Persiapan Umroh Mandiri

Belajar dari pengalaman sendiri, dan belajar dari praktisi – praktisi umroh mandiri, sebenarnya tahap – tahap untuk kita bisa melakukan Umroh Mandiri ini cukup sederhana.

Oiya, untuk yang belum baca artikel sebelumnya, Sebaiknya dibaca dulu artikel berikut, baru lanjutkan membaca postingan ini. Baca dulu:

  1. Umroh Backpacker – Cara Ibadah ke Tanah Suci dengan Budget Hemat
  2. Land Arangement Umroh Backpacker
  3. Alur Pembuatan Visa Umroh

Sudah baca artikel diatas? Oke kita lanjut yaa. Silahkan baca lanjutannya berikut sampai selesai 🙂

Umroh Backpacker - Ibadah ke Tanah Suci dengan Budget Hemat

Group Umroh Backpacker 2017

Jika kamu sudah sering merencanakan dan melakukan perjalanan ke Luar Negeri, hal ini akan sangat mudah untuk kamu. Bahkan jika ini pertama kalinya kamu merencanakan perjalanan Mandiri, langkah – langkah berikut ini juga tak terlalu sulit.

Oke, berikut persiapan untuk melaksanakan Umroh Mandiri

1. Membuat Paspor

Yes, yang harus kita lakukan pertama adalah membuat paspor. Ini adalah dokumen perjalanan dan identitas diri kita yang sah berlaku di luar negeri. Termasuk untuk ber-umrah, kita membutuhkan Paspor.

Paspor ini bisa dibuat di kantor imigrasi terdekat di kota tempat kamu tinggal saat ini (tidak harus di kota tempat kamu lahir). Misalkan kamu orang Bandung yang bekerja di Jakarta maka untuk membuat Paspor kamu tidak perlu pulang dulu ke Bandung, cukup buat di kantor imigrasi dekat tempat kamu bekerja di Jakarta.

2. Mencari Tiket Pesawat Murah

Tiket Pesawat merupakan salah satu komponen yang memakan porsi besar dalam pengeluaran kita untuk melakukan umroh Mandiri. Sekarang ini tak terlalu sulit untuk mencari tiket pesawat murah. Kita bisa melakukan pencarian dengan memanfaatkan situs pembanding harga seperti Skyscanner untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Amankan tiket pesawat dari jauh – jauh hari, so kita bisa mendapatkan tiket pesawat yang jauh lebih murah.

Hal lain yang harus diperhatikan tentang tiket pesawat adalah rute & maskapai yang digunakan. Apakah rute yang digunakan itu efisien (banyak transit)? Apakah maskapai yang digunakan tidak sedang bermasalah? Apakah maskapai yang digunakan boleh memasuki wilayah Arab Saudi?

Terkadang, kita bisa mendapatkan penerbangan direct yang harganya tidak jauh beda dengan penerbangan yang banyak tansit.  Ini tentunya lebih efisien walaupun penerbangan transit “kelihatan lebih” murah.

Apakah maskapai yang digunakan boleh memasuki wilayah Arab Saudi? Maret waktu yang lalu tepat setelah kepulangan saya umroh, ada pengumuman resmi larangan dari pemerintah Arab Saudi untuk beberapa maskapai tidak diperbolehkan untuk membawa jamaah Umroh masuk ke Arab. Dan ini termasuk maskapai yang saya tumpangi sebelumnya, Malaysia Airlines (Sekarang sudah boleh lagi masuk). So, update terus tentang isu – isu seperti ini, jangan sampai sudah beli tiket, eh kita gak bisa berangkat karena pesawat kita dilarang masuk ke wilayah Arab.

Penting:  Klo ini baru  pertama kalinya kamu melakukan umroh mandiri, sebaiknya jangan buru – buru booking tiket. Baca dulu langkah selanjutnya berikut ini.

3. Mencari Grup Untuk Umroh Bareng

Ini penting, karena akan berpengaruh pada  kemudahan mendapatkan Land Arangement dan harga yang ditawarkan. Misalkan saja kamu sudah booking tiket pesawat, namun tidak ada grup bareng kamu berangkat. Maka tentunya sulit mendapatkan Land Arrangement (termasuk visa).

Sebelum issued tiket, sebaiknya pastikan ada grup yang berangkat bareng dengan kamu.

4. Mengurus Visa dan Land Arrangement

Step terakhir adalah mengurus Visa dan mendapatkan Land Arangement. Pastikan semua persyaratan untuk membuat visa sudah terkumpul minimal sebulan sebelum keberangkatan.

Carilah Agen perjalanan yang amanah dan sudah biasa untuk mengurus Land Arrangement keberangkatan Umroh Mandiri. Beberapa travel agen dengan beberapa alasan kadang menolak untuk memberangkatkan jamaah yang sudah punya tiket sendiri. Seperti yang sempat kami alami maret lalu, kami harus ganti Land Arranger karena travel agen sebelumnya membatalkan kesepakatan (padahal sudah deal harga dan uang sudah masuk sebagian).

Land Arrangement ini sangat penting ini yang akan mencover semua kebutuhan kita saat ibadah umroh di tanah suci baik Mekah maupun Madinah.

Nah itu dia persiapan untuk bisa umroh dengan harga hemat. Semoga bisa dipahami dan bermanfaat.

UMROH BARENG MARET 2018

Ternyata banyak banget ya, teman – teman yang pengen Umroh namun memiliki kesulitan seperti:

  • Harga umroh mahal di travel agent
  • Waktu yang kadang belum jelas karena tidak ada tanggal fix
  • Mau jalan mandiri tapi gak ada teman / grup
  • Gak ngerti cara urus Visa klo jalan Mandiri
  • Tidak tahu tempat mendapatkan Land Arangement
  • Tidak ada ustad pembimbing
  • Dan banyak lagi

Apa kamu punya kesulitan yang sama?

Jika iya, yuk kita Umroh Bareng. Insya Allah kita akan mengadakan Umroh di Maret  2018.

Detail Umroh Bareng 2018

Jadwal Umroh: 29 Maret 2018 – 6 April 2018 (9 Hari)

Quota Max: 1 Bus (40 – 44 orang)

Maskapai: Saudia Airlines (rute Kuala Lumpur – Madinah, Jeddah – Jakarta)

Meeting Poin: Kuala Lumpur / Bandung / Jakarta

Estimasi All in Budget : Maksimal 18,5 Juta (Include tiket pesawat, Visa & Asosiasi, Land Arangement).

Land Arangement yang di cover:

  • Hotel Bintang 3 di mekah & Madinah
  • Ustad Pembimbing selama di Mekah & Madinah
  • Makan Masakan Indonesia 3x sehari
  • Bus AC
  • City Tour Mekah & Madinah
  • Air Zam Zam 5L
  • Visa & Asosiasi

Exclude: Passport, Handling, Suntik Meningitis, Surat Mahrom

Cara Daftar Umroh Bareng

1. Booking Tiket Pesawat

Bayar DP 9 juta untuk langsung dibelikan tiket pesawat. Yes, DP yang kamu bayarkan akan langsung dibelikan tiket pesawat Kuala Lumpur – Madinah, Jeddah – Jakarta. So, masing2 peserta sudah langsung pegang tiket pesawat. Kontak saya via DM Instagram atau email ke contact.ranseltravel@gmail.com untuk kirim data peserta & informasi rekening transfer DP Tiket.

Mau beli tiket sendiri? Boleh bangeeeet… Silahkan issued tiketnya sendiri. Klo sudah Issued, forward eTicket kamu & kirim data diri via email untuk data peserta. Berikut detail penerbangannya, perhatikan nomer pesawat dan tanggal keberangkatan. Jangan salah sampai tanggal / pesawat yaa…

2. Cicil Biaya Land Arrangement

Biaya Land Arangement bisa dicicil maksimal sampai 1 bulan sebelum keberangkatan.

Data & dokumen pendukung untuk pembuatan visa dikumpulkan 1 bulan sebelum berangkat

Catatan: Insya Allah nanti saya sendiri yang jadi Tour Leadernya. Saat ini sudah ada 7 orang yang booking dari quota 40 jamah. Update sisa quota akan ditulis di halaman ini. Estimasi harga 18,5 juta adalah harga maksimal dengan kondisi harga tiket saat ini. Estimasi harga all ini akan gradual naik mengikuti kenaikan harga tiket pesawat. So, amankan dulu tiket pesawatnya secepat yang kamu bisa. 

Info, Pertanyaan, Pendaftaran, &  Titip Booking Tiket Pesawat DM saya di Instagram / email ya. Oiya, klo slowrespon harap maklum, mungkin saya lagi di luar, atau yang kontak banyak. Saya balas satu per satu

Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Newbie Backpacker & Professional Jobless.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

20 thoughts on “Persiapan Umroh Mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *