Backpacker ke Penang

Ini sedikit pengalaman kita backpacker ke Penang beberapa waktu yang lalu. Sebetulnya backpacker ke Penang ini gak direncanain sebelum nya alias dadakan. Ceritanya pas akhir april kemarin kan pengen ngajak ortu jalan ke Singapore dan Malaysia tuh. Setelah beres nganter ortu kesana kemari di Singapore dan Malaysia selama 5 hari waktunya pulang ke tanah air tercinta. Eh, namun tak disangka pas mau beli tiket pulang nya (pas jalan kita belum belum beli tiket pulang) si harga tiket tiba – tiba jadi mahal.

Ada tiket promo, tapi yang available cuma untuk 5 orang. sementara tiket promo lagi adanya tiga hari selanjutnya. Setelah hitung punya hitung, ternyata selisih tiket promo tetep lebih gede dibanding klo ane stay di Malaysia, yaudah kita putusin aja beli tiket buat 5 orang (Ortu, adek, & temen2 nya), sementara saya & ina tetep stay di Malaysia untuk 3 hari ke depan. Toh klo pun kita maksain pulang hari itu sama aja, mendingan dipake jalan aja deh, secara kita juga gak dikejar waktu harus cepet pulang. Maklum Pengacara alias Penganguran Banyak Acara. Hehe.

Sabtu, 2 Mei 2015 setelah mengantar kepulangan Bu Sri (emak saya) & the gank pulang ke Tanah Air tercinta, saya dan Ina bingung mau ngapain. Mau keliling KL agak bosen juga, kita pengen eksplorasi tempat baru. Dan disaat kegundah gulana dan kebosanan itu datang menyergap, tiba – tiba munculah seberkas cahaya ide (alaah naon sih). Triingg, ide untuk jalan ke Penang, kita pikir waktu 3 hari cukup lah buat bolak – balik Penang – KL. Pagi itu, langsung aja kita meluncur ke KL Sentral untuk mengamankan tiket kereta api menuju Butterworth.

Untuk sampai ke Penang dari KL bisa ditempuh dengan 2 cara, yaitu dengan Bus dengan waktu tempuh sekitar 5 – 7 jam (tergantung kondisi lalu lintas). Klo mau naik Bus, kamu bisa naik dari TBS (Terminal Bersepadu Selatan), di situ banyak operator bus menuju penang, tinggal pilih aja operator yang sesuai budget kamu. Cara ke TBS sendiri klo dari KL Sentral tinggal naik komuter, bayar 1 RM aja. Tambang (bahasa melayu nya Ongkos) dari TBS ke Penang sendiri berkisar antara 39 – 50 RM,  tergantung operator & Jenis Bus nya.

Cara ke dua untuk ke Penang adalah dengan Naik Kereta Tanah Melayu Berhad (KTMB) alias KAI nya Malaysia sampai Butterworth, dilanjut nyebrang Ferry ke George Town nya. Untuk ke Penang dari KL Sentral, ada 2 Train yang berangkat setiap hari yaitu “Ekspress Rakyat” berangkat setiap hari jam 15.50, dan “Senandung Langkawi” berangkat setiap hari pukul 22.00 (jam 10 Malam) waktu Malaysia.

Lama perjalanan dengan kereta untuk mencapai Butterworth dari KL Sentral normal nya adalah 7 jam 30 menit. Tiket Kereta KTMB bisa dibeli on the Spot di KL Sentral. Tapi klo mau aman dan gak deg – degan keabisan tiket kereta pas hari H mendingan beli online deh, untuk booking online KTMB bisa di website nya langsung KLIK DISINI untuk menuju website nya.

Gak lucu kan klo pas mau jalan, beli tiket di counter, eh ternyata keabisan. Sayang nya booking tiket online ini hanya menyediakan opsi pembayaran dengan Kartu Kredit.

Ane dan Ina memutuskan untuk menggunakan kereta malam, pertimbangannya adalah untuk menghemat ongkos penginapan coz kita tidur di kereta. Enak nya klo pake KTMB ini kita bisa pesan gerbong khusus yang ada kasur nya lho. Dan secara harga pun ini cukup wajar. So, kita bisa tetep istirahat dengan nyaman walaupun perjalanan cukup panjang.

Singkat cerita, kereta bertolak dari KL pukul 22.00. Jugijag gijug gijag gijug kereta berangkat, Jugijag gijug gijag gijug hatiku gembira (perasaan kenal ni lagu ya?).  Sambil menunggu kereta sampai di Penang, ane pun tertidur dengan terlelap dan mimpi perang (What? gk penting, skip).

Baca sequel petualangan Padle Pop (eh..) petualangan kami backpacking ke Penang KLIK DISINI

UPDATE

Sekarang kereta ekonomi dari KL ke Penang sudah tidak beroperasi lagi. Akses ke Penang dari KL melalui jalan darat saat ini adalah dengan menggunakan BUS atau kereta ETS.

Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Newbie Backpacker & Professional Jobless.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

GRATIS! Panduan Budget TravelingASEAN

Dapatkan update panduan traveling ke ASEAN langsung di email kamu... PLUS 2 ebook busget traveling GRATIS...

Dapatkan Ebook Gratis

You have Successfully Subscribed!