Backpacker ke Kamboja [Guide untuk Newbie]

Backpacker ke Kamboja khususnya Siem Riep adalah salah satu tempat yang ingin saya kunjungi lagi karena di kesempatan Backpacker rute Indochina kemarin rasanya masih belum puas menjelajahi tempat ini dan masih menyisakan rasa penasaran yang tinggi.

Angkor Wat adalah kota tua di Kamboja yang merupakan pusat kerajaan Khmer yang pernah sangat berkuasa di Asia Tenggara. Angkor Wat yang dalam bahas Khmer disebut juga “Pusat Kuil” merupakan kompleks candi terbesar di Cambodia dan merupakan Monumen Religius terbesar di dunia.

Baca Juga: Angkor Wat Cambodia, Layakah Dikunjungi?

Awalnya Angkor Wat dibangun sebagai kuil Hindu untuk Kekaisaran Khmer, namun secara bertahap berubah menjadi kuil Budha menjelang akhir abad ke 12.

Saat ini, Angkor Wat merupakan simbol dari Cambodia bahkan gambarnya digunakan di bendera Negara. Dan tentunya, ini menjadi atraksi utama yang menarik jutaan turis dari seluruh dunia.

Getting to Siem Reap Cambodia

Klo kamu berencana terbang langsung dari Indonesia ke Siem Reap, bisa ambil penerbangan dari Jakarta. Maskapai yang melayani rute penerbangan ini dari Jakarta adalah AirAsia. Biasanya akan transit di KL atau di Bangkok.

Klo kamu berencana backpacker ke kamboja dengan melakukan overland dari Bangkok, ada 2 cara yang bisa kamu tempuh yaitu dengan naik bus atau van langsung ke Siem Reap dari Bangkok dimana kamu bisa mendapatkan informasi dan tiket bus dari travel agent yang bertebaran di Seputaran Khaosand Road atau Rambutry.

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk overland adalah dengan “ngeteng” menggunakan kereta api dari Stasiun Hua Lamphong (sewa tuk tuk untuk mencapai stasiun ini klo kamu berangkat dari Khaosan Road) menuju Aranyaprathet, kota perbatasan sekaligus perhentian kereta terakhir.

Dari stasiun Aranyaprathet, ambil tuktuk ke poipet yang merupakan kota perbatasan dimana kita akan menuju Custom Imigration, keluar Thailand dan masuk Cambodia.

Setelah kita dapat cap masuk dari imigrasi Cambodia, akan ada Suthle Bus gratis yang akan mengantarkan kita ke terminal Bus. Nah dari terminal bus ini, untuk melanjutkan perjalanan ke Siem Reap kita bisa naik Van atau Bus yang harganya US$ 10 – 12.

Saya sendiri menggunakan alternative ke 2 atau “ngeteng” ini. Pertimbangan nya tentu karena klo ngeteng ongkos yang dikeluarkan jauh lebih sedikit alias lebih murah dan hemat. Selain itu juga karena faktor petualangan dan pengalaman lintas Negara yang tentunya seru.

Tipikal Pengeluaran Backpacker ke Kamboja

Harga Hotel – Kamar di Siem Reap berkisar antara 5.000 – 40.000 KHR per malam (non AC) dengan kipas angin dan tanpa water heater. Untuk kamar mandi dalam dengan water heater dan AC harganya sikitar 50.000-an.

Harga Budget Hotel – Budget Hotel dengan AC, water heater, dan TV berkisar antara 50.000 KHR untuk single room dan 60,000 KHR untuk double room.

Untuk harga hotel cek – cek dan booking di Agoda. Atau cek halaman Travel Resource di blog ini untuk mengetahui booking site mana saja yang terpercaya.

Rata – rata harga makanan – Harga makanan bermacam – macam, klo jajanan – jajanan pinggir jalan gitu mulai dari 4.000 KHR. Klo makan di semacam restoran muslim gitu sekitar 16.000 sampai dengan 35.000 KHR

Pengeluaran keliling kota – Untuk transportasi keliling siem riep bisa sewa tuk tuk yang bakalan sekaligus jadi tour guide kita sekalian. Untuk keliling Angkor Wat mengunjungi 3 temple paling terkenal harga tuk tuk seharian berkisar antara 18 – 20 US$

Top Things to See and Do at Siem Reap

Masuk ke Kompleks Angkor Wat – ini adalah land mark nya Cambodia. Harga masuk ke Angkor Wat adalah $20 USD untuk tiket 1 hari, $40 USD untuk free pass 3 hari, dan $60 USD untuk tiket 7 hari.

Jika waktu kamu sempit di siem reap, ambil tiket 1 hari & sewa 1 pengemudi tuk tuk untuk keliling kompleks Angkor seharian karena kamu akan sulit keliling sendiri klo cuman 1 hari.

1 tuk tuk bisa muat sampai 4 orang, so klo kamu ber4 bisa hemat banyak. Klo kamu sendiri dan tinggal di dorm, jangan khawatir, biasanya pihak hostel memfasilitasi wisatawan yang menginap di tempat nya untuk melakukan sharing cost antar traveler untuk meyewa tuk tuk.

kompleks angkor wat di siem reap camodia - hal yang tidak boleh kamu lewatkan saat backpacker ke kamboja

Sunset di Angkor Wat

Biasanya kamu akan diantar ke 3 temple paling terkenal atau paling populer. Nah, pastikan juga untuk melihat sunset di Angkor Wat yang fenomenal itu. Sewa tuktuk sehari sebelumnya, dan bilang sama driver klo kamu pengen liat sunset di Angkor Wat, nanti janjian jemput di penginapan jam berapa.

Siem Reap Night Market – Nah sudah puas keliling Angkor wat, malam nya kamu bisa mengunjungi night market untuk sekedar window shoping ataupun membeli oleh – oleh maupun souvenir khas Cambodia.

Pub Street – Klo di Bangkok ada khaosan road, di siem reap ada Pub Street. Nah, kamu bakalan liat banyak traveler dari berbagai Negara berkumpul dan nongkrong disini. Makin malam makin ramai tentunya.

Oke guys, itu sedikit panduan yang bisa kamu gunakan untuk merancang trip kamu ke cambodia. Mudah – mudahan jadi ada bayangan dan bisa membantu. Boleh di share klo dirasa bermanfaat, cukup klik tombol medsos di bawah.

Seperti biasa, sebelum close halaman ini atau pindah ke halaman lain, scroll ke bawah, tinggalin komentar atau pertanyaan tentang backpacker ke kamboja juga boleh. Let me know what do you think about this blog post? atau apa yang kira – kira pengen kita bahas di blog post selanjut nya? or whatever that, just give me some reaction 😀

Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Newbie Backpacker & Professional Jobless.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

4 thoughts on “Backpacker ke Kamboja [Guide untuk Newbie]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *