Backpacker ke Singapura [Guide for Newbie]

Klo ditanya pertama kali ke luar negeri kemana? Jawaban nya ya backpacker ke Singapura. Singapura adalah salah satu negara favorit kunjungan newbie backpacker kayak saya.

Transportasi yang mudah, petunjuk yang jelas, atraksi yang ditata dengan rapih, keamanan yang relatif baik sekali, dan kedekatan jarak dengan Indonesia tentunya menjadi sedikit dari banyak nya alasan kenapa sebagian besar Newbie Backpacker kayak saya menjadikan Singapore sebagai negara pertama yang dikunjungi ketika keluar negeri.

Backpacker ke Singapura merupakan salah satu cara hemat jalan jalan ke luar negeri

Jika wisata singapore merupakan tujuan pertama kamu memulai petualangan ke luar negeri. Maka kali ini saya akan share beberapa  panduan yang akan berguna ketika kamu memulai perjalanan kamu sendiri. As always, tips yang akan saya berikan tentunya adalah tips yang disesuaikan dengan budget backpacker 🙂

So, mari kita mulai..

Dapatkan akses ke Video Series Panduan Backpacking ke Singapore, Klik Disini…

So, Apa Saja yang Harus Kita Persiapkan untuk Backpacker ke Singapura

1. Siapkan Paspor

Untuk bisa backpacker ke Singapura maupun pergi ke negara – negara lainnya, hal pertama yang musti dan kudu kamu miliki adalah Paspor.

Paspor bisa dibuat di semua kantor imigrasi di Indonesia. Kamu orang bandung yang kebetulan kerja di Jakarta? Bisa kok buat Paspor di kantor imigrasi Jakarta. KTP Kamu Semarang juga bisa bikin paspor di imigrasi Bandung.

Tidak masalah dimana pun kamu berada, silahkan langsung datang ke kantor imigrasi, bawa foto kopi KTP, Kartu Keluarga, surat keterangan dari kantor (untuk bikin paspor–bisa juga tidak perlu bawa surat ini), foto kopi dan asli Akte Kelahiran karena nama di paspor harus sesuai dengan nama di dalam Akte Kelahiran. Biaya pengurusan paspor saat ini adalah Rp 365.000,-  untuk paspor 64 halaman.

Kamu juga bisa daftar online terlebih dahulu di website imigrasi dan kemudian baru datang ke kantor imigrasi untuk pengambilan foto, wawancara, dan melengkapi berkas. Prosedur lengkap pembuatan paspor bisa Anda baca di website imigrasi langsung.

2. Booking Penerbanganmu

Jangan pupus impianmu backpacker ke Singapura karena menganggap klo tiket ke luar negeri itu mahal. Banyak maskapai yang melayani rute untuk ke Singapore. Beberapa diantaranya yang sering memberikan promo adalah:

Baca Strategi Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk mengetahui tips & trik mendapatkan tiket pesawat sesuai budget.

3. Booking Akomodasi Penginapan

Jika ini merupakan kali pertama Kamu travelling ke luar negeri. Ada baik nya jika Anda sudah menyiapkan dan booking penginapan terlebih dahulu dari Indonesia. Ini akan menghemat waktu Kamu dan memaksimalkan waktu yang dimiliki untuk eksplorasi kota daripada mencari alamat penginapan.

Berikut ini beberapa situs booking yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari dan booking hotel, hostel, bahkan rumah yang disewakan. Just Click and Search:

Yang murah umumnya kamar-kamar dormitory, sekamar beramai-ramai, bisa ber-6 sampai ber-10 orang dalam satu kamar. Kita bayar per bed/malam. Jika menginap di dormitory room, sebaiknya saat tidur, barang-barang berharga–gadget dll disimpan dalam deposit box.

Biasanya kita diminta uang jaminan untuk deposit box, dan uangnya akan dikembalikan saat kita check out dari hostel tersebut. Baca Strategi Mendapatkan Penginapan Murah untuk Travelling


Tipikal Pengeluaran untuk Backpacker ke Singapore:

Hostel: Harga kamar jenis Dorm/ Asrama (1 kamar ramai – ramai) harganya mulai dari 18$ per kasur per malam. Jika ingin menggunakan private room biasanya harganya mulai dari 40$ per malam. Tipe kamar ini sangat cocok buat kamu yang ingin menghemat dana penginapan saat backpacker ke singapura.

Harga Hotel Budget: Harga rata – rata hotel budget untuk kamar single sama dengan private room di hostel, namun tentunya dengan kamar mandi masing – masing. Jika ingin mendapatkan kualitas yang lebih bagus lagi, banyak tersedia hotel dengan harga mulai dari 80$ per malam.

Harga Makanan Rata – Rata: Sekali makan di Singapore budget nya sekitar 6 sampai 9$ untuk masakan India. Klo makan di restaurant harga rata – rata mulai dari 20$ sekali makan. Klo mau irit ada juga warung – warung yang punya paket mulai dari 2,5$ sekali makan udah dapet nasi, telor & Sosis/Ayam goreng.

Transportasi: Transportasi umum di Singapore sangat bagus dan dikelola dengan baik. Untuk keliling Anda bisa menggunakan Bus atau MRT. Untuk bayar MRT bisa beli tiket sekali jalan di vending machine. Untuk Bus bayar di tempat (note: gak ada kembalian, pakai uang pas). Klo gak mau ribet bisa menggunakan kartu Ez Link atau Singapore Tourist Pass yang bisa digunakan untuk pembayaran baik Bus maupun MRT. Tiket sekali jalan mulai dari 1$.


Tips Menghemat Uang

  1. Kecuali benar – benar kepepet, hindari pake taxi di Singapore. Kenapa? Mahal bro.
  2. Klo di mall makan di food court jangan di restoran, harga nya mulai dari 6$. Area makan murah dan halal lain ada di sekitar Masjid Sultan.
  3. Booking penginapan yang dekat dengan transportasi umum. Ini akan menghemat tenaga , waktu, maupun ongkos tambahan.

Top Things To Do di Singapore

Foto Depan Patung Merlion: Gak Afdol kayanya klo ke Singapore gak fotoan depan Merlion. Ibarat kata merlion ini tempat wisudanya kita klo udah pernah ke Singapore.

Beli Es Krim Potong: Nikmati eskrim khas jajanan warga Singapore ini. Banyak tempat Anda bisa beli es krim ini. Tapi tempat yang paling saya suka adalah di Orchard Road.

Nonton Laser Show di Marina Bay Sand: Pertunjukan laser & water show yang klo di Indonesia pasti udah disuruh bayar klo pengen nonton nya. Klo disini GRATIS, padahal keren banget lho. Jangan lewatkan pertunjukan yang digelar setiap hari jam 8 malem ini.

Main di USS: Buat yang seneng main di wahana, jangan lewatkan main di salah satu tempat main paling mantap di Asia ini. Klo yang gak terlalu senang main di wahana, di area Senstosa Island ini juga masih banyak tempat – tempat yang bisa dikunjungi. Ada Madame Tussaud, trick eye, SEA Aquarium, Ifly, dll.

Berburu oleh – oleh di China Town & Bugis Street: Klo mau cari oleh – oleh berupa merchandise, gantungan kunci, atau kaos berbau Singapore bisa beli di dua tempat ini.

Cek Tempat Wisata di Singapore Gratis untuk mengetahui destinasi- destinasi lain yang bisa Anda kunjungi.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus Anda siapkan saat akan travelling ke Singapore ala backpacker. Sudah siap berpetualang?

Lets pack and go guys 🙂

Klik untuk Akses Seri Video Panduan Newbie Backpacker ke Singapore

Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Newbie Backpacker & Professional Jobless.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

Semua yang kamu butuhkan untuk traveling hemat ke Singapore

Dapatkan Akses ke video series panduan backpacking hemat ke Singapore. Destinasi, transportasi, tips, trik, & semua yang kamu butuhkan untuk traveling hemat ala backpacker ke Singapore

Dapatkan Ebook Gratis

You have Successfully Subscribed!

4 thoughts on “Backpacker ke Singapura [Guide for Newbie]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Semua yang kamu butuhkan untuk traveling hemat ke Singapore

Dapatkan Akses ke video series panduan backpacking hemat ke Singapore. Destinasi, transportasi, tips, trik, & semua yang kamu butuhkan untuk traveling hemat ala backpacker ke Singapore

Dapatkan Ebook Gratis

You have Successfully Subscribed!