9 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba

Jalan-jalan ke Negeri Sakura tidak akan lengkap sebelum mencicipi makanan Jepang yang dikenal lezat dan sehat. Selain wisata alam dan budayanya, Jepang memang menonjol di sisi kuliner. Ada banyak sekali makanan khas Jepang yang sulit untuk diabaikan begitu saja. Bahkan saking populernya, restoran Jepang dapat ditemukan hampir di setiap negara.

Ini Makanan Jepang yang Harus Dicoba Selama Liburan di Negeri Sakura

Ini Makanan Jepang yang Harus Dicoba Selama Liburan di Negeri Sakura - 10 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba - sweeps2170.rpmprize6.live

Ini Makanan Jepang yang Harus Dicoba Selama Liburan di Negeri Sakura – 10 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba – sweeps2170.rpmprize6.live

Bagi Sobat Traveler yang hendak menghabiskan waktu liburan di Jepang, pastikan untuk mencatat lebih dulu makanan yang wajib dicoba. Adapun daftarnya, antara lain sebagai berikut.

1.     Ramen

Ramen -10 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba - dashofsavory.com

Ramen – 9 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba – dashofsavory.com

Jepang identik dengan ramen yang lezat. Jika Sobat Traveler penggemar anime atau sering membaca manga, makanan ini selalu muncul dengan tampilan yang menggoda selera. Berlibur ke Jepang tak sempurna sebelum mencicipi ramen asli Jepang.

Di Jepang sendiri ada 8 jenis ramen dengan cita rasa yang berbeda. Bagian yang paling khas adalah kuahnya. Meskipun tampak sederhana, tetapi rasanya sangat kuat. Perpaduan antara rempah, passion, dan teknik. Sangat lezat.

2.     Sushi

Sushi - 10 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba - thealexdublin.ie

Sushi – 9 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba – thealexdublin.ie

Selain ramen, sushi pun menjadi makanan yang harus dicoba. Meskipun di Indonesia ada banyak restoran Jepang yang menawarkan menu ini, tetapi rasanya lain ketika kamu mencobanya langsung. Sushi di Jepang disajikan secara langsung, kamu dapat menyaksikan proses pembuatannya. Bahkan kamu pun boleh memesan sushi dengan isian khusus.

3.     Udon

Udon - 10 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba - megiswell.com

Udon – 9 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba – megiswell.com

Udon merupakan salah satu makanan yang tampilannya mirip dengan ramen. Bahkan tak sedikit orang yang salah mengira udon sebagai ramen, begitu pula sebaliknya. Meskipun sama-sama dibuat dari tepung, ukuran udon jauh lebih besar daripada ramen.

Tak hanya itu saja, teksur udon pun lebih kenyal. Komposisi utama udon pun berbeda karena terdiri dari soy sauce, dashi, dan mirin. Dari cara penyajiannya pun kamu akan menemukan perbedaan yang cukup kontras. Selain beda topping, kuah udon tidak creamy layaknya ramen, malahan kuahnya sangat bening. Namun, rasanya khas dan menyegarkan.

5.     Karage

Karange - 10 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba - cooking.nytimes.com

Karange – 9 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba – cooking.nytimes.com

Pernahkah Sobat Traveler mendengar karage? Makanan ini sebenarnya terbuat dari ayam yang diberi tepung bumbu. Di Indonesia karage lebih dikenal sebagai ayam goreng tepung. Namun, jangan salah karena karage berbeda. Barangkali teknik dan proses memasaknya yang membuat rasanya lebih spesial.

Daging ayamnya lebih lembut dan juicy. Kulitnya pun lebih renyah, ketika dimakan akan menimbulkan bunyi “kriuk” yang menggoda. Sebelum disajikan, karage akan disiram dengan kecap khusus. Rasanya sangat lezat! Dijamin ketagihan.

6.     Gyoza

Gyoza -10 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba - japanhoppers.com

Gyoza – 9 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba – japanhoppers.com

Makanan Jepang ini hampir mirip dengan kuotie, tetapi kulitnya lebih tipis. Ukurannya pun lebih kecil. Isian gyoza memiliki teksur yang lebih lembut. Pilihannya pun beragam, seperti kari, jamur, udang, dan daging.

Umumnya, gyoza dibuat langsung sehingga terjamin kesegarannya. Soal rasa? Tak kalah lezat dari kuotie.

8.     Takoyaki

Takoyaki - 10 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba - idntimes.com

Takoyaki – 9 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba – idntimes.com

Siapa tak kenal dengan takoyaki? Makanan berbentuk bulat ini sering kali dijumpai dalam anime maupun manga. Meskipun di Indonesia sudah banyak kedai yang menjual takoyaki, tetapi rasa takoyaki asli Jepang lebih lezat.

Takoyaki Jepang dibuat dari adonan tepung yang diisi dengan potongan gurita segar. Untuk memasaknya diperlukan panggangan khusus dan sumpit untuk membalik takoyaki agar bulat sempurna. Di Jepang makanan ini mudah dijumpai, utamanya saat ada festival berlangsung.

7.     Onigiri

Onigiri - 10 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba - j-cul.com

Onigiri – 9 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba – j-cul.com

Makanan yang satu ini sering kali dibuat sebagai bekal. Maklum saja, membuat onigiri sangat sederhana karena terbuat dari nasi yang dikepal. Meskipun begitu, rasa onigiri terbilang lezat. Ukurannya pun besar sehingga mengenyangkan.

Di Jepang, kamu dapat dengan mudah menemukan makanan ini karena hampir seluruh mini market menyediakannya. Harga yang dibanderol pun terjangkau. Kamu bisa menghabiskan dua atau tiga bungkus onogiri tanpa membuat kantong jebol.

8.     Donburi

Donburi - 10 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba - idntimes.com

Donburi – 9 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba – idntimes.com

Di Indonesia, Donburi sangat populer dan lebih disuka daripada chicken katsu. Salah satu alasannya karena donburi menggunakan siraman telur setengah matang yang dicampur dengan irisan bawang bombay. Rasanya sangat lezat dan tidak menyebabkan seret ketika dimakan. Makanan ini dapat kamu temukan di restoran cepat saji dengan harga bervariasi.

9. Okonomiyaki

Okonomiyaki - 10 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba - glorimelamine.com

Okonomiyaki – 9 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba – glorimelamine.com

Okonomiyaki merupakan makanan khas Jepang yang hampir mirip dengan martabak. Isianya berupa daging atau ikan yang dicampur dengan kol dan telur. Cara membuatnya digoreng di atas wajan panas. Rasanya sangat nikmat. Harus dicoba!

Itulah sejumlah makanan Jepang yang dapat Sobat Traveler coba selagi berada di Negeri Sakura. Nah, sudah siap liburan ke Jepang? Selamat berlibur!

Share to the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Tim Redaksi

Love to serve you with the best travel content 🙂

6 thoughts on “9 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba

    • Cari makan nya di tempat yg certified halal atau moeslim friendly. Gak susah kok di jepang. Wisata halal mulai mereka galakan untuk narik wisatawan muslim.

      • Ane lagi di jepang nih, ada bbrp halal yg direkomendasi.
        Kemarin lusa di odawara Ada halal food dari nepal… ok banget Ayam tandori dna Ayam gorengnya…
        Terus di osaka kemarin di Halal gion naritaya dan hari ini paling uenakkk…. di halal Ayam ya uenakkk…

        Kalau mau yg cepat banyak ada di sevel, lawson, family mart….
        Tanya aja ke penjaga yg bukan butaniku (daging babi), paling aman onigiri Ayam, tuna, telor ditambah saba (ikan pindang) dahhh enakkk tuhhh…. nanti minta dipanaskan.

        Dmkn sekilas Info, o yaa harga di sevel utk onogiri 100-160 yen….
        Harga bento around 400-700

        Salam hangat,

        Boesan

        • Have a nice trip gan. Boleh coba juga ramen honolulu yg sering dikunjungi artis indonesia itu.

          Klo bosen ramen di dotonbori ada Ali’s Kitchen yg menyajikan makanan timur tengah.

          Selamat berwisata kuliner 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *