Main Odong Odong alun alun Jogja

Jauh – jauh ke Yogyakarta ngapain? Main odong odong alun alun jogja! hehe… Yes, gak lengkap rasanya klo belum nyobain keliling alun – alun Yogyakarta dengan salah satu wahana paling kece di yogya.

Mungkin Anda pernah lihat beberapa teman yang main ke Yogyakarta terus fotoan dengan kendaraan berbentuk mobil dengan lampu – lampu terang menarik dengan dihiasi berbagai macam karakter diatas nya. Itu dia sob, si odong –odong atau yang oleh orang yogya sendiri biasa disebut mobil gowes.

Di kesempatan saya berkunjung ke yogya ini, saya menyempatkan diri untuk nyobain wahana yang satu ini. Mumpung di Yogya, kapan lagi coba. Buat Anda yang juga kebetulan akan berkunjung ke yogya juga wajib nyoba. Seru coy..

Untuk mobil gowes kecil, Anda hanya harus merogoh kocek sebesar Rp. 30.000,- untuk 1 kali putaran atau Rp. 50.000,- untuk 2 kali putaran mengelilingi alun – alun. Gak mahal sob, karena mobil gowes kecil ini bisa menampung 4 – 5 penumpang. So, bisa sharing cost. Klo kebetulan Anda jalan kesini sendirian, bisa cari temen untuk sharing cost biar bisa lebih murah.

Selain yang kecil, ada juga mobil gowes yang lebih gede yang bisa menampung sampai dengan 8 orang. Nah, klo yang ini tarifnya Rp. 40.000,- untuk 1 kali putaran dan 70.000,- untuk 2 kali putaran.

Tarif diatas berlaku untuk semua jenis dan bentuk odong- odong alias mobil gowes. Sebelum menjadi mobil – mobilan seperti sekarang ini, dulunya odong – odong itu bentuk nya hanya sepeda roda dua yang dikasih lampu hias. Sampai akhirnya dibuat lebih menarik dan menampilkan berbagai macam bentuk seperti yang sekarang ini.

Setiap mobil gowes memiliki bentuk dan ciri khas yang berbeda – beda. Dari Hello Kitty, Doraemon, Ayam – ayam an, sampe T-Rex bisa Anda temukan lho. Para operator dan pemilik mobil gowes yang kebanyak anak muda ini berlomba – lomba berkreasi dan berinovasi membuat mobil gowes nya semenarik mungkin guna menarik perhatian wisatawan.

Tidak ada system antrian tiket atau loket pembayaran. Tinggal pilih armada nya, mainkan music nya, gowes pedal nya, jangan lupa bayar udahan nya. Hehe..

Alun – alun kidul ini selalu ramai tiap hari nya. So, Anda akan selalu bisa melihat keramaian disini setiap malam. Klo di weekdays, biasanya alun – alun akan ramai sampai jam 12 malam. Klo weekend atau musim liburan bahkan bisa sampai jam 2 atau jam 3 subuh lho.

Bebeda dengan sekarang yang selalu ramai setiap harinya, dulunya jasa sewa mobil gowes ini ilegal lho. Operator atau pemilik mobil gowes harus kejar – kejaran dengan satpol PP. KLo sekarang sih udah dapet izin dari keraton, so operator atau pemilik mobil gowes bisa dengan leluasa mencari rezeki.

Guna menjaga ketertiban dan pengelolaan, para operator dan pemilik mobil gowes membentuk sebuah paguyuban dimana sampai saat tulisan ini dibuat, ada 92 armada dengan design dan bentuk berbeda – beda yang unik yang tersedia.

Saat ini, seluruh pihak terkait yang ada di seputaran alun- alun saling bahu – membahu menjaga ketertiban, kenyamanan, dan keamanan alun – alun sehingga bisa tercipta satu area wisata yang sangat nyaman bagi pengunjung.

So, kapan nih mau ke yogya? Jangan lupa mampir ke alun – alun dan naik mobil gowes ya 😉

Tonton video 73 detik suasana naik mobil gowes alias odong odong alun alun jogja berikut ini

Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Newbie Backpacker & Professional Jobless.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

Bergabung Dengan 8000 Lebih Smart Traveler Lainnya...

Bergabung Dengan 8000 Lebih Smart Traveler Lainnya...

Bergabung dengan Mailing List RanselTravel.com untuk mendapatkan update, tips, info promo, & berbagai penawaran spesial untuk membuat kamu keliling Indonesia dengan lebih MURAH, MUDAH, & MENYENANGKAN. Masukan Nama, Email Aktif, & Tekan Tombol sekarang juga...

You have Successfully Subscribed!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bergabung dengan 8000 Lebih SMART TRAVELER Lainnya...

Bergabung dengan 8000 Lebih SMART TRAVELER Lainnya...

Bergabung dengan Mailing List RanselTravel.com untuk mendapatkan update, tips, info promo, & berbagai penawaran spesial untuk membuat kamu keliling Indonesia dengan lebih MURAH, MUDAH, & MENYENANGKAN. Masukan Nama, Email Aktif, & Tekan Tombol sekarang juga...

You have Successfully Subscribed!