Maribaya, Cara Kesana dan Ngapain Aja Disana

Maribaya di Taman Hutan Ir H. JuandaTebing keraton, Maribaya, atau Curug Pelangi? Itu merupakan destinasi alternatif lain klo Anda sudah pernah dan mulai bosan mengunjungi destinasi – destinasi wisata mainstream di bandung.

Baca: 5 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi.

Ceritanya hari itu kami kepingin explore Bandung. Sebetulnya keinginan untuk eksplore bandung itu sudah ada sejak lama.  Tapi baru kesampean kemaren nih. Mungkin ke depan nya sobat traveler bakalan banyak liat postingan tentang Bandung di blog ini. Nah, untuk kali ini saya akan mengajak Anda ke Maribaya dan Tebing Keraton.

Sebelum nya saya udah pernah sekali ke Maribaya. Tapi itu waktu zaman kuliah bareng temen. Itupun disupirin temen jadi untuk jalan agak – agak lupa juga. Berbekal GPS dan markah jalan meluncurlah kami ke Maribaya pagi itu.

Gak tau arah nya ke mana. Yang penting sampe dulu lah ke daerah lembang. Pas di daerah lembang barulah tanya – tanya. Dan ternyata untuk bisa kesini jalan yang ditempuh tidak begitu jauh. Total waktu tempuh yang kami habiskan dari Bandung Kota (Kiaracondong) hanya sekitar 1 jam saja.

Sampai di gerbang Maribaya kami langsung beli tiket masuk. Total uang untuk tiket yang kami keluarkan saat itu adalah Rp. 27.000,- untuk 2 orang plus motor. Rincian nya adalah tiket / orang Rp. 10.000, asuransi Rp 1.000, masuk motor Rp 5.000,-  belum termasuk parkir di lokasi Rp. 3000,-.

Tiket Masuk Maribaya di Taman Hutan Ir H Juanda

Tiket Masuk Maribaya

Pas liat tiket masuk yang dikasih petugas, disitu tercantum foto dan tulisan Tebing Keraton. Wah, curiga klo masuk tebing keraton kita gak usah bayar lagi nih. Ternyata benar, pas nanya petugas, katanya sejak dikelola pemkot, tebing keraton yang sebetulnya juga merupakan wilayah Taman Hutan Ir H Juanda ( TaHuRa) tiket masuk nya disatukan dengan tiket masuk ke wilayah Tahura lainnya. Artinya, dengan 1 tiket ini kita bisa masuk ke wilayah Tahura lainnya tanpa harus bayar lagi. Yeeayyyy… Dan saat itu kami memutuskan klo setelah dari Maribaya ini kami akan langsung menuju Tebing Keraton.

Lepas dari gerbang, klo pake motor kita bisa bawa masuk motor langsung menuju lokasi. Klo kita pake mobil, kita harus parkir mobil di depan dan jalan ke lokasi sekitar 900 meter.

Ngapain aja di Maribaya?

  1. Piknik

Yang dateng kesini bareng keluarga, ya paling asik itu piknik. Sambil menikmati suasana yang bener – bener adem. Gelar tiker kawan. Di maribaya ini ada area dataran yang luas yang dijadikan play ground. Anda bisa bebas gelar tiker disini. Klo gak bawa tiker, jangan khawatir, disini banyak juga kok yang menyewakan tikar.

Serunya disini juga banyak monyet, hati – hati dengan monyet liar disini. Tar lagi enak enak makan taunya makanan nya diembat monyet. Monyet – monyet disini dibiarkan bebas berkeliaran. Jangan khawatir, monyet disini baik – baik ko. Walaupun emang ada yang jail. Hehe.

Monyet penghuni Maribaya

Para penunggu maribaya 🙂

  1. Santai

Pertama cari posisi, kedua gelar tiker, ketiga tiduran, keempat tidur beneran. Hehe.. Suasana disini mendukung banget buat kita bisa sejenak melepas keruwetan sehari – hari. Tidur di tengah taman hutan dilindungi pohon – pohon yang menyejukan, diiringi suara air mengalir dan dentuman air terjun. aahh.. nikmat sekali

curug omas di maribaya

Bersantai ditemani dentuman air curug omas di maribaya

  1. Main Air

Untuk yang seneng main air atau emang lagi ada keperluan mandi di 7 curug (hadeuh..) Mandi disini seger juga. Ada spot di sini yang bakalan jadi spot favorit buat orang yang gak bisa jauh – jauh dari air kayak ina. Hehe.

aliran air di sungai maribaya

Main di Sungai di maribaya

  1. Treking

Mau olahraga dengan udara segar, pemandangan yang seru, dan mengunjungi destinasi – destinasi menarik? Anda bisa menyusuri trek sepanjang lebih dari 5 KM di Tahura ini. Di sepanjang jalan Anda bisa menemui curug – curug lainnya yang ada di tahura ini. Anda juga bisa mengunjungi penangkaran rusa. Dan terakhir yang akan menjadi garis finish Anda adalah goa belanda dan goa Jepang yang ada di Dago. Saya pernah melakukan nya sewaktu kuliah. Bagaimana rasanya treking membelah lembang – dago? Seru dan mantap!

Trekking seru dari maribaya ke dago pakar

Jalur Trekking di Tahura

Cara ke Maribaya

Dengan Angkot:

untuk menuju maribaya dengan transportasi publik itu cukup mudah dan murah. Yang pertama harus Anda lakukan klo start dari bandung kota adalah naik angkot menuju ledeng. Nanti diterminal ledeng, Anda naik angkot lagi jurusan lembang sampai pasar turun di pasar. Cari angkot jurusan lembang – cikole. Klo tidak yakin tanyakan sopir Angkot lembang minta diturunkan di tempat mangkal angkot menuju Maribaya.  Nah, Angkot terakhir ini yang akan melewati gerbang maribaya. Minta supir Angkot berenti di maribaya klo Anda tidak yakin.

Dengan Kendaraan Pribadi:

Ikutin rute Angkot diatas.. hehe..

Nah itu sedikit reportase perjalanan trip kami ke maribaya beberapa waktu yang lalu. Lanjutan reportase dan cerita trip ke Tebing Keraton akan kami buat dalam postingan terpisah.

Giliran Kamu!

Kapan nih ke bandung? Tempat mana aja yang kamu pengen atau pernah dikunjungi di Bandung? Tinggalin komentar yaa..

 

Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Newbie Backpacker & Professional Jobless.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

Bergabung Dengan 8000 Lebih Smart Traveler Lainnya...

Bergabung Dengan 8000 Lebih Smart Traveler Lainnya...

Bergabung dengan Mailing List RanselTravel.com untuk mendapatkan update, tips, info promo, & berbagai penawaran spesial untuk membuat kamu keliling Indonesia dengan lebih MURAH, MUDAH, & MENYENANGKAN. Masukan Nama, Email Aktif, & Tekan Tombol sekarang juga...

You have Successfully Subscribed!

12 thoughts on “Maribaya, Cara Kesana dan Ngapain Aja Disana

  • Hi! Thanks for sharing. informasi yg bagus. Kebetulan emang ada rencana buat explore Bandung jg. Btw, itu beneran bisa masuk ke Tebing Keraton dari Maribaya? Ga perlu bayar lagi pas di depan pintu masuk ke Tebing Keraton nya? Seberapa jauh jalan dari Curug Omas ke Tebing Keraton? Minggu kemaren ke sana tapi baru sampe Curug Omas doang karena hujan. Mohon pencerahannya. Thanks.

    • Hi, klo jalan kaki jauh mbak. klo mbak nya pake motor bisa ditempuh sekitar 20 menit. Bisa potong jalan lewat perumahan. Pas keluar maribaya tanya aja jalan ke tebing keraton, pasti pada tau dan tar diarahin buat potong jalan.

      klo udah ada tiket maribaya gak usah bayar lagi ke tebing keraton karena sekarang tebing keraton dikelola pemda & masuk wilayah tahura.

  • Kang, mau tanya.. hehe
    itu teh maribaya resort atau the lodge? saya mau ke bandung minggu depan, tapi destinasi saya ke the lodge maribaya, kalau dari stasiun kereta bandung ke the lodge naik apa ya kang? trus turun dimana? transit atau langsung? mohon dibalas. trims

  • itu bukan nya TAHURA ya? Kok maribaya?
    maribaya ke arah lembang, kalau tahura masih di sekitar dago atas. gk perlu ke lembang.
    dari foto tiket nya aja keliatan tuh tulisan nya, taman hutan raya (tahura).

    • Maribaya ya kawasan tahura juga. Sampe dago pakar makanya tiketnya bisa dipake dalam satu hari..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bergabung dengan 8000 Lebih SMART TRAVELER Lainnya...

Bergabung dengan 8000 Lebih SMART TRAVELER Lainnya...

Bergabung dengan Mailing List RanselTravel.com untuk mendapatkan update, tips, info promo, & berbagai penawaran spesial untuk membuat kamu keliling Indonesia dengan lebih MURAH, MUDAH, & MENYENANGKAN. Masukan Nama, Email Aktif, & Tekan Tombol sekarang juga...

You have Successfully Subscribed!