Land Arangement Umroh Backpacker

Sesuai janji saya klo kali ini kita akan bahas tentang Land Arangement Umroh Backpacker. Ini adalah salah satu komponen yang akan membekas di kenangan para jamaah yang melakukan umroh karena berhubungan dan dirasakan langsung oleh para jamaah.

Land Arangemen Umroh Backpacker sangat berkesan di hati para jamaah umroh

Seperti yang sudah saya bilang, klo kata “backpacker” dalam phrase Umroh Backpacker ini saya gambarkan untuk harga bukan untuk fasilitas. Kita bisa mendapatkan fasilitas saat umroh sesuai dengan yang kita butuhkan namun dengan harga backpacker.

Dalam dunia per-travelan, satu paket akomodasi atau keperluan perjalanan seperti handling di bandara, bus,  hotel,  guide,  makan,  & tour biasa disebut Land Arangement (LA).

Seperti yang kita ketahui sebagian besar paket umroh yang ada sekarang menawarkan program & fasilitas yang tak jauh beda dengan harga yang sama.  Kebanyakan paket – paket tersebut merupakan hasil outsorce dari berbagai pihak.

Berikut Komponen – Komponen yang Berada dalam Paketan Land Arangement Umroh Backpacker

Hotel Mekah – Harga hotel di mekah relatif lebih mahal daripada hotel di madinah. Daerah dimana terdapat banyak hotel bintang 3 yang jaraknya tak terlalu jauh dari masjidil harom adalah Misfalah. Di area inilah kemaren kami menginap.

Di jajaran ini juga terdapat beberapa hotel bintang 4. Namun karena jaraknya nanggung.  Tentunya kalah ramai dibanding hotel2 bintang 4 & 5 yang ada di “ring 1” berhadapan langsung dengan masjidil haram macam Sofwa Tower,  Hilton,  Grand Zam Zam,  Intercontinental,  dll.

Jangan bayangkan hotel mewah di Mekah jika kamu ambil paket Land Arangement Umroh Backpacker. Harga properti di Mekah yang high demand sangat tinggi. Provider LA bisa menyediakan hotel backpacker di daerah Misfalah yang tak terlalu jauh dari Masjidil Haram saja sudah beruntung. Tapi tentunya hotel yang disediakan tetap nyaman. Lagipula kita disana untuk beribadah, bukan stay di Hotel.

Hotel Madinah –  Hotel2 di madinah harganya relatif lebih murah dibanding di Mekah.  So,  klo kita ambil LA untuk umroh backpacker, biasanya kita akan mendapatkan hotel yang lebih bagus di Madinah.

Klo rezeki,  kadang kita juga dapet upgrade hotel dari provider LA. Seperti halnya kita kemaren dapet hotel bagus yang jaraknya dekat sekali dengan Mesjid Nabawi.

Bus/Transport Selama Program – Gak sembarangan kendaraan bisa kita sewa dan gunakan untuk keperluan umroh. Kendaraan yang disediakan oleh penyedia LA pastinya sudah Memiliki izin khusus untuk membawa jemaah umroh.

Kendaraan yang kita gunakan tentunya disesuaikan dengan jumlah rombongan kita.

Untuk urusan supir sepertinya enak jika orang Indonesia.  Alasannya adalah di KOMUNIKASI.

Pengalaman kemarin kita ada miss komunikasi dengan handling koper di bandara setelah turun dari bis karena supirnya cuma bisa bahasa arab saja.

Bus ini akan menjadi sarana transport jamaah selama program yaitu transfer bandara,  perjalanan madinah – mekah,  tour dalam kota (baik Mekah pun Madinah)

Cattering – Untuk makan,  biasanya provider LA sebelum nya memberikan pilihan,  mau ambil catering apa tanpa cattering.

Sepengalaman saya,  dari segi biaya,  jika kita ambil LA dengan cattering,  harganya akan lebih hemat dibanding kita makan sendiri di luar. Budget sekali makan besar di Mekah atau madinah sekitar 10 – 30 SAR sekali makan.

Dari segi rasa,  tentunya gak semua dari kita cocok dengan lidah orang timur tengah. Klo catering biasanya makanannya “indonesia banget”. Dapet makan puas sehari 3x, pagi,  siang,  malam.

Repotnya klo ambil catering kita harus balik ke hotel pas waktunya.  Klo gak tar makanan keburu diberesin.  Namun begitu, Saya pribadi prefer kita ambil catering.

Jika ingin coba makanan lokal, bisa lah sekali dua kali makan di luar.

Guide (Muthowwif) – Guide atau yang juga biasa dipanggil Muthowiff ini adalah pembimbing kita selama di Tanah Haram.  Biasanya ustadz atau mahasiswa yang sedang kuliah di Madinah.

Guide atau ustadz ini yang akan menemani kita 24 jam dan memastikan kita melakukan ibadah umroh sesuai tuntunan. Guide umroh itu beda dengan guide wisata pada umumnya.  Haruslah orang yang faham dan berwawasan luas tentang keislaman.

Perlengkapan Umroh – Perlengkapan umroh seperti koper,  tas,  dll ini sifatnya opsional. Namun yang pasti didapatkan adalah buku panduan umroh.

Mungkin kita sering bertanya,  kenapa sih klo umroh itu kopernya harus sama.  Ini penting banget karena untuk mudahkan Handling Bagasi (barang bawaan / koper)  selama di bandara arab & di hotel.

Namun hal ini bisa diakalin,  contohnya dengan membuat cover koper untuk grup nya yang akan berangkat.

Air Zam Zam – Agar bisa dibawa pulang ke Indonesia,  air zam zam haruslah yang sudah di packing secara khusus.  Dan ini biasanya sudah include dalam paket LA. So kita gk perlu pusing -pusing lagi handling sendiri.

Tour Leader – Selain muthowwif, biasanya disertakan juga tour leader yang diberangkatkan dari Indonesia bersama jamaah.

Walaupun saat di tanah suci peran Muthowwif akan terlihat lebih besar,  namun tugas utama tour leader juga tak kalah penting karenan dialah yang akan jadi perantara dan berkordinasi antara jamaah dan perusahaan jika terjadi sesuatu selama program.

Tips – Tips ini biasanya gk disebutkan atau di infokan oleh provider LA ke calon jamaah.  Namun biasanya dana tips ini sudah dikalkulasi dan dimasukan ke harga LA.

Untuk siapa saja? Biasanya dana tips ini disiapkan untuk Muasasah,  porter bandara, porter hotel,  sopir,  dll.

Meski begitu,  terkadang petugas2 tersebut juga suka minta lagi ke jamaah. Klo sudah begitu ya tergantung keikhlasan kita mau kasih lagi atau sudah cukup saja.

Nah, secara umum itu dia komponen2 LA yang patut diketahui calon jamaah.

Sebetulnya masih ada komponen – komponen biaya LA yang biasanya dimasukan ke harga total paket umroh reguler sebelum di publish paketnya ke pasar seperti biaya marketing,  komisi agent, komisi handling, dsb yang mana untuk biaya  – biaya tersebut cukup memotong pengeluaran. Namun, karena kita ambil umroh backpacker, maka komponen – komponen tersebut tak akan kita bahas lebih jauh.

So Berapa Harga LA?

Untuk harga tentunya gk bisa saya sebutkan secara pasti saat ini.  Karena itu sangat tergantung dengan WAKTU Berangkat Umroh & JUMLAH Jamaah yang ikut.

Saat off peak season (biasanya Januari – Maret)  dan Jumlah Jamaah rombongan kita ikut banyak tentunya harga akan jauh lebih murah.

Sebagai bayangan saja,  dengan jumlah jamaah 43 orang dan keberangkatan bulan maret dengan LA gaya Backpacker kemaren kita kena US$ 348 per orang (belum Visa).

Kemana Beli LA?

Gak semua provider mau menyediakan LA untuk jamaah mandiri (backpacker). Pengalaman kemarin kita beli LA ke salah satu provider,  namun mendekati keberangkatan kita “terpaksa” ganti provider karena beberapa alasan padahal sebagian dana sudah masuk.  Klo sudah gini pintar2 nya kita cari penyedia LA yang sudah terbukti berpengalaman & terpercaya.

Beberapa yang saya tahu dan banyak direkomendasikan oleh praktisi umroh backpacker adalah Kafillah Akbar,  Umroh Tiket Murah (UTM), Menara Wisata,  & Hasbi Tour.

Oke,  sekarang kita dah tau nih gambaran umum tentang Umroh Backpacker, Haruskah kita umroh dengan membeli paket LA? Lalu apa yang langkah yang harus kita lakukan dan persiapkan agar klo ada kesempatan kita bisa ikut umroh dengan mudah,  murah,  namun tetap nyaman dan tentunya sesuai tuntunan?  Kita bahas di Catatan Umroh Backpacker Selanjutnya ya.

Sambil nunggu notes umroh backpacker selanjutnya,  klo kamu belum gabung, kamu bisa join Miling List Khusus Umroh Hemat.  Disana nanti saya share baik info, promo tiket pesawat umroh,  dan update tentang umroh backpacker selanjutnya.  Dan insya Allah kita usahakan bikin group Umroh 2018. Ingat!  makin banyak yang ikut,  Land Arangement (LA) bisa lebih murah kan..

Biar tambah rame,  kamu juga boleh SHARE catatan ini temen & keluarga.  Mudah2an jadi jalan kebaikan dan jalan kita ke Tanah Suci.  Aamiin…

Dapatkan Info Tiket Umroh Promo, Group Umroh 2018, & Notifikasi Artikel Umroh Backpacker Terbaru

Dapatkan Info Tiket Umroh Promo, Group Umroh 2018, & Notifikasi Artikel Umroh Backpacker Terbaru

"Masukan Nama & Email Aktif Kamu untuk Join Miling List Khusus Umroh Backpacker "

You have Successfully Subscribed!

Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Newbie Backpacker & Professional Jobless.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

2 thoughts on “Land Arangement Umroh Backpacker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *