Akomodasi Murah untuk Backpacker

Akomodasi atau penginapan merupakan salah satu pos pengeluaran yang paling besar saat traveling. Sebagai seorang backpacker a.k.a budget traveler, tentunya menemukan tempat menginap murah dan nyaman bahkan gratis bisa sangat berarti.

Mendapatkan penginapan yang murah bahkan gratis tentunya akan sangat menghemat pengeluaran kita saat traveling.

Beruntungnya, ada beberapa cara traveler bisa “mengakali” masalah penginapan ini tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam:

Menginap di Hostel

Ini adalah salah satu opsi yang paling saya suka. Di hostel, kebanyakan kamarnya merupakan jenis dorm dengan fasilitas bersama.

Ada berbagai jenis tipe kamar di hostel mulai dari private room sampai rame – rame sekamar. Biasanya yang tipe dorm lebih murah. Semakin banyak kasur di ruangan itu, semakin banyak kapasitas, semakin murah.

Memang sih, kita harus berbagi ruangan dengan orang asing, tapi ini merupakan salah satu cara untuk menghemat banyak ongkos penginapan. Jika kita traveling dengan grup besar, tentunya kita bisa gunakan satu ruangan untuk grup kita sendiri kan.

Selain berbagi kamar, kita juga berbagi fasilitas dengan traveler lain seperti Kamar Mandi, Dapur, dan peralatan lainnya (tergantung kebijakan hostel)

Website booking hostel yang paling saya sukai yang memiliki banyak pilihan hostel murah dan bagus adalah Agoda.

Sewa Jangka Pendek

Sewa apartemen ketika traveling? Kenapa tidak! Terkadang, menyewa rumah atau apartemen bisa lebih murah dibandingkan harus menyewa hotel. Selain itu banyak apartemen memiliki perlengkapan dan fleksibilitas yang lebih banyak daripada kita tinggal di hotel. Jika kita berencana stay di suatu tempat lebih dari seminggu, sewa apartemen atau rumah bisa jadi pilihan yang cerdas.

Ada beberapa keuntungan jika Anda menginap di apartemen:

  • Apartemen biasanya memiliki dapur sendiri, so ini bisa kita gunakan untuk menghemat ongkos makan karena kita bisa masak sendiri.
  • Kamar yang terpisah bisa memudahkan kita menempatkan tiap personil keluarga.
  • Kita bisa menyewa apartemen dengan 3 atau 4 kamar dan sharing kamarnya dengan keluarga lain. Hemat lagi.

Website untuk rental apartemen favorit saya adalah AirBNB (Klik AirBNB untuk dapatkan kredit menginap Rp. 350.000)

Menginap Gratis dengan Couchsurfing

Salah satu cara mendapatkan tempat menginap gratis di destinasi tujuan kamu adalah dengan “numpang” menginap. hehe.

Ada beberapa website yang bisa membantu kita mendapatkan tempat untuk “numpang” nginap gratis di destinasi tujuan kita, namun yang paling saya sukai adalah Couchsurfing.

Tujuan website ini bukan cuma untuk membantu traveler untuk menghemat ongkos penginapan namun juga agar traveler bisa lebih mengenal budaya lokal di destinasi tujuan.

Platform Couchsurfing mempertemukan traveler dengan host yang bersedia menyediakan tempat menginap bagi traveler. Biasanya, mereka yang menjadi “host” juga merupakan seorang traveler.

Faktor keamanan juga tak luput dari perhatian Couchsurfing, verifikasi dilakukan terhadap member. Selain itu, member juga bisa memberikan rating dan komentar kepada member lainnya.

Hal – hal yang biasanya saya perhatikan saat mencari host adalah:

  • Harus punya foto profil. Selain untuk mengenal host, tentunya ini merupakan filter pertama agar kita tahu klo host kita adalah manusia, bukan akun kloningan 🙂
  • Profilnya harus lengkap. Biasanya yang mengisi profil dengan lengkap itu orang yang siap dan terbuka untuk menerima orang asing di tempatnya.
  • Ada review. Sekali lagi, review dari traveler lain yang pernah tinggal maupun traveling bareng dengan calon host kita akan membantu kita mengetahui profile calon host. Semakin positif reviewnya semakin bagus tentunya.
  • Verifikasi. Couchsurfing memiliki beberapa cara untuk verifikasi. Member bisa diverifikasi oleh member lain, email, maupun kartu kredit.

Siap untuk petualangan kamu selanjutnya? KLIK untuk join member Couchsurfing

Nah, itu dia tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengipanapan. Lain kali kamu nge-trip kamu bisa gunakan salah satu tipe akomodasi diatas untuk menghemat budget! Semoga bermanfaat.

Inspire the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Fajar Permana

Newbie Backpacker & Professional Jobless.

Latest posts by Fajar Permana (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *