Sehari Berwisata di Pangalengan – Bandung

Tak seperti lembang atau Ciwidey, Pangalengan yang letaknya sekitar 40km dari Bandung ini memang kalah pamor klo soal tempat wisata. Mungkin karena promosinya yang tak segencar wilayah Bandung lainnya, pangalengan tertinggal jauh.

Memang sih, harus diakui untuk hal wisata Pangalengan memang kalah siap untuk menerima wisatawan khususnya wisatawan dari luar Bandung. Namun begitu, Pangalengan memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu destinasi favorit wisata alternatif di Bandung.

Walau saya bukan orang pangalengan, tapi Pangalengan punya tempat tersendiri di hati saya. Lebih kurang sudah sekitar 9 tahunan saya “bersentuhan” dengan pangalengan. Dari mulai zaman pacaran, kerjaan, sampai nikahan semua di Pangalengan. Hehe.

Beberapa teman yang sering mampir ke blog RanselTravel.com ini pastinya sudah tahu klo istri saya, Ina adalah orang Pangalengan. Jadi ceritanya beberapa waktu sehabis lebaran kemarin kami stay di Pangalengan. Ceritanya mudik ๐Ÿ˜€

Allright, skip – skip pembukaan dan cerita lebarannya. Langsung ke cerita main – mainnya. Hehehe…

Walau sudah 9 tahun bersentuhan dengan Pangalengan bukan berarti saya tahu semua seluk beluk Pangalengan terutama wisatanya. Selalu ada hal menarik dan tersembunyi dari setiap tempat.ย  Pun begitu Pangalengan.

Kemarin, mumpung pas masih momen lebaran dan keluarga kecil kami sedang kumpul, kami memutuskan untuk melakukan mini trip. Saya sebut mini trip karena ya tempat yang kami kunjungi tak begitu jauh dari rumah. Hanya 20 menit berkendara kami sudah sampai ke tempat – tempat tujuan kami hari itu.

Awalnya sih bingung mau liburan kemana. Klo ke pantai pasti sumpek dan penuh orang yang juga libur lebaran. Ke kota (Bandung) ya pasti bosen nge-mall lagi nge-mall lagi. Youwes yang deket – deket ajalah.

Waktu itu Ody (Kakak Ipar) kasih ide untuk kita mengunjungi Sunrise Point. Katanya, itu adalah salah satu point view di Pangalengan yang sedang hits (sambil nunjuki foto – fotonya di Instagram). Karena emang semua dari kita belum pernah kesitu dan lokasinya yang dekat dengan rumah, jadilah kami putuskan untuk “mengejar” matahari terbit di Pangalengan keesokan harinya. Inilah kami, orang Pangalengan yang wisata di Pangalengan. Hehehe

How to Spend a Day in Pangalengan

1. Mengejar Sunrise di Puncak Giri

Hari yang dinanti tiba. Rencana kami akan mengejar Sunrise di Puncak Giri. Rencana awal kami akan meluncur dari rumah tepat setelah subuh namun rencana tinggalah rencana. Banyak “drama” yang bikin kami telat untuk start.ย Mulai dari Abi Azzam (Kakak Ipar) yang mules – mules mulu sebelum berangkat, sampe Ina yang telat bangun, juga sederet alasan lain yang bikin kita telat. Wkwkwk.

But the trip must go on. Dunia takan berhenti walau kita tak sempat mengejar matahari. Hari akan tetap Indah. Jadi keluarlah lihat dunia.

Yang tadinya mau jalan habis subuh, pagi itu Kami meluncur sekitar pukul 6.30. Yang ikut ada Opah, Omah, Enin, Ody, Abi Azzam, Umi Sophia, Abang Azzam, Dede Sophia, Ina, dan tentunya saya. Wes diabsen semua. Hehehe.

Pagi itu kami berangkat naik mobilnya Opah. Opah Budiman yang dikenal sebagai “pembalap” klo lagi bawa mobil ini langsung tancap gas menaklukan naik turun dan berkeloknya jalanan Pangalengan. Saya yang duduk di kursi belakang dan emang tukang mabok (kecuali klo nyetirin) langsung terkapar tak berdaya nahan diri biar gak muntah. Wkwkwk. Padahal perjalanan cuma 20 menit dari rumah tuh.

Setelah melewati Situ Cileunca, sampailah kami di View Point Lokasinya tak sulit dan mudah dicapai. Dari pinggir jalan kita bisa naik jalan kaki sekitar 100m. Sampailah kita di puncak giri. Dengan membayar hanya Rp. 10.000 per orang saja kita bisa menyaksikan pemandangan indah terhampar di depan kita. Keren, epic, dan luar biasa.

Menurut pengelola, belakangan ini memang view disini sedang bagus – bagusnya. Ada 2 waktu yang paling bagus mengunjungi tempat ini. Yaitu saat matahari terbit (pastikan sudah datang sebelum pukul 5.30 pagi) atau di sore hari (sekitar pukul 4 sore).

Disini kami menghabiskan waktu sekitar 90 menitan untuk foto – foto, ngopi & makan Cuanki. Hehehe.

2. Get Yourself Wet

Puas ambil foto, ngopi, dan makan cuanki, kami meluncur sedikit ke bawah. tempat yang akan kami kunjungi selanjutnya adalah daerah Rahong. Salah satu aktifitas seru yang bisa kta lakukan saat di Pangalengan adalah menaklukan sungai Palayangan dengan bermain Rafting. berhubung kami semua udah pernah main rafting, jadilah kami semua pagi itu hanya nongkrong – nongkrong saja.

Ada satu point di Rahong yang jadi “rest area” orang yang sedang rafting. Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan disini. Tak harus rafting. Klo mau main air kita juga bisa sewa ban dan rompi penyelamat untuk main Tubing.

Atau jika kamu tipe yang kurang suka main basah – basahan, disini kita bisa Hammock-an lho. Sewa Hammock disini dan bersantai diantara debur air sungai palayangan bisa jadi pengalaman yang mantap jiwa.

Atau klo kamu gak suka Hammock-an, santai – santai seperti kami kemarin juga bisa. Disini disediakan banyak “saung – saung”. Kita bisa bersantai di saung – saung pinggir sungai, melihat orang – orang yang sedang bermain rafting lewat, menikmati deburan air sungai yang mengalir dan menghantam bebatuan sambil sesekali melahap gehu panas (tahu isi) dan menyeruput kopi panas di dinginnya udara Pangalengan. Uggghhh Mantaaaappp.

3. Whatever you want @ Hutan Pinus Rahong

Setelah puas melahap gehu panas dan semangkok seblak pedas, kami pun keluar naik ke arah hutan pinus Rahong. Di perjalanan tadi abang azzam lihat yang lagi paint ball. Jadi kepengen deh.

Dari Sungai, kita bisa berjalan kaki sedikit sekitar 150 meteran. Lumayan lah. Sambil chit chat sama Ina & Umi, gk kerasa kita sampe di Lokasi. Langsung deh daftar untuk main Paint Ball. Karena kemarin masih musim liburan, yang main pun ternyata banyakan. Jadi kita keselang 3 antrian permainan. Sambil nunggu giliran kita santai – santai di area hutan pinus. Yang seneng fotografi juga tempat ini keren lho dijadikan background.

Main paint ball ini serunya rame – rame. Biar “kerasa” perang – perangannya. Minimal main itu 6 orang. Nah, walaupun kita udah pas ber – 6, tapi komposisinya bikin saya males main. Jadi yang kemarin main tu ya cuma ada Saya, ABi Azzam, Ummi Shopia, Ody, Ina, & Bang Azzam.

Kebayang kan, yang bisa diajak main perang – perangan pastinya cuma abbi azzam doang, sisanya ibu – ibu pengajian dan anak dibawah umur. Wkwkwkw.

Beruntung pas giliran kami main hampir tiba, datanglah kelompok lain yang juga kekurangan pemain. Jadilah kami digabung. Kelompok kami VS Kelompok mereka. Seru banget main perang – peranganannya. Walaupun akhirnya kelompok kami yang kalah.

Yaiyalah, gimana gak kalah. Yang main kan kelompok kami yang notabene mayoritas ibu – ibu pengajian (plus anak dibawah umur) lawan kelompok mereka anak – anak Krida Nusantara yang notabene calon tentara semua wkwkwkw.

Walau kalah, tapi main kemarin super seru. Klo kamu ke Pangalengan dan mau main paintballย jangan lupa untuk bawa pasukan yang banyak ya. Klo kurang pemain boleh deh panggil saya. Hehe.

Nah guys, itu tadi mini trip kami di Pangalengan. Klo mampir – mampir ke Pangalengan boleh lah kontak – kontak kami. Atau jangan – jangan kamu pernah ke Pangalengan? Gimana menurutmu Pangalengan guys?

Share to the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Author of Newbie Backpacker Series, Certified Indonesian Tour Leader, Fouder of Ngetriv.Com.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

Bergabung Dengan 20000 Lebih Smart Traveler Lainnya...

Bergabung dengan Mailing List RanselTravel.com untuk mendapatkan update, tips, info promo, & berbagai penawaran spesial untuk membuat kamu keliling Indonesia dengan lebih MURAH, MUDAH, & MENYENANGKAN. Masukan Nama, Email Aktif, & Tekan Tombol sekarang juga...

You have Successfully Subscribed!