14 Cara Efektif untuk Menghemat Ongkos Penginapan

Selain tiket pesawat, satu lagi yang mengambil porsi besar dari budget perjalanan kita adalah penginapan. Klo Anda sudah membaca 15 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah, maka kali ini saya akan berbagi cara efektif yang bisa menghemat ongkos penginapan Anda saat travelling.

Saat booking penginapan untuk travelling, kadang yang kita cari bukan cuma soal murah nya saja, tapi apakah uang yang kita keluarkan sudah sebanding dengan fasilitas yang didapatkan dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Pilihan akomodasi yang kita gunakan biasanya tergantung dari:

  • Budget
  • Tujuan Wisata
  • Jumlah orang
  • Tipe atau preferensi Anda

Banyak yang mengatakan klo dimanapun Anda berada, “asal bisa tiduran malem nya dan mandi pagi nya gak masalah, kan mau wisata bukan numpang tidur”. Itu adalah pernyataan yang benar adanya. Tapi terkadang juga tinggal di tempat yang sebenarnya kurang kita inginkan demi harga yang hanya 10% lebih murah dari hotel incaran Anda bukanlah hal yang bijaksana!

Tujuan kita adalah menghemat uang juga mendapatkan harga terbaik dan tempat yang kita sukai.

Berdasarkan lamanya perjalanan dan dengan siapa kita bepergian, kita bisa menggunakan beberapa alternatif akomodasi / penginapan.

Jika kita bepergian dengan keluarga, dan dengan periode yang cukup panjang misalkan seminggu. Ada baiknya jika kita menyewa Apartemen untuk tempat menginap. Ada beberapa keuntungan jika Anda menginap di apartemen:

  • Apartemen biasanya memiliki dapur sendiri, so ini bisa kita gunakan untuk menghemat ongkos makan karena kita bisa masak sendiri.
  • Kamar yang terpisah bisa memudahkan kita menempatkan tiap personil keluarga.
  • Anda bisa menyewa apartemen dengan 3 atau 4 kamar dan sharing kamarnya dengan keluarga lain. Hemat lagi.

Fasilitas seperti diatas akan sangat berguna ketika kita bepergian dalam waktu yang cukup lama. Namun jika yang Anda lakukan adalah trip pendek, maka hotel atau hostel merupakan pilihan terbaik.

So, Berikut Cara Efektif Untuk Menghemat Ongkos Penginapan Saat Travelling

  1. Pilih Lokasi Strategis

Pastikan anda memilih lokasi yang strategis. Menginaplah di area yang dekat dengan transportasi umum, bandara, tempat makan, wahana, dan semua yang Anda butuhkan yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Tidak ada gunanya tinggal di tempat yang murah namun ternyata Anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk mencapai tempat – tempat wisata yang Anda inginkan.

  1. Menginap Lebih Dari 1 Hari

Banyak penyedia penginapan yang memberikan penawaran khusus jika Anda menginap lebih dari 1 hari. Seringkali kita akan mendapatkan penawaran seperti menginap 4 malam, bayar 3 malam, terutama pada saat – saat off peak season.

  1. Menginap Di Hari Minggu

Kebanyakan orang utamanya wisatawan akan menginap di hari Jumat Malam dan Sabtu Malam, dan biasanya hari Senin Malam sampai Kamis malam hotel di isi oleh business traveler. So, ada kekosongan di hari minggu malam, disini biasanya hotel atau penginapan memasang tarif rendah.

  1. Menginap Di Weekdays

Anda juga pasti tahu alasannya. Saya punya teman yang bekerja di hostel di Singapore. Menurut pengakuan dia, semua penginapan di Singapore akan memasang tarif tertinggi di saat weekend dan tarif terendah pada weekdays.

  1. Tinggal Di Apartemen Dengan Sharing Cost.

Ini sangat efektif jika Anda bepergeian dengan keluarga atau teman – teman dalam group kecil. Anda bisa membagi biaya sewa apartemen sehingga total ongkos sewa penginapan akan lebih murah.

  1. Pertimbangkan Untuk Menginap Di Hostel

Tinggal di hostel merupakan salah satu cara efektif untuk menghemat budget akomodasi kita. Sekarang ini banyak hostel yang memiliki fasilitas yang cukup komplit dan bagus. Jangan berpikir hostel hanya memiliki kamar dorm / asrama yang diisi khusus oleh para backpacker. Jika anda ingin menghemat dana dengan tinggal di hostel namun tetap menginginkan privasi, sekarang ini banyak hostel yang memiliki kamar private.

Hostel di beberapa kota besar biasanya dekat dengan transportasi umum dan land mark atau atraksi utama pada area turis di kota. Familly Room atau Private Room biasanya dibandrol dengan harga yang lebih murah dari sebuah kamar di hotel. Dan rata – rata mereka juga sudah memberikan fasilitas yang cukup memadai seperti akses wifi 24 jam, laundry, loker penyimpanan, dan dapur umum.

Hostel bisa menjadi tempat yang menyenangkan juga jika Anda ingin membangun pertemanan dengan traveler dari berbagai Negara lain.

  1. Booking Penginapan Yang Bisa Di Cancel

Booking penginapan dengan rate terbaik yang bisa Anda dapatkan secara online, sambil tetap  melakukan pencarian siapa tau mendapatkan penginapan dengan rate yang lebih baik.

Beberapa situs booking hotel menawarkan fasiltas booking yang bisa di cancel. Di postingan berikutnya saya akan sharing bagaimana caranya memanfaatkan situs booking hotel untuk mendapatkan rate terbaik.

  1. Apa Fasilitas Yang Bisa Anda Dapatkan?

Apakah akomodasi yang Anda pilih memberikan fasilitas WiFi Gratis, Airport Shuttle Gratis, Sarapan, laundry, resepsionis 24 jam?

Apakah dia memiliki pendingin/kulkas, microwave, mesin kopi?  Kulkas dan microwave biasanya jadi penyelamat saya ketika harus menghemat budget makan. Saya biasanya membeli makanan di minimarket yang bisa awet disimpan di kulkas untuk nantinya dipanaskan dengan microwave.

  1. Bagaimana Pengaturan Ruangan?

Dengan siapa Anda melakukan perjalanan? Bisakah anda berbagi tempat tidur dengan teman? Biasa nya saya mengambil dorm isi 6 jika bepergian bersama teman sekelompok, atau mengambil 3 kamar dengan queen bed atau twin bed, tergantung dari mana rate yang paling murah .

Jika bepergian sendiri tentunya lebih murah, terkadang saya ambil dorm, atau jika memang sendiri ya ambil kamar private. So, semua tergantung preferensi dan berapa banyaknya orang yang ikut trip. Pengaturan dan kombinasinya disesuaikan dengan penginapan yang jadi incaran.

  1. Ketahui Apabila Penginapan Memiliki Diskon Untuk Keluarga

Selalu bertanya apakah mereka memiliki discount rate untuk keluarga, fasilitas tambahan gratis, atau upgrade gratis. Terkadang saat check in beberapa penginapan menawarkan upgrade kamar yang lebih bagus dengan harga yang lumayan miring, bahkan gratis.

  1. Ikuti Program Reward Situs Booking

Beberapa situs booking seperti agoda menyediakan program reward bagi penggunanya. Jika Anda cukup sering menggunakan fasilitas nya, maka sebaiknya Anda mendaftar dan mengikuti program reward nya sehingga setiap Anda melakukan booking, Anda akan mendapatkan poin yang nantinya bisa gunakan untuk booking selanjutnya.

  1. Follow Sosial Media

Follow dan Like situs booking favorite Anda di media social. Belakangan ini, situs – situs booking terkenal sering memberikan promo – promo nya langsung dari social media.

  1. Daftar Email Newsletter

Subscribe via email ke situs booking favorit Anda. Sama seperti maskapai, terkadang mereka memberikan diskon dan coupon yang hanya mereka berikan pada subscriber email dan member nya saja.

  1. Hapus Cookies dan History

Sama seperti mesin pencarian tiket pesawat, ketika Anda melakukan pencarian untuk hotel, sebaiknya hapus dulu cookies dan history browser yang Anda gunakan untuk menghindari system yang menaikan harga tiba – tiba. Atau Anda juga bisa akses dari browser yang berbeda atau dari incognito tab di browser Anda.

 

Mencari Akomodasi Murah Secara Online

Dari pengalaman saya mendapatkan hotel terbaik dan termurah selama travelling, ada beberapa situs booking terpercaya yang bisa kita manfaatkan. Berikut ini beberapa list situs booking  terpercaya yang biasanya saya gunakan untuk mencari penginapan murah:

agodaAgoda

Ini merupakan situs booking hotel online terbaik di Asia, jika Anda ingin mencari hotel atau guesthouse untuk trip Anda di Asia. Agoda memiliki inventory terbanyak untuk penginapan di Asia, dan kabar baik nya, mereka memiliki rate terbaik untuk penginapan di Asia. Ketika saya booking penginapan di wilayah Asia baik untuk saya sendiri, teman, atau pun orang lain yang minta tolong untuk di booking kan, saya tidak pernah menggunakan situs lain selain Agoda.

 

airbnbAirBNB

Alternatif terbaik lain untuk mencari akomodasi murah adalah AirBNB. Situs ini menghubungkan Anda dengan pemilik rumah yang menyewakan rumah / apartemen nya pada traveler. Anda akan mendapatkan semua kenyamanan rumah, kesempatan untuk tinggal dan berbaur dengan warga lokal, bagian “non tourist” di tujuan Anda travelling, dan tentunya harga yang ditawarkan lebih murah daripada Anda menyewa hotel.  Jika Anda registrasi sekaranf di situs nya dengan link ini , Anda akan mendapatkan voucher diskon Rp. 315.000,- yang bisa Anda gunakan jika suatu saat Anda booking dari AirBNB.

 

booking_comBooking.com

Dengan 600.000 lebih properti di 200 negara yang tergabung dalam list nya dan masih terus bertambah setiap harinya, Booking.com juga merupakan salah satu situs favorit saya.  Fitur yang paling saya sukai dari Booking.com adalah “Booking sekarang, Bayar Nanti saat check in” dan juga fitur Cancel Gratis di kebanyakan kamar yang ditawarkan.

 

Oke guys, Saya harap tips dan strategi diatas bisa membantu Anda mendapatkan akomodasi murah untuk trip Anda selanjutnya. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penginapan, hotel atau list situs booking diatas, silahkan ajukan di kolom komentar atau email langsung ke saya.

Jika Anda mau, silahkan share dengan bebas halaman ini pada sahabat dan para pecinta travelling lain nya tanpa ragu dan minta izin dulu 🙂

Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Newbie Backpacker & Professional Jobless.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

3 thoughts on “14 Cara Efektif untuk Menghemat Ongkos Penginapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *