sesekali digunakan untuk melaksanakan acara-acara ceremonial atau menyambut tamu kenegaraan. Ongkos tiket masuk ke grand palace untuk wisatawan mancanegara saat ini adalah 500 THB.

Wat Pho

Wat pho merupakan salah satu tempat wisata di singapore yang bisa kamu masuki hanya dengan 100 THB saja

Tiket Masuk Wat Pho

Yang terkenal dari Wat Pho ini adalah patung Budha Tidur (Reclining Budha) dengan ukuran panjang 46 meter dengan tinggi 15 meter. Tiket masuk ke Wat Pho sebesar 100 bath, dan sudah termasuk free drinking water (air mineral ukuran kecil). Di dalam wat pho ini penuh dengan lukisan yang memiliki cerita tentang kehidupan Budha.

Madame Tussaud

Di Museum Madame Taussads, banyak sekali patung-patung lilin yang mirip tokoh aslinya. Untuk kita orang Indonesia, tentunya akan bangga karena disana juga ada patung presiden pertama kita, founding father, Ir. Soekarno.

PAtung soekarno yang merupakan salah satu koleksi terbaik yang ada di madamme tussaude bangkok

Patung Soekarno di Madamme Tussaude Bangkok

Museum Madame Taussads berada di Siam Discovery (lantai 6), dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari MBK. Pesanlah tiket secara online karena kita akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan jika beli langsung di tempat.

Explore Lumpini Park

Datanglah pagi hari ke Lumpini Park untuk berbaur dengan warga lokal dengan kegiatan mereka masing-masing. Kita bisa menyaksikan sebagian warga yang berlatih Thai Chi, latihan menari, keliling bersepeda, piknik, jogging, bahkan sekedar nongkrong sambil main catur.

Mengunjungi Chatuchak Weekend Market

Ini adalah pasar tradisional di Thailand yang hanya buka saat weekend yaitu sabtu dan minggu. Tempat yang tepat untuk membeli oleh – oleh dengan harga yang miring. Barang yang dijual kebanyakan barang khas Thailand yang bisa dijadikan oleh-oleh, baju khas Thailand, hiasan-hiasan rumah, cemilan, sepatu, dan banyak lagi lainnya.

Asah skill tawar menawar kamu di pasar seluas lapangan sepak bola ini. Yes, jangan takut nawar walaupun pasti belibet karena seperti yang kita ketahui orang Thailand kesulitan dalam bahasa inggris. Walaupun bahasa beda, klo soal uang pasti pada jago – jako kaan. Hehe.

Keliling Kuil / Temple

Bangkok merupakan kota penuh sejarah, kuil, dan juga reruntuhan – reruntuhan kuno sisa peninggalan Thailand dimasa lalu. Jangan aneh jika kuil dijadikan tempat wisata di bangkok. Ada sekitar 10 kuil utama disini. Semua memiliki desain arsitektur dan layout nya sendiri – sendiri. Klo kamu punya waktu luang, kamu bisa keliling kota untuk menjelajahinya. Butuh waktu sekitar lima jam untuk menjelajahi kesemuanya.

Hang out di Khao San Road

Khaosan road tentunya merupakan jalanan tersibuk dan paling terkenal diantara para turis di Bangkok. Bisa dibilang ini merupakan pusat backpacker di Bangkok. Asik nongkrong – nongkrong malam disini atau sekedar berjalan dan melihat keramaian. Klo kamu kesini malam hari, kamu akan melihat banyak sekali bule – bule yang lagi nongkrong dan ngobrol – ngobrol di cafe – cafe ataupun bar, bahkan sampe luber – luber ke jalan.

Nah itu tadi panduan untuk berkeliling mengunjungi tempat wisata di bangkok. Jadi kapan nih berpetualang menjelajah Bangkok?

Share to the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Author of Newbie Backpacker Series, Certified Indonesian Tour Leader, Fouder of Ngetriv.Com.

Semua yang kamu butuhkan untuk traveling hemat keliling Indochina [GRATIS]

Dapatkan panduan traveling ke Thailand, Singapore, & Kuala Lumpur langsung di email kamu. PLUS bonus 2 ebook traveling hemat GRATIS.

Dapatkan Ebook Gratis

You have Successfully Subscribed!

4 thoughts on “Tempat Wisata di Bangkok – Panduan Untuk Backpacker

  • Haloooo..
    Saya berencana pergi ke bangkok tgl 16 april dan menginap di daerah pratunam,nah untuk trip kali ini saya mandiri,saya pngn panduan dr hotel saya menginap ke grand palace,wat pho dan wat arun bisa menggunakan transportasi apa ya? Dan apakah saya bs dipandu rute2nya?
    Terima kasih sebelumnya..

    • Klo patokannya pratunam center, naik bus no 60 dari Petchaburi Rd yang ke arah barat. 18 stopan, turun di Ratchadamnoen Nai Rd yang depan lapangan Sanam Luang. Turun ari bus jalan kaki ikutin arah jalan ke selatan atau ikutin aja biasanya banyak bule – bule atau turis yang jalan kaki dari khaosan ke arah grand palace.

      klo untuk ke watpho, jalan kaki ke belakang muterin grand palace ke arah selatan lagi. atau ikutin lagi aja bule2 / turis lain biasanya rutenya dari grandpalace ke wat pho. dari watpho jalan ke belakang ke tha tien pier, nyebrang pake boat gratis ke wat arun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Semua yang kamu butuhkan untuk traveling hemat keliling Indochina [GRATIS]

Dapatkan panduan traveling ke Thailand, Singapore, & Kuala Lumpur langsung di email kamu. PLUS bonus 2 ebook traveling hemat GRATIS!

Dapatkan Ebook Gratis

You have Successfully Subscribed!