My Footsteps – Mengunjungi Tempat Menarik di Busan (Korea Selatan)

Pengalaman ngetrip ke Korea Selatan kemarin pastinya luar biasa dan tak mungkin terlupakan. Saking banyak nya pegalaman seru selama trip korea kemarin saya jadi bingung nih mau nulis yang mana dulu. Huhu..

Tempat Menarik di Busan

Nah, biar gak lompat – lompat ceritanya & gak bikin bingung kamu yang baca, pengalaman ngetrip ke Korea akan kita bikin berseri aja ya, jadi nanti di split beberapa postingan. Biar ceritanya ngalir gitu. Trus biar memudahkan juga buat untuk kamu yang nantinya ada rencana trip ke Korea.

Untuk kamu yang punya rencana ke Korea, salah satu hal yang musti dipersiapkan pertama kali adalah Visa Korea. Nah, untuk pengalaman dan tata cara bikin visa korea sudah saya share kemarin di postingan Cara Membuat Visa Korea.

So, sebelum bercerita lebih jauh tentang pengalaman ngetrip di Korea Selatan kemarin, di postingan kali ini saya pengen list dulu nih jejak langkah mengunjungi tempat – tempat menarik di Busan. Sekalian recall juga kemarin ngetrip kemana aja.

Excited luar biasa ketika pertama kali menginjakan kaki di negeri gingseng tersebut. Setelah menempuh perjalanan sekitar  6  jam lebih dari KLIA 2 tiba lah saya di Gimhae airport International. Saat itu cuaca yang cukup cerah meskipun suhunya masih dingin. Hihi..

Foto kiriman Ina Qurota Aina (@inaqurota) pada


Dengan populasi sekitar 4.000.000 jiwa, Busan adalah kota kedua terbesar di Korea Selatan setelah Seoul. Busan juga merupakan sebuah kota pelabuhan dan metropolitan yang letaknya tepat disebelah tenggara Korea Selatan, salah satu dari 3 pelabuhan tersibuk di dunia. Namu begitu,  Romantisme dan kehangatan masyarakat busan akan menyihirmu sampai – sampai kamu akan merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap kota ini (uuhh, so sweet).

Di busan ini rencananya ada beberapa tempat yang ingin kita kunjungi, namun ternyata cuma sempat mengunjungi beberapa diantaranya yaitu:

  • Busan Muslim centre (Masjid Al-Fattah Busan)
  • Nampodong Market
  • BIFF (Busan International Film Festival)
  • Heundae Beach
  • Gamchon Culture village
  • Gwanggali Beach

Saya memiliki waktu sekitar 3 hari 2 malam untuk menjelajahi Busan. Rasanya waktunya sangat kurang. Tapi apa daya, petualangan di seoul sudah menunggu kami di hari – hari berikutnya. Ngapain aja sih di busan yuk kita bahas satu persatu.

Ini dia Tempat Menarik di Busan yang Sayang jika Terlewatkan

Busan Muslim centre (Masjid Al-Fattah Busan)

Masjid Al Fattah Busan merupakan mesjid yang terletak di busan. tempat berkumpulnya umat muslin di Korea yang tentunya minoritas

Sebagai muslim sayang kalo melewatkan yang satu ini. Selain mencoba melihat dan merasakan menjadi kaum minoritas di korea seperti apa, biasanya kita akan mendapati beberapa restaurant halal sekitar masjid seperti  restaurant Turki Capadocia yang berada di samping masjid tersebut.

Masjid Al – Fattah Busan yang merupakan salah satu masjid terbesar di korea ini berada dijalan 30-1 Namsan-dong geumjong-gu Busan. Meski berada di Namsan tetapi kita lebih mudah mencapai masjid Al-Fattah lewat Stasiun Dusil di Line 1.


Nampodong Market

Nampodong market adalah surga nya belanja ketika kita ada di busan. Bila kamu shopaholic sediakanlah  waktu yang luang dan kaki yang kuat ketika mengunjungi tempat ini.  Kenapa? Karena disini kamu akan mendapat baju kualitas bagus dengan harga miring. Tapi satai saja, berkelilinglah dulu dan jangan tergesa-gesa.

Untukmu para pecinta sepatu dijamin kamu bakal kalap. Jadi ceritanya sebelum pergi ke korea saya membeli sepatu baru dari Indonesia untuk dipakai saat trip korea. Biasalah, kebutuhan foto, hehehe. Dan tak taunya pemirsa! Di Nampodong ini saya menemukan sepatu yang keren – keren dengan harga yang lebih murah bahkan lebih murah dari sepatu yang saya beli di Indonesia. Huft, agak menyesal jadinya beli di Indonesia. Huhu. Teman saya bahkan meninggalkan sepatunya dan membeli sepatu sneakers  baru dengan harga  hanya sekitar 170rb saja. Iya memang murah. Namun walaupun harganya murah tapi kualitas gak murahan.


BIFF (Busan International Film Festival)

BIFF adalah salah satu dari Festival film terbesar di asia. Festival ini hanya diadakan di bulan Oktober minggu ke 3

Setelah puas berkeliling kamu bisa mengunjungi BIFF yang tidak jauh dari area Nampodong dan sekalian melewati Jalgachi market. BIFF adalah salah satu dari Festival film terbesar di asia. Festival ini hanya diadakan di bulan Oktober minggu ke 3. Huhuhu… Sayang banget saya ke busan beberapa hari setelah festival itu di selenggarakan. Klo bertepatan kita bisa berkesempatan bertemu sama artis film korea terkenal. Eitss… Jangan sedih…  Tetep ko area BIFF layak untuk di kunjungi karena akan banyak jajanan di malam hari seperti Hoettok, toppoki, oden, gurita goreng, dan banyak lagi. Wah pokonya street food nya lengkap. Selain street food disini banyak juga terdapat café-café unik lho.


Heundae Beach

Ini adalah salah satu tempat yang paling ingin saya dikunjungi di Busan, Heundae Beach! Ada baiknya kamu mengunjungi Heundae ini saat musim panas tapi akan sangat penuh sesak dan berdesak – desakan.

Ini adalah salah satu tempat yang paling ingin saya kunjungi di Busan, Heundae Beach! Ada baiknya kamu mengunjungi Heundae ini saat musim panas tapi akan sangat penuh sesak dan berdesak – desakan.

Karena saya mengunjungi heundae ketika musim gugur, jangan pernah terbayangkan ada yang berbikini atau bermain air karena cuacanya sangatlah dingin. Heundae Beach ini beberapa kali saya liat di program TV korea. Bahkan pada tahun 2009 Heundae menjadi tempat shooting film bencana korea pertama dengan judul “Heundae” jadi tak heran pantai ini begitu terkenal sehingga rasa penasaran saya dengan pantai romantis yang satu ini semakin besar.

Foto kiriman Ina Qurota Aina (@inaqurota) pada


Pantai di Indonesia lebih indah pastinya, tapi Heundae punya daya tarik sendiri yaitu Seagull nya atau burung yang sangat banyak di area bibir pantai. Kehadiran mereka dengan jumlah banyak membuat suasana pantai sore itu semakin romantic.  Oiya, klo bisa jangan datang sendiri ke pantai ini ya. Percayalah, datang sendiri kesini bikin baper.. huhu..

Puncaknya, saya menikmati sunset di Heundae bersama para wisatawan dan warga lokal yang berada di bibir pantai saat itu.


Gamchon Culture village

Jika kamu pecinta seni mural, art dan design kamu wajib datang ke gamchon cuture village - Santorini nya asia ini. Begitu tiba di lokasi kita akan segera merasakan suasana yang artistik banget.

Jika kamu pecinta seni mural, art dan design kamu wajib datang ke Santorini nya asia ini. Begitu tiba di lokasi kita akan segera merasakan suasana yang artistik banget. Dari tembok, atap, bahkan jalanan yang berliku membuat perjalananmu di Busan lebih berwarna.

Gamchon ini adalah sebuah kampung yang saat ini masih di huni oleh warga lokal, so harus tetep jaga sikap dan gak boleh berisik ya untuk menghormati pribumi.

Foto kiriman Ina Qurota Aina (@inaqurota) pada


Yang menarik adalah cara unik menikmati gamchon culture village ini dengan cara membeli Peta seharga 2000 won dan kita bermain game mengumpulkan cap, kita diajak berkeliling ke gang2 sempit yang ternyata sangat artistik.

Ada café unik, gallery dan artshop yang menjadi daya tarik tersendiri untuk sekedar berfoto dan bersantai. Luangkan waktu 2 jam untuk berkeliling di gamchon culture village ini dan menikmati petualangan mu.


Gwanggali Beach

Tidak berbeda dengan heundae beach yang di kelilingi bangunan tinggi namun gwanggali beach memiliki daya Tarik di malam hari.

Saya tahu tempat ini dari Variety Show Korea dimana sepasang kekasih menghabiskan waktu di pantai dengan pemandangan jembatan di atas laut yang gemerlap. Duh,  membuat saya ingin sekali mengunjung Gwanggali Beach sambil menatap pesona Gwangan Bridge. Berjalan sekitar 600 M dari station sekitar 15 menit kita akan tiba di bibir pantai. Tidak berbeda dengan heundae beach yang di kelilingi bangunan tinggi namun Gwanggali beach memiliki daya Tarik di malam hari.

Nah kawan, itu dia list tempat menarik yang saya kunjungi selama 3 hari 2 malam di Busan kemarin. 3 hari 2 malam memang kurang rasanya untuk menjelajahi Busan lebih jauh lagi. Untuk cerita seru trip Busan, Seoul, dan pengalaman ngetrip di Korea Selatan bakalan kita share di postingan selanjutnya ya. So stay tune, kita bakalan bagiin cerita yang lebih seru dengan foto – foto dan tempat – tempat yang lebih kece.

Oiya, klo ada pertanyaan atau ide untuk postingan selanjutnya  langsung masukin di komentar aja. Yang jelas pertanyaan atau idenya tentang korea ya guys.

See you next chapter 🙂

 

Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Ina Qurota Aina

Traveler, Cat Lover, & Co Author RanselTravel.com

Latest posts by Ina Qurota Aina (see all)

GRATIS Info Traveling Hemat ke Korea

Dapatkan update info Backpacker ke Korea Langsung di email Kamu! PLUS 2 ebook Budget Traveling GRATIS

You have Successfully Subscribed!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GRATIS Update Info Backpacker Hemat ke Korea!

Dapatkan update info traveling hemat ke Korea langsung di email Kamu. PLUS 2 ebook Budget Traveling Gratis

You have Successfully Subscribed!