Cara Membuat Visa Korea untuk Backpacker

Anyeonghasaeyeo…. Kali ini saya ingin berbagi gimana cara membuat visa korea…

It’s feel like dream come true. Setelah beberapa tahun hanya membaca dari blog dan mendengar cerita orang lain tentang pembuatan visa Korea, beberapa minggu lalu saya mengajukan visa saya sendiri dan setelah dag dig dug menunggu beberapa hari,  finally visa korea saya APROVED! Wohooo… That was amazing! Dan kali ini saya ingin berbagi pengalaman dan cara membuat visa korea.

cara membuat visa korea selatan di kedutaan

Sebelum kita masuk ke persyaratan apa saja yang kamu butuhkan untuk mengajukan visa Korea. Biarkan saya sedikit bercerita pengalaman saya mengajukan visa korea.  Menulis ini pun saya masih senyum – senyum sendiri nih, saking senengnya melewati proses menegangkan dalam seumur hidup saya. Lebay… Tapi ini beneran…

Sebagai catatan, sebelumnya saya pesimis banget apakah visa saya akan diterima. Mengingat kondisi pekerjaan saya yang tentunya “tidak biasa”.

Korea termasuk Negara yang paling saya ingin kunjungi. Saya memang K-popers dan pecinta drama korea. And of course, I’m a big fans of Running Man.. Hoho.. Pokoknya saking kepengennya ke korea saya sering baca – baca klo pengalaman orang ke Korea itu gimana sih.

Dan ternyata selain tiket pesawat yang cukup mahal pembuatan visa pun menjadi tantangan besar bagi kita pemegang passport Indonesia. Why?? karena akhir – akhir ini pihak imigrasi dan kedutaan Korea sedang memperketat penerbitan visa disebabkan banyak oknum yang awalnya memakai visa tourist tapi ternyata betah dan malah mencari pekerjaan disana dengan illegal.

Yang rugi siapa?  ya kita traveller asli yang pure pengen jalan-jalan aja dan pulang lagi.. huhuhuhu..

Jadi ceritanya, tiket promo ke Korea itu sudah saya belih jauh – jauh bulan. Pas waktu itu lagi ada promo dari AirAsia untuk rute penerbangan Kuala Lumpur – Busan. Pas beli tiket ini saya gak sendiri. Ada 4 orang sahabat saya juga yang saya ajak untuk jalan bareng ke Korea ini. Walaupun pada akhirnya hanya 3 dari teman saya yang jadi ikut.

Waktu itu gak mikirin apapun selain beli tiketnya. Mumpung promo kan. Yang penting beli tiket dulu. Masalah perbekalan, visa, dan lain hal tetek bengek lainnya saya piker nantilah nyusul belakangan. Toh setelah beli tiket kita bisa nabung – nabung & persiapan.

Bulan demi bulan, hari demi hari berlalu sampai waktunya mendekati keberangkatan dan saya harus bikin tuh si Visa. Meskipun saya tidak menampik kebingungan tentang visa korea nya gimana ya? Tabungan nya harus 50jt ya? Klo visa di tolak tiket nya hangus dong? Berbagai pertanyaan dikepala udah macem-macem aja fikirannya.

So, sesulit itukah bikin visa korea?

Nyatanya, setelah mengalaminya sendiri, bikin visa itu gak seseram dan sesulit yang dibayangkan loh. Dan buat kamu yang punya impian untuk mengunjungi negeri gingseng ini juga  gak usah terlalu khawatir. Kali ini saya akan berbagi pengalaman gimana sih cara membuat visa korea itu dan apa saja sih yang kamu butuhkan untuk pengajuan visa Korea dan membuat impianmu mengunjungi negeri  gingseng itu selangkah lebih dekat.

Sebetulnya ketika awal akan mengajukan visa sayapun agak galau nih. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya klo status saya ini gak jelas. Dibilang karyawan bukan, wiraswasta engga, usaha pun baru rintis. Dan setelah melihat persyaratan visa korea, tambah galau deh. Karena yaitu tadi, saya bingung mau masuk kategori yang mana.

Tanya cara membuat visa korea ke teman – teman yang sudah pernah bikin visa juga, bukan nya dapet solusi, malah tambah galau nih. Karena tiap orang jawabannya beda – beda. Ada yang bilang pura – pura bekerja aja. Ada yang bilang dibikin seoah – olah pengusaha aja.

Namun yaitu tadi, saking banyak nya saran, saya malah jadi bingung sendiri mana cara membuat visa korea yang bener – bener efektif untuk saya.

Setelah tanya sana – sini, dan ubek – ubek blog lain untuk mengetahui cara membuat visa korea. Nemulah salah satu kawan yang profil nya mirip – mirip dengan saya. Menurut saran beliau, lebih baik bikin saja surat jaminan dari orang tua. FYI, ortu nya kawan saya ini PNS, nah kebetulan mama saya juga PNS. Daripada pusing – pusing, yaudah saya ikutin aja sarannya.

Drama pun dimulai. Karena saya menjadikan mama saya yang PNS menjadi penjamin, so ada beberapa syarat dan dokumen yang harus dilampirkan. Sementara kemarin pas mau ngajuin visa itu mamah saya lagi ibadah Haji dan keberangkatan saya ke Korea tinggal 14 hari sementara syarat – syarat untuk pengajuan visa (dokumen2 penjamin dari mamah) belum ada. Wadduuh!

Salah satu syarat yang saya lampirkan sebagai dokumen pendukung dari orang tua adalah surat referensi bank orang tua (mamah) yang mana harus ditanda tangai oleh mamah saya sendiri. Saya mengkonfirmasi bank mandiri bahwa apakah bisa referensi bank itu selesai dalam 1 hari? Karena kebetulan petugas di bank itu adalah teman saya, Alhamdulillah, surat yang biasanya di bank lain butuh 3-4 hari untuk keluarnya, kemarin saya bisa dapat dalam 1 hari saja atau bahkan tepatnya  kemarin hanya 6 jam proses setelah saya menceritakan kondisi dan urgensi  persyaratan visa saya tersebut. Alhamdulillahh.

H – 9 sebelum keberangkatan, sepulangnya mamah dari ibadah haji, langsung deh tancap gas siapin dokumen – dokumen yang dibutuhkan.  Alhamdulillah, semua persyaratannya terkumpul dalam sehari.

Singkat cerita, setelah persyaratannya semua terkumpul, saya pun meluncur ke jakarta sendiri . Tujuannya tak lain dan tak bukan tentunya adalah ke kedubes Korea.

Dikarenakan kawan – kawan yang lain berhalangan hadir karena bekerja, jadilah saya yang mewakili. So hari itu saya masukin 4 dokumen. 1 punya saya sendiri dan yang 3 punya teman – teman. Sebagai informasi, penyerahan dokumen visa ini bisa diwakilkan ya.

Jadwal Jam kerja Kedubes Korea adalah setiap hari Senin – Jumat untuk memasukan aplikasi antara jam 09.00-12.00 dan pengambilan Visa dari jam 13.30-16.00. Senin itu saya datang sangat pagi ke kedubes menyadari hari senin itu hari padet kerja saya pake jasa ojek online (bersyukur hidup di jaman ojek online) sehingga deru campur debu pun saya rasakan pagi itu. Saya berharap gak telat sampe ke kedubes dan dapet antrian awal. Dan pagi itu saya dapet antrian no 11. Lumayan lah ya, gak terlalu jauh.

Semua dokumen sudah terkumpul. Dan tibalah giliran saya menyerahkan aplikasi dan dulumen.  Oiya salah satu dari kita ada yang pasportnya baru lho… alias kosong melompong alias belum pernah ke luar negeri… sempet deg-deganan juga gimana yaa… Tapi bismillah aja.

Mbak yang layanin ramah banget, saat itu mbak nya cuman nanya ini SPT nya pakai SPT sekolah ya? (karena temen saya guru honorer dari salah satu sekolah swasta di depok dan dia belum ada SPT), saya cuman jawab “iya mba”…

Mbak nya langsung bilang, “totalnya jadi Rp 2.176.000 untuk berempat ya.” Jadi 1 orang bayar Rp 544.000

(update harga pertanggal 10 oktober 2016).

Oiya ini tips juga ya kalo kamu berangkat bareng temen – temen pengajuannya barengan aja yah. Dan kalo domisili kamu jauh dari kedutaan kamu bisa pake jasa Travel, worth it ko, meskipun bayar lebih mahal. Menggunakan jasa travel tidak ada jaminan visa di terima. Yang menjamin visa diterima adalah dokumen yang kita lampirkan dan mutlak keputusan dari Embassy korea.

Setelah proses pembayaran, saya dikasih note dan kertas pengambilan, saya pun di sarankan untuk mengecek secara online status visa nya dan embassy tidak menyarankan untuk mengecek visa dengan cara menelpon. Kertas sakti itu jangan sampe ilang ya. Pengambilan pun bisa diwakilkan oleh teman atau orang lain asalkan membawa kertas tersebut.

Sering banget buka web nya, cek lagi di cek lagi masih belum berubah. iya lah orang kedubes memperkirakan 4 hari sudah ada hasil. Dan akhirnya saya cek lagi dengan rasa yang campur aduk kemudian sudah ada perubahan status dari on Proses jadi APPROVED!!! Langsung heboh dan kabarin temen – temen ternyata visa mereka juga di terima.

Alhamdulillah, saya bersyukur banget.. Korea I’m coming… huhu

[Baca Juga: Tempat Menarik di Busan]

[Baca Juga: Tempat Menarik di Seoul]

Pada dasarnya selama dokumen kamu lengkap. Visa kamu pasti  Approved!!!! Just belive it.

Dede Sofia iku ambil Visa Korea ke Embassy :)

Dede Sofia iku ambil Visa Korea ke Embassy 🙂

So kawan, saatnya bikin visa korea kamu sendiri. Jadi bgaimana cara membuat visa korea apa saja yang dibutuhkan untuk pengajuan visa korea? Berikut ini persyaratan yang saya ambil dari web Korean embassy.

Dibawah juga saya lampirkan dokumen – dokumen pendukung  yang bisa kamu lampirkan. Sebagian dokumen pendukung ini tidak diminta, tapi ya namanya usaha. Boleh dong, untuk memperbesar kemungkinan diterima 🙂

PERSYARATAN DAN CARA MEMBUAT VISA KOREA SELATAN

Pendaftaran dan Pengambilan Visa

  • Pengajuan Aplikasi Visa :00 – 11.30
  • Pengambilan Visa :30 – 16.30
  • Lama Proses Pembuatan Visa : Minimal 6 Hari Kerja, dihitung satu hari setelah hari penyerahan dokumen tidak termasuk hari libur ( Proses bisa lebih dari 6 hari kerja jika dokumen dianggap belum lengkap dan interview jika dibutuhkan)

Selama Proses Pembuatan Visa, Paspor tidak boleh dipinjam.

2. Biaya Pembuatan Visa

  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 544.000,-
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) : Rp. 816.000,-
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp. 1.224.000,-
  • Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 952.000,-
  • Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea

3. Persyaratan Dokumen

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto). Download disini.
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
  • Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja
  • Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
  • Fotokopi Bukti Keuangan:
  1. Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21)
  2. Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank

** Untuk tipe visa C-3 Multiple silahkan untuk melihat persyaratan Multiple Visa

** Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua

** Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga

** Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)

** Dokumen yang telah dilampirkan jika dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen


Dokumen Pendukung Pembuatan Visa Korea

Nah, selain dari persyaratan utama diatas, ini saya tambahkan dokumen – dokumen pendukung untuk berbagai profesi yang bisa kamu lampirkan.

Syarat visa korea tambahan dokumen untuk mahasiswa

Untuk kalo kamu mahasiswa selain persyaratan utama dari kedubes  kamu tinggal menambahkan :

  • rekening bank orang tua
  • referensi bank orang tua
  • Fotocopy Kartu Mahasiswa
  • Surat keterangan Kuliah (dari Kampus)
  • surat pernyataan sponsor yang d tandatangani di atas materai
  • itinerary (dokumen pendukung)
  • tiket PP (dokumen pendukung)
  • Booking penginapan (dokumen pendukung-Pay later)

Syarat visa korea tambahan dokumen untuk karyawan

  • Fotocopy kartu pegawai (dokumen pendukung)
  • Fotocopy BPJS (dokumen pendukung)
  • Fotocopy NPWP
  • Fotocopy SPT
  • Surat Pernyataan Travelling dan akan kembali ke Indonesia di tandatangani sendiri di atas materai (dokumen pendukung ) #surat keterangan bekerja dari kantor tetap dilampirkan.
  • itinerary (dokumen pendukung)
  • tiket PP (dokumen pendukung)
  • Booking penginapan (dokumen pendukung-Pay later)

Syarat visa korea tambahan untuk wirausaha (self employe) – Online Shop

  • Surat keterangan Online Shop di tandatangani diatas materai
  • Fotocopy SPT
  • Fotocopy NPWP
  • Fotocopy BPJS
  • Fotocopy SIUP (Wirausaha)
  • itinerary (dokumen pendukung)
  • tiket PP (dokumen pendukung)
  • Booking penginapan (dokumen pendukung)

Syarat visa korea tambahan untuk karyawan Tidak punya SPT

  • Fotocopy kartu pegawai (dokumen pendukung)
  • Fotocopy BPJS (dokumen pendukung)
  • Fotocopy NPWP
  • Surat keterangan tidak kena wajib pajak dari kantor
  • Fotocopy SPT Kantor
  • Surat Pernyataan Travelling dan akan kembali ke Indonesia di tandatangani sendiri di atas materai (dokumen pendukung ) #surat keterangan bekerja dari kantor tetap dilampirkan.
  • Itinerary (dokumen pendukung)
  • Tiket PP (dokumen pendukung)
  • Booking penginapan (dokumen pendukung)

Syarat visa korea tambahan untuk freelancee dengan jaminan orang tua PNS (ini cara pengajuan yang saya lakukan 😉

  • Surat Referensi Bank orang tua
  • Rekening koran orang tua 3 bulan terakhir
  • Fotocopy NPWP Ortu
  • Fotocopy ASKES/BPJS
  • Fotocopy Taspen Orangtua
  • Fotocopy SK PNS orang tua
  • Fotocopy buku nikah orang tua
  • Fotocopy KTP mama-papa
  • Surat Jaminan akan kembali ke Indonesia di tandatangani orang tua dan d cap+kop kantor
  • itinerary (dokumen pendukung)
  • tiket PP (dokumen pendukung)
  • Booking penginapan (dokumen pendukung)

Syarat visa korea tambahan untuk freelancer jaminan orang tua non PNS (Wirausaha)

  • Surat referensi Bank orang tua
  • Rekening koran orang tua 3 bulan terakhir
  • Fotocopy NPWP ortu
  • Fotocopy SIUP ortu
  • Fotocopy SPT ortu
  • Fotocopy BPJS ortu
  • Surat jaminan akan kembali ke Indonesia di tandatangani orang tua di atas materai
  • itinerary (dokumen pendukung)
  • tiket PP (dokumen pendukung)
  • Booking penginapan (dokumen pendukung)

Nah itu dia kawan, cara membuat visa korea selatan berikut syarat utama plus syarat pendukung nya. Semoga kamu yang baca artikel ini ga semakin deg2an ya. I know what you feel. Hoho..

Segera persiapkan dokumen mu dan bersiaplah ke korea. Intinya lampirkan lah sejujur – jujurnya. Nyatakanlah yang sebenar – benarnya.  Kesankan (dan memang harusnya) bahwa kita mampu bertahan selama traveling di korea.

Untuk rekening bank yang mitos nya harus 50jt itu ga bener sama sekali. Karena rekening saya pas pasan banget hanya 1,5jt X  berapa hari kita liburan di korea. Yang penting cashflow tabungan 3 bulan terakhir bagus. Dan ternyata, biaya harian backpacker ke Korea gk gede – gede amat lho. Nanti saya cerita budget & itinerary traveling ke korea di postingan – postingan selanjutnya.

Banyak ikhtiar dan berdo’a aja toh kita hanya berusaha dan Allah yang menentukaan. Saya tunggu cerita keberhasilan visa kamu approved ya. Selamat berjuang. Semoga traveling ke korea yang menjadi impianmu bisa tercapai. Jika ada pertanyaan tentang cara membuat visa korea, jangan ragu untuk menanyakannya di kolom komentar 🙂

Anyeonghasaeyeo….

Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Ina Qurota Aina

Traveler, Cat Lover, & Co Author RanselTravel.com

Latest posts by Ina Qurota Aina (see all)

GRATIS Info Traveling Hemat ke Korea

Dapatkan update info Backpacker ke Korea Langsung di email Kamu! PLUS 2 ebook Budget Traveling GRATIS

You have Successfully Subscribed!

38 thoughts on “Cara Membuat Visa Korea untuk Backpacker

    • untuk PNS sama mba,terutama SK terkahir,NPWP,SPT,rek koran,referensi bank dan surat dari dinas keterangan untuk menjamin kk kembali.

  • Waw. Tengkyu banget tipsnyaa..
    Boleh sharing2 itinnya ngga? 😄
    Aku baru mau jalan juni ini..
    Ngga pake tour jd jalan2 sendiri aja sama temen2…

    Makasi yaa sblmnya

  • Halo mba, thx bgt info’y ya. Eiya, itu di atas kn disebutin syarat jaminan bwt ortu, nah qlo penjamin kita diganti sm kakak bisa ga ya?

  • mba, kalo penyerahan dokumen yg diwakili itu harus ada surat kuasa dan pengantarnya dulu kah?
    dan satu lagi, kalo wawancara itu biasanya yg kondisinya seperti apa yah?
    makasih.

    • Hi, untuk visa korea bisa diwakilkan tanpa harus menggunakan surat kuasa mbak… Biasanya klo ada yang kurang atau dirasa perlu aja. pengelaman saya sih selama dokumen lengkap gk pernah ada masalah..

  • Temennya sama kayak saya mbak, honorer dan ortu PNS, tp kalo penjamin kakak yg kerja di swasta apa bisa mbak? Soalnya kalo ngarepin dokumen ortu gak ada buku nikahnya hilang.
    Thanks sblumnya

    • sangat bisa ka,pake penjamin kaka yang kerja di swasta,nanti tinggal d buktikan aja bukti kekeluargaan seperti KK juga nanti buar surat keterangan kerja dari KK nya yang menyatakan kalo akan menjamin wida kembali ke indonesia juga rekening koran + refferensi bank + SPT dan NPWP kaka nya.
      untuk contoh suratnya bisa minta langsung via email ya ka.

  • mba, saya ada rencana mau ke korea sm suami..untuk rekening koran sm bukti rekening harus dilampirkan dua2nya ato cukup suami/ istri saja?trus untk SPT 21 iyu saya gak tau kantor saya melaporkannnya ato tidak. bisakah memakai surat pernyataan tidak punya spt dr kantor..tetapi saya punya npwp yg tidak dikenai paja..mohon solusinya mbak..saya sedikit bingung dengan SPT ini..terima kasih

    • oiya ka,wah psti sedang persiapan mengurus visa ya.jadi harus 22 nya ka rekening suami sebagai penjamin dan rekening kita yang akan berangkat.bisa juga melampirkan Surat bahwa penghasilan kita tidak terkena pajak dari kantor.jangan lupa NPWP nya dilampirkan ya ka,tp kalo memungkinkan saat ini kan meskipun tidak terkena pajak kita tetap harus laporan ke kantor pajak setempat meskipun pajaknya “NIHIL” nah coba di uruskan saja ka.
      oiya SPT dan NPWP ini semata2 menunjukan kalo kita punya penghasilan di indonesia ka.
      semoga lancar ya ka..kapan rencana keberangkatan?

  • kalo mahasiswa tapi pake rekening sendiri tanpa rekening orang tua boleh g y ? krn orang tuasayaga nabung di bank,nabung nya tanah:D ):

  • kalo mahasiswa tapi pake rekening sendiri tanpa rekening orang tua boleh g y ? krn orang tua saya ga nabung di bank,nabung nya tanah:D ):

  • Assalamualaikum mba.. Makasih ya udah info tentang pembuatan visa.. Saya mau tanya mba, tahun depan bulan januari saya ada rencana untuk pergi ke korea selatan.. Paspor dan tiket udab ditangan.. Hanya saya takut tidak diterima karena jujur baru kali ini saya pergi ke luar negeri.. Dan yang ingin saya tanyakan adalah saya bekerja sebagai honorer di SD Negeri.. Kira kira lebih baik syarat visa nya yang seperti apa? Mohon info nya mba terimakasih☺

    • Untuk guru honorer, selain syarat wajib yang ada di Artikel diatas, lampirkan saja NPWP, & SPT, juga surat keterangan bekerja dari sekolah bisa bantu banget meyakinkan klo kita sudah bekerja dan bakal balik ke Indonesia..

      Kebetulan kakak saya juga honorer SD dan kemaren kita baru pulang dari Korea 🙂

  • hai mba, mau tanya. pas pengambilan visa katanya ga pakai nomor urut lalu kertas pengambilan visa jadi numpuk dan lama antreannya. jadi enaknya kalau mau ambil visa datang brp jam lebih awal?

    thx

    • Klo saya biasanya jam 1 siang udah berada di depan pintu kedutaan mbak, pengambilan kan mulai jam 2. Biasanya gk lama sih klo saya…

  • Hallo mba ,mau tanya dong . Kan kita harus melampirkan bookingan hotel. tp sy akan menginap di rumah ortu tunangan sy disana . Mereka org korea asli. Lalu dibutuhkan surat referensi undangan tidak sih dr pihak sana ?

    • Klo pengen simple sih lebih baik “ngakunya” gk punya kenalan disana, jadi masuk dengan visa wisata dengan syarat2 yang biasa (tanpa surat undangan). Untuk bookingan hotel, bisa cari di Agoda / booking.com yang bisa bayar di tempat atau free cancelation. nanti pas visa di approve, bookingan bisa di cancel..

  • hallo mba..saya taun kemarin ke korea bikin visa lewat travel yang ngasih syarat min.tabungan 30-50jt… nah taun depan pengennya kesana lg tp visanya bikin sendiri..
    nah aku kan tinggal di malang, ada ga sih jasa yg mau ngurusin travel di jakartanya sana? soalnya syarat pake travel tuh berat di tabungan yg berpuluh2 juta ituu.. makasih

  • Hai mbak. Terimakasih infonya sangat bermanfaat sekali. Oh iya ada yg mau saya tanyakan. Saya rencananya oktober sekarang mau ajuin visa untuk keberangkatan november. Saya rencananya mau jadikan kaka saya sebagai sponsor. Nah untuk perihal rekening koran, boleh tidak kalo yg di lampirkan hanya rek kaka saya saja?

  • Slmt mlm, mba mau nanya so SPT, saya blom punya SPT soalnya NPWPnya baru diurus bulan febuari kemarin, intinya blom genap setahun, itu gimana yah mba? trus, soal rekening tabunga, saya kan tipikal orang yg nabungnya di rumah, jd rekeningnya, tiap gajian lgsg diambil gak netap gitu di rek. Itu gimana yah?makasih sebelumnya…

  • Kalo ibu rumah tangga yg berangkat n suami ga ikut,pke spt n npwp suami (pns) tp rek koran si istri bisa ga ya mba?atau baiknya gmn ya?tq

    • Sebaiknya rekening koran dan rekening bank suami istri mba,jadi dua2nya di lampirkan.

      Untuk fast response DM di Instagram aja ya mba

    • Untuk anak 3 tahun membuat surat sponsorship oleh orang tuanya mba,menyatakan seluruh pengeluarannya di tanggung orang tua.

      Untuk fast respon pertanyaan bisa tanyakan via DM instagram ya mba..

  • Mbaa itu klo sponsor dr orang tua pakai SPT ga mba kmren?

    Saya ga ada SPT, pengen pakai sonsor orang tua tp ayah saya jg ga ada SPT, hiks..

  • Mbaa kmren mba pakai sponsor dr orang tua itu pakai SPT ga?

    Saya ga ada SPT, pengen pakai sponsor orang tua tp ayah saya jg ga ada SPT pdhal ayah saya bekerja di pelabuhan (BUMN) hiks..

    Kalo yg dr orang tua hanya melampirkan rekening koran 3 bln terakhir, npwp, atau slip gaji terakhir, sama surat sponsor bisa ga mba? ☹️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GRATIS Update Info Backpacker Hemat ke Korea!

Dapatkan update info traveling hemat ke Korea langsung di email Kamu. PLUS 2 ebook Budget Traveling Gratis

You have Successfully Subscribed!