Backpacker ke Bali [Panduan untuk Newbie]

Bali adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Indonesia. Bukan hanya di kalangan wisatawan domestik, Bali menjadi magnet traveler dari luar negeri. Datang ke Bali, kamu akan melihat banyak sekali wisatawan asing yang juga penasaran apa sebenarnya yang membuat Bali begitu fenomenal dan terkenal sebagai tempat wisata. Dan kali ini saya akan share panduan Backpacker ke Bali.

Sebagai  tempat wisata, Bali punya “paket lengkap”. Budaya yang terjaga, dataran tinggi yang menawan, pantai – pantai yang indah, penduduk yang ramah, & banyak hal lain yang membuat Bali begitu diminati. Saya menghabiskan waktu satu bulan untuk explore bali, dan jika ada kesempatan, dengan senang hati saya ingin kembali lagi tentunya. So, klo kamu memiliki keinginan atau rencana kembali, make it real soon! You won’t regret it. Sediakan waktu 4 hari – seminggu untuk menjelajahi pulau dewata ini.

Panduan Backpacker ke Bali

Oke, berikut ini saya share persiapan, budget, beberapa tempat wisata menarik, dan tips – tips untuk kamu backpacker ke Bali.

Tipikal Pengeluaran Backpacker ke Bali

Akomodasi penginapan: Jika kamu budget solo traveler, banyak sekali guest house atau hostel yang menawarkan penginapan murah mulai dari 100rbuan per malamnya. Kamu bisa melakukan pencarian dan booking via Agoda. Selain hostel atau guesthouse yang bertebaran, tentunya kamu juga bisa menemukan hotel dengan mudah, mulai dari budget hotel sampai dengan resort, bali punya semuanya, pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Harga budget hotel sekitar Rp. 300.000 – Rp. 500.000 semalam. Untuk hotel dengan kolam renang, biasanya tersedia mulai dari harga Rp. 450.000-an per malam.

Di Bali juga terdapat banyak properti yang masuk di listing AirBNB. Mulai dari kosan premium , private room hotel sampai dengan apartemen ada disini. Saya menggunakan AirBNB selama 1 bulan stay di bali. Jika kamu berencana menggunakan AirBNB juga, saya punya Travel Credit Rp. 350.000 yang bisa kamu gunakan untuk potongan diskon. KLIK Disini untuk Travel Credit Air BNB Rp. 350.000.

Makan: Makan di bali khususnya di area Kuta atau di tempat – tempat sekitar area wisata terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan tempat – tempat wisata di Indonesia lainnya. Mungkin karena standarnya pake standar “bule” alias wisatawan asing. Agak sulit menemukan tempat makan yang murah apalagi di tempat – tempat wisatanya. Persiapkan ongkos makan sekitar Rp. 60.000 per orang (sekali makan).  Di daerah Kuta, khususnya dekat pantai, air mineral botol kecil saja harganya bisa sampai Rp. 8000-an di minimarket.

Namun begitu, gak semua area di bali menerapkan “harga standar bule”. Di beberapa titik terdapat juga warung – warung kecil atau pedagang kaki lima yang menjajakan nasi bungkus seperti nasi campur atau nasi jinggo yang harganya hanya Rp. 6.000-an saja. Menjauh sedikit dari area wisata, minimarket juga menjual barang – barang dengan harga “normal”.

Transportasi: Transporasi umum di bali agak susah apalagi jika ingin mengunjugi tempat – tempat wisatanya. Alternatif transportasi untuk megunjungi tempat – tempat wisata adalah dengan naik taksi, sewa mobil + driver, atau sewa motor. Jika kamu datang sekeluarga atau dengan grup, 5 – 8 orang, sewa mobil menjadi pilihan yang sangat bijak. Jika kamu datang sendiri atau berdua, sewa motor bisa jadi cara efektif untuk menjelajahi Bali. Saya sendiri sewa motor untuk keliling bali. Motor bisa disewa harian, mingguan, sampai bulanan dengan harga mulai dari Rp. 60.000 per hari.

Aktifitas: Di Bali banyak hal yang bisa kamu lakukan, mulai dari naik gunung sampai basah – basahan di pantai. Klo kamu senang olahraga, entah kamu seorang pro ataupun pemula, bali adalah tempat yang sangat pas untuk mencoba surfing. Yes, main – mainlah ke pantai dan gunakan waktu sore hari atau pagi hari untuk mencoba surfing. Kamu bisa menyewa papannya saja atau ditemani dengan instruktur. Selain surfing, kamu juga bisa mencoba berbagai jenis watersport yang ada di area tanjung benoa. Harga untuk sewa papan surfing sekitar Rp. 100.000 – Rp. 200.000. Sedangkan harga untuk watersport seperti snorkeling, jetski, banana boat, diving, dll mulai dari Rp. 75.000 – Jutaan.

VitaminSea #bali #kuta #kutabeach #vitaminsea #travelblogger #travelvideo #travel #traveler #travelphotography

Sebuah kiriman dibagikan oleh Fajar Permana (@fajaract) pada

Tempat Wisata Menarik di Bali & Aktifitas yang  Bisa Dilakukan Saat Backpacker ke Bali

Sebenarnya banyak sekali tempat wisata dan aktifitas yang bisa kamu kunjungi dan jelajahi saat Backpacker ke Bali. Namun jika kamu hanya memiliki waktu sekitar 3 – 4 hari saja, berikut ini tempat – tempat wisata dan aktifitas di Bali yang bisa kamu kunjungi dan lakukan. Selain jarak antar lokasi yang tidak terlalu jauh dan bisa dengan mudah diakses dari area Kuta dan Airport, tempat – tempat ini juga masuk list must visit place in Bali. Berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat backpacker ke Bali dengan waktu yang singkat:

Pura Tanah Lot

Pura yang terletak di tepi laut ini membawa suasana yang Indah. Datanglah kemari disaat sore hari sekitar pukul 4 atau setengah 5. Jika cuaca sedang cerah, ini adalah salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbenam. Sambil menunggu matahari terbenam, Kamu bisa berkeliling melihat keindahan area ini dari berbagai sudut.

Tanah Lot Merupakan Salah satu tempat wisata yang sayang kamu lewatkan saat Backpacker ke Bali

Kamu juga bisa turun ke arah pantai karang untuk bermain air. Pura Tanah Lot memiliki 2 pura utama yaitu satu yang berada di dekat pantai dibangun diatas bongkahan batu besar menjadikan pura ini sangat ikonik, satunya lagi diatas tebing (mirip – mirip seperti pura uluwatu).

Pantai

Bali adalah tempatnya kamu pecinta pantai. Banyak sekali pantai di Bali yang aksesnya sangat mudah. Pantai yang paling terkenal tentunya adalah kuta. Tak lengkap rasanya ke Bali tanpa mengunjungi pantai ini. Selain letaknya yang paling dekat dengan airport, pantai kuta merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Selain kuta, jika kamu memiliki waktu cukup lama saat backpacker ke Bali, cobalah untuk main ke pantai – pantai lainnya. Selain kuta, banyak juga pantai lain di bali yang mulai muncul sebagai tempat wisata seperti pantai Pandawa, Dreamland, Padang – Padang, Balangan, Sanur, dan masih banyak pantai – pantai “rahasia” lainnya yang bisa kamu kunjungi. Bahkan beberapa diantaranya menurut saya lebih Indah dan bersih dari Kuta.

Uluwatu

Tahukah Kamu jika daerah Uluwatu sudah mulai dikenal sebagai area wisata dan memiliki jumlah kunjungan yang terus meningkat bahkan sejak tahun 1970an. Uluwatu merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang jadi favorit kunjungan para traveler.

Jangan lewatkan pura luhur uluwatu saat kamu backpacker ke Bali

Di Uluwatu juga terdapat sebuah pura diatas tebing yang sudah berdiri sejak abad ke 11 yaitu Pura Luhur Uluwatu. Letaknya yang dipinggir tebing dan pemandangan di sekitarnya menciptakan pemandangan yang begitu dramatis dan ikonik. Disini juga salah satu tempat dimana kamu bisa menonton pertunjukan tari kecak.

Tanjung Benoa – Bermain Watersport

Mumpung di Bali, tidak ada salahnya kita mencoba water sport. Water sport di Bali dipusatkan di area tanjung benoa. Disini banyak banget kegiatan water sport yang bisa kamu lakukan seperti rafting, banana boat, parasailing, Jetski, rolling doughnut, dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan. Yang pernah saya pribadi coba adalah parasailing dan snorekeling, seru juga main disini.

Operator paket watersport di bali mempunyai penawaran – penawaran menarik, rata – rata antar operator yang satu dengan yang lain memiliki harga paketan yang sama. Sudah ada standard nya. Area tanjung benua ini bisa diakses dari kuta dengan mobil ataupun motor melewati tol laut. Oiya, di Bali motor juga bisa masuk tol lho. Cobain deh sensasinya naik motor menyebrangi laut saat perjalanan kuta ke tanjung benoa. Oiya, untuk main watersport di Tanjung Benoa, waktu yang paling tepat adalah di pagi hari saat air sedang pasang. Jika sudah siang, air akan surut dan beberapa permainan tidak bisa dilakukan.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Sediakan waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk mengunjungi Taman Garuda Wisnu Kencana atau yang sering dikenal dengan GWK ini. Yang paling terkenal dari taman yang letaknya di selatan Bali ini tentunya adalah patung  Garuda Wisnu Kencana yang jika sudah rampung nanti akan menjadi patung dewa terbesar di dunia.

Taman ini dibagi kedalam beberapa bagian yaitu Wisnu Plaza tempat patung GWK berada,  Street Theater sebagai tempat kamu bisa membeli berbagai souvenir khas bali dan GWK, Lotus Pond yang dijadikan area terbuka dan taman budaya, Indraloka Garden yang merupakan tempat dengan view yang indah, Aphitheatre yang merupakan tempat diadakannya pertunjukan tari kecak, dan wilayah terakhir adalah Tirta Agung dimana terdapat patung tangan Wisnu yang belum jadi.

Belanja Oleh – Oleh saat Backpacker ke Bali

Jika kamu termasuk tipe traveler yang tak bisa pulang dengan “tangan hampa”, tentunya berbelanja oleh – oleh adalah suatu kebutuhan. Belanja oleh – oleh tentunya bisa dimana saja. Di sepanjang jalan,  di legian, dimana – mana kamu bisa menemukan penjual souvenir atau oleh – oleh khas Bali. Namun beberapa yang paling terkenal di kalangan wisatawan Indonesia seperti Joger dimana kamu bisa membeli kaos – kaos atau clothing dengan tulisan dan kata – kata unik, KRISHNA yang merupakan pusat oleh – oleh ternama di Bali, dan klo kamu senang hunting & tawar – menawar kamu bisa berburu oleh oleh di Pasar Seni Sukawati.

Tips Menghemat Uang Saat Backpacker ke Bali

Tawar

Klo belanja sesuatu, kecuali di Mall (yang harganya sudah pasti) biasakan menawar. Kadang penjual disini menaikan harga tinggi. Jangan langsung terima harga awal yang diajukan penjual. Keluarkan skill menawar kamu. Klo harga gak cocok, jalan & tinggalkan 🙂

Akomodasi termurah di Kuta Utara

Jika kamu traveling dalam waktu lama dan dalam budget yang ketat, akomodasi di utara kuta relatif lebih murah di banding di Kuta Selatan (Kuta, Ubud, Seminyak, dll) yang mana merupakan tempat wisata favorit. Namun jika kamu trip hanya 3 – 4 hari tak terlalu signifikan, malah lebih baik menginap di Kuta Selatan agar waktu yang sedikit bisa digunakan lebih efisien.

Sewa Motor saat Backpacker ke Bali

Berhubung transportasi publik di Bali terutama di area Wisata agak sulit. Jika kamu traveling sendiri atau berdua, sewa motor bisa jadi pilihan yang paling murah dan efisien untuk dipakai keliling Bali. Harga sewa motor mulai dari Rp. 60.000,- perhari tergantung jenis motor. Bahkan jika kamu sewa mingguan atau bulanan bisa lebih murah.

Nah itu dia panduan dasar Backpacker ke Bali. Semoga bisa membantu untuk kamu yang memiliki rencana untuk traveling dan berkunjung ke pulau dewata ini. Jika masih ada hal yang belum jelas dan ingin ditanyakan tentang tips – tips seputar traveling di Bali, silahkan layangkan di komentar yaa.


Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Newbie Backpacker & Professional Jobless.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

Bergabung Dengan 8000 Lebih Smart Traveler Lainnya...

Bergabung Dengan 8000 Lebih Smart Traveler Lainnya...

Bergabung dengan Mailing List RanselTravel.com untuk mendapatkan update, tips, info promo, & berbagai penawaran spesial untuk membuat kamu keliling Indonesia dengan lebih MURAH, MUDAH, & MENYENANGKAN. Masukan Nama, Email Aktif, & Tekan Tombol sekarang juga...

You have Successfully Subscribed!

8 thoughts on “Backpacker ke Bali [Panduan untuk Newbie]

  • Kalo misal aku mau stay di bali semingguan gtu dengan gaya backpacker, lebih recommend stay dimana ya kak? Hotel? Guesthouse? Kosan? Atau apa?
    Trus boleh kasih tau tempat sewa motor yg kakak pakek selama disana ga?
    Thanks before kak…

    • Andaikata Klo saya cewek ni yah.. Hehe…

      Klo seminggu:
      1. Cari kamar private. Banding2in harga untuk hotel, hostel, guesthouse, cek lokasi & baca2 review di agoda. Harga sesuai budget ambil. Klo mau sewa motor, gk masalah nginep agak jauh dikit 1 – 2 km ke pantai. Tar ke pantai naik motor.

      2. Untuk sewa motor saya sewa di pak made, di popies lane 1, depan kedin inn. Sewa lama dapet diskon. Klo sewa seminggu atau lebih bisa nawar. Datangin langsung & tawar2 aja.

  • Biarpun jadi primadona Bali, tapi aku agak males ke Bali buat backpacking sendiri. Alasannya ya seperti yang udah kamu bilang di atas, makanan dan transportasinya susah. Padahal pengen juga ke pantai-pantai baru yang belum ada saat studiwisata SMP dan SMA.

    Makasih share-nya, bro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bergabung dengan 8000 Lebih SMART TRAVELER Lainnya...

Bergabung dengan 8000 Lebih SMART TRAVELER Lainnya...

Bergabung dengan Mailing List RanselTravel.com untuk mendapatkan update, tips, info promo, & berbagai penawaran spesial untuk membuat kamu keliling Indonesia dengan lebih MURAH, MUDAH, & MENYENANGKAN. Masukan Nama, Email Aktif, & Tekan Tombol sekarang juga...

You have Successfully Subscribed!