Backpacker ke Korea Selatan [Panduan untuk Newbie]

Jika Korea merupakan tujuan trip kamu selanjutnya, boleh deh baca blog post kali ini sampai tuntas karena kita akan bahas seputar backpacker ke Korea. Korea emang nge-hits banget. Seakan mendunia dengan si “K” – nya, korea sekarang memang punya gayanya sendiri. Lihat saja K-drama, K-Fashion, K-Food dan K-pop yang sudah tak terbendung  lagi. Maka tidak salah bila saat ini K-fever sedang mewabah dimana-mana.

Namun tentunya bukan cuma K-pop saja yang menarik dari negara ini. Warisan peninggalan budaya Korea yang tentunya berbeda dengan budaya kita ini menarik untuk diselami.

Panduan Backpacker ke Korea Selatan untuk Newbie

Buat saya, Korea merupakan salah satu destinasi impian. Gimana denganmu? Jika jawabannya juga iya, maka sekarang saya akan berbagi tips dan sedikit panduan tentang backpacker ke Korea Selatan.

So lets begin…

Apa saja sih yang harus kita siapkan untuk Backpacker ke Korea Selatan?

1. Passport

Untuk bisa backpacker ke Korea maupun pergi ke negara – negara lainnya, hal pertama yang musti dan kudu kamu miliki tentunya adalah Paspor.

Paspor bisa dibuat di semua kantor imigrasi di Indonesia. Kamu orang bandung yang kebetulan kerja di Jakarta? Bisa kok buat Paspor di kantor imigrasi Jakarta. KTP Kamu Semarang juga bisa bikin paspor di imigrasi Bandung.

Tidak masalah dimana pun kamu berada, silahkan langsung datang ke kantor imigrasi, bawa foto kopi KTP, Kartu Keluarga, surat keterangan dari kantor (untuk bikin paspor–bisa juga tidak perlu bawa surat ini), foto kopi dan asli Akte Kelahiran karena nama di paspor harus sesuai dengan nama di dalam Akte Kelahiran. Biaya pengurusan paspor saat ini adalah Rp 365.000,-  untuk paspor 64 halaman.

Kamu juga bisa daftar online terlebih dahulu di website imigrasi dan kemudian baru datang ke kantor imigrasi untuk pengambilan foto, wawancara, dan melengkapi berkas. Prosedur lengkap pembuatan paspor bisa Kamu baca di website imigrasi langsung.

2. Visa Korea Selatan

Salah satu tanda bukti ‘boleh berkunjung’ yang diberikan pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah Korea. Kita sebagai WNI membutuhkan visa untuk memasuki wilayah Korea Selatan

Bila kamu tidak memiliki visa kamu tidak akan bisa masuk. Cara membuat visa pernah saya tulis di post sebelumnya di Cara Membuat Visa Korea Selatan.

3, Booking Penerbanganmu

Jangan pupus impianmu backpacker ke Korea Selatan karena menganggap klo tiket ke Korea itu mahal. Banyak maskapai yang melayani rute ke Korea. Beberapa diantaranya yang sering memberikan promo adalah AirAsia. Jika kamu melakukan penerbangan atau trip marathon dari jepang maka kamu bisa menggunakan Peach Airlines untuk menuju Korea.

Baca Strategi Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk mengetahui tips & trik mendapatkan tiket pesawat sesuai budget.

4. Booking Akomodasi Penginapan

Ada baik nya jika Kamu sudah menyiapkan dan booking penginapan terlebih dahulu dari Indonesia. Ini akan menghemat waktu Kamu dan memaksimalkan waktu yang dimiliki untuk eksplorasi kota daripada mencari alamat penginapan.

Berikut ini beberapa situs booking yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari dan booking hotel, hostel, bahkan rumah yang disewakan:

Yang murah umumnya kamar-kamar dormitory, sekamar beramai-ramai, bisa ber-6 sampai ber-10 orang dalam satu kamar. Kita bayar per bed/malam. Jika menginap di dormitory room, sebaiknya saat tidur, barang-barang berharga–gadget dll disimpan dalam deposit box.

Baca Strategi Mendapatkan Penginapan Murah untuk Travelling

Tipikal Pengeluaran untuk Backpacker ke Korea Selatan

Hostel: Harga kamar jenis Dorm/Asrama (1 kamar ramai – ramai) harganya mulai dari 18$ per kasur per malam. Jika ingin menggunakan private room biasanya harganya mulai dari 40$ per malam. Tipe kamar ini sangat cocok buat kamu yang ingin menghemat dana penginapan saat backpacker ke Korea.

Harga Hotel Budget: Harga rata – rata hotel budget untuk kamar single sama dengan private room di hostel, namun tentunya dengan kamar mandi masing – masing. Jika ingin mendapatkan kualitas yang lebih bagus lagi, banyak tersedia hotel dengan harga mulai dari 40$-80$ per malam.

Harga Makanan Rata – Rata: Sekali makan di Korea budget nya sekitar 6000 Won sampai 9000 Won untuk masakan halal di area Itaewon Klo makan di restaurant harga rata – rata mulai dari 10.000 Won – 13.000 Won sekali makan. Klo mau irit kita bisa membeli Nasi dan memakan/memasak bekal bahan mentah dari Indonesia. Untuk Food Street kamu bisa menikmati dengan harga 1000 Won-5000 Won.

Transportasi: Transportasi umum di Korea Selatan sangat bagus dan dikelola dengan baik. Untuk keliling Kamu bisa menggunakan Bus atau Subway (jihacheol). Untuk bayar Subway bisa beli tiket sekali jalan di vending machine. Untuk Bus bayar di tempat (note: gak ada kembalian, pakai uang pas). Klo gak mau ribet bisa menggunakan kartu T-Money atau Seoul city Pass yang bisa digunakan untuk pembayaran baik Bus maupun Subway. Tiket sekali jalan mulai dari 1080-1800 Won.

Tips Menghemat Uang

1. Kecuali benar – benar kepepet, hindari pake taxi di Korea karena memang tarif taxi disini cukup mahal. Banyak – banyak gunakan bus atau subway saja.

2. Klo di mall makan di food court jangan di restoran, harga nya mulai dari 6000 W. Area makan halal khas Korea lain ada di sekitar Masjid Itaewon dan Nami Island.

3. Booking penginapan yang dekat dengan transportasi umum. Ini akan menghemat tenaga , waktu, maupun ongkos tambahan.

Top Things To Do di Korea Selatan

Ada 2 kota besar yang menarik untuk di kunjungi ketika kita Backpacker ke Korea Selatan yaitu Seoul dan Busan. Kamu bisa masuk dari Busan terus menuju Seoul atau ambil rute sebaliknya dari Seoul duru baru ke Busan.

Tempat Wisata Menarik di Seoul

Tempat wisata menarik di seoul saat backpacker ke korea selatan

Namsan Seoul Tower: Tempat terbaik untuk melihat Seoul dari ketinggian.  Siang atau malam, tower ini akan menunjukan kita keindahan kota seoul.

Gyeongbukgung: Berdiri di wilayah seluas 410.000 meter persegi, Istana Gyeongbok adalah simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea. Istana megah dari dinasti Jeoson ini ga boleh di lewatkan.

Nami IslandTempat yang wajib kamu singgahi di korea apalagi saat autumn adalah Naminara atau Nami island. Dengan biaya masuk seharga 8000 won kita akan disuguhkan pemandangan yang menarik juga daun yang sudah menguning. Cantikkkk…

Berburu oleh – oleh di Namdaemun dan Myeongdong : Ini adalah lokasi wisata dimana banyak terdapat toko kosmetik terlengkap korea yang sering sekali jadi tempat shooting dramkor alias drama korea. Street food disini juga gak kalah terkenal nya. Myeongdong adalah area ramai pengunjung malam hari. Untuk weekday akan buka sampe jam 9 malam dan untuk weekend akan buka sampe jam 11.

Baca Juga Tempat Wisata Menarik Lainnya di Seoul

Tempat Wisata di Busan

Busan adalah kota kedua terbesar di Korea Selatan setelah Seoul. Busan juga merupakan sebuah kota pelabuhan dan metropolitan yang letaknya tepat disebelah tenggara Korea Selatan, salah satu dari 3 pelabuhan tersibuk di dunia. Namun begitu,  Romantisme dan kehangatan masyarakat Busan akan menyihirmu sampai – sampai kamu akan merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap kota ini.

Tempat Menarik di Busan saat backpacker ke korea selatan

Gamchon Culture Village: Jika kamu pecinta seni mural, art dan design kamu wajib datang ke Santorini nya asia ini. Begitu tiba di lokasi kita akan segera merasakan suasana yang artistik banget. Dari tembok, atap, bahkan jalanan yang berliku membuat perjalananmu di Busan lebih berwarna.

Heundae Beach: Pantai di Indonesia lebih indah pastinya, tapi Heundae punya daya tarik sendiri yaitu Seagull nya atau burung yang sangat banyak di area bibir pantai. Kehadiran mereka dengan jumlah banyak membuat suasana pantai sore semakin romantic.

Selengkapnya tentang Tempat Wisata Menarik di Busan

Nah itu tadi panduan ringkasnya. Jika ada yang pertanyaan, silahkan ajkan di Komentar ya 🙂

Jika kamu suka artikel ini dan ingin mendapatkan update dan panduan tentang Backpacker ke Korea Lainnya, silahkan bergabung dengan 8000 smart traveler lainnya di email Newsletter RanselTravel.com. Dapatkan juga 2 eBook Gratis Bdget traveler 🙂

Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Ina Qurota Aina

Traveler, Cat Lover, & Co Author RanselTravel.com

Latest posts by Ina Qurota Aina (see all)

GRATIS Info Traveling Hemat ke Korea

Dapatkan update info Backpacker ke Korea Langsung di email Kamu! PLUS 2 ebook Budget Traveling GRATIS

You have Successfully Subscribed!

10 thoughts on “Backpacker ke Korea Selatan [Panduan untuk Newbie]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GRATIS Update Info Backpacker Hemat ke Korea!

Dapatkan update info traveling hemat ke Korea langsung di email Kamu. PLUS 2 ebook Budget Traveling Gratis

You have Successfully Subscribed!