Minimum Masa Berlaku Passport Untuk Ke Luar Negeri

Jadi ceritanya minggu lalu salah satu kawan peserta Open trip Jeju Island kami ada yang passsportnya kurang dari 6 bulan. Sebetulnya sih pas berangkat belum kurang dari 6 bulan. Masih 6 bulan + 1 hari. Tapi tetep aja kan bikin was was bin deg – degan.

Kenapa sih deg degan? Kan passport nya belum expired? Ko was – was segala?

Credit Image: Dreamstime by  Maxim Yemelyanov

Jadi pemirsa yang budiman, entah gimana ceritanya, ada kepercayaan yang bilang klo mau ke luar negeri itu passport masa berlakunya harus diatas 6 bulan. Klo kurang dari 6 bulan, ada beberapa kemungkinan yang akan kita alami.

Yang pertama adalah kita gak boleh berangkat dari indonesia atau negara asal ke negara tujuan kita.

Gak boleh berangkatnya itu ada macem – macem tuh. Ada yang gak boleh sama imigrasi kita, ada yang gak boleh sama counter check in, ada yang gak diterima di imigrasi negara tujuan, dan lain – lain.

Banyak informasi dan pengalaman orang tentang masa berlaku passport yang kurang dari 6 bulan ini bertebaran di internet.

Beberapa darinya mengalami hal – hal yang saya sebutkan diatas. Namun beberapa lainnya walaupun dengan was was dan deg – degan akhirnya bisa liburan, masuk dan keluar ke negara tujuannya dengan aman sejahtera sentosa.

Jadi sebenarnya gimana sih aturan tentang masa berlaku passport yang 6 bulan ini?

Banyak yang bilang klo ini berdasarkan ijin tinggal yang diberikan suatu negara kepada pengunjungnya yaitu maksimal 6 bulan. Jadi tar pas balik ke Indonesia masa berlaku passport traveler tersebut masih aktif. Tapi kenyataanya sekarang ini beberapa negara yang kasih izin tinggal bahkan sampe 12 bulan.

Sebetulnya tiap negara punya aturan yang berbeda. Beberapa negara mengizinkan wisatawan atau traveler yang akan berkunjung ke negaranya yang memiliki masa berlaku passport minimum 3 bulan semenjak meninggalkan wilayahnya, bahkan ada juga lho yang kasih izin asalkan selama menetap itu passport masih berlaku.

Namun ada juga yang mensyaratkan masa berlaku minimum itu harus minimal 12 bulan.

Atau adalagi yang seperti Singapura yang memberlakukan pertauran masa berlaku passport minimal 3 bulan saja.

So, yes, gak mesti 6 bulan sebetulnya, tergantung kebijakan negara yang kita tuju.

Namun begitu sepertinya masa berlaku passport 6 bulan ini menjadi semacam aturan tak tertulis yang diaplikasikan bukan cuma oleh negara tempat kita tuju namun juga pihak maskapai.

Kadang untuk check in saja klo masa berlakunya kurang dari 6 bulan kita gak bisa check in.

Jadi gimana nih klo kita mau traveling ke luar negeri tapi masa berlaku passport kurang dari 6 bulan?

Kebijakan masa berlaku passport itu sepenuhnya tergantung aturan negara tujuan kita. Tiap negara pastinya punya aturan yang berbeda – beda. Selalu cek ke kedutaan besar negara tujuan mengenai kebijakan masa berlaku paspor negaranya. Gak mau kan liburan atau rencana petualangan kita terganggu karena ketahan pihak imigrasi.

Jadi gimana sebaiknya?

Seperti yang selalu saya sampaikan, fokus pada hal yang bisa kita kontrol. Aturan minimum masa expired itu bukan hal yang bisa kita kontrol. Namun perpanjang passport sebelum masa 6 bulan tentunya bisa kita rencanakan.

Jika ada rencana jalan ke luar negeri ke depannya, cek masa berlaku passport apakah saat terbang nanti kurang dari 6 bulan. Jika kurang dari 6 bulan, rencanakan untuk perpanjang, biar hati tenang, liburanpun senang (Damn! that’s a rhyme 😛 ).

Oke guys, jadi gimana nih passport kamu? Masih aman kah? coba cek – cek masa berlaku passportnya.

Share to the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Author of Newbie Backpacker Series, Certified Indonesian Tour Leader, Fouder of Ngetriv.Com.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

5 thoughts on “Minimum Masa Berlaku Passport Untuk Ke Luar Negeri

  • Aq pernah pas mo ke Singapore, paspor tinggal 5 bulan, sempet ga boleh, agak lama ditanya2 pas mau cek-in di Indo jg setelah sampe Singapore….
    Alhmdulillah masih boleh, dg catatan: setelah balik dr liburan, sampe Indo lgs perpanjang yaaa!!
    Aq jawab iyaahh sambil mesem2 Hehehe…
    Stlh itu klu lama ga dipake jd sering2 liat tgl kadaluarsa paspor,
    Supaya tenang kapan aj ad acara keluar hehehe

  • Passportku habis bulan maret taun depan.. Pas mau booking ticket buat ke bangkok bulan oktober ga bisa.. Langsung lemes,, soalny kawan yg lain uda pada beli tiket.. Terpaksa perpanjang dan parahnya lgi mau perpnjang pun sulit karena skrg wajib daftar via online, bukannya lebih mudah malah ngeselin krn kuota pendaftaran selalu habis…

  • Passportku habis bulan maret taun depan.. Pas mau booking ticket buat ke bangkok bulan oktober ga bisa.. Langsung lemes,, soalny kawan yg lain uda pada beli tiket.. Terpaksa perpanjang dan parahnya lgi mau perpnjang pun sulit karena skrg wajib daftar via online, bukannya lebih mudah malah ngeselin krn kuota pendaftaran selalu habis…

  • Pasporku abis bln April 2019 dan skr dah antri online buat perpanjangan. Biar tenang aja kemarin trip aja di imigrasi Jkt lama bgt ditanya2nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *