5 Hal Penting yang Perlu diketahui Sebelum Keliling Jepang Menggunakan Transportasi Umum

Jepang adalah negara maju yang memiliki sistem transportasi umum sangat baik. Kemacetan di negara ini dapat teratasi dengan baik karena hampir semua masyarakat di Jepang lebih memilih menggunakan transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi. Kenapa? Karena transportasi umum di Jepang lebih efisien dan murah. Selain itu juga pelayanannya sangat baik.

Meskupun telah memiliki sistem dan pelayanan yang baik, nyatanya banyak wisatawan yang masih bingung ketika akan menggunakan transportasi umum di Jepang karena sistem yang begitu rumit. Apalagi bagi mereka yang ingin keliling Jepang menggunakan transportasi umum, tentu harus mencari tahu banyak hal sebelum benar-benar memulai perjalanan. Oleh karena itu untuk meminimalisasi rasa bingung, berikut ini 5 hal penting yang perlu Sobat Traveler ketahui sebelum keliling Jepang menggunakan transportasi umum:

Sangat direkomendasikan menggunakan Kereta Api

Sangat direkomendasikan menggunakan Kereta Api - 1.Sangat direkomendasikan menggunakan Kereta Api - matcha-jp.com

Sangat direkomendasikan menggunakan Kereta Api – 1. Sangat direkomendasikan menggunakan Kereta Api – matcha-jp.com

 

Sistem perkeretaapian di Jepang sangat sistematis dan mungkin agak membingungkan bagi yang pertama-kali berkunjung. Meskipun begitu, kereta api adalah transportasi favorit bagi warga Jepang karena hampir semua tempat, termasuk tempat wisata dapat dijangkau dengan kereta api.

Saking favoritnya, ada pekerjaan unik di sini yaitu Oshiya, tugasnya adalah untuk mendorong penumpang agar dapat masuk ke dalam gerbong. Orang Jepang memang terkenal sangat disiplin, sehingga mereka rela berebutan dan berdesakan di dalam kereta agar dapat sampai ke tujuan tepat waktu.

TipsNaik Kereta Api di Jepang

TipsNaik Kereta Api di Jepang - 5Hal Penting yang Perlu diketahui Sebelum Keliling Jepang Menggunakan Transportasi Umum - travel.tribunnews.com

TipsNaik Kereta Api di Jepang – 5Hal Penting yang Perlu diketahui Sebelum Keliling Jepang Menggunakan Transportasi Umum – travel.tribunnews.com

 

Apa kamu pernah menonton anime? Kondisi dan cara menggunakan kereta api kurang lebih sama seperti itu. Kamu harus benar-benar memperhitungkan waktu dan jarak tempuh saat akan pindah kereta, karena jalur yang berbeda membuat seseorang harus naik turun tangga mengganti kereta.

Tips sederhana menggunakan kereta api di Jepang adalah kamu harus tahu stasiun terdekat dengan tujuan wisata. Setiap kereta akan berhenti—sama seperti di Indonesia—akan ada pemberitahuan melalui pengeras suara berbahasa Inggris, Korea, dan Jepang. Kalau kamu masih ragu, bisa saja membaca pemberitahuan yang tertulis di pintu keluar. Di sana tertulis kereta telah sampai di stasiun apa atau stasiun pemberhentian selanjutnya.

Mengenal Beberapa Jenis Travel Card

Mengenal Beberapa Jenis Travel Card - 5Hal Penting yang Perlu diketahui Sebelum Keliling Jepang Menggunakan Transportasi Umum - travelbyinspire.co.uk

Mengenal Beberapa Jenis Travel Card – 5Hal Penting yang Perlu diketahui Sebelum Keliling Jepang Menggunakan Transportasi Umum – travelbyinspire.co.uk

 

Travel card atau kartu transportasi di Jepang banyak jenisnya. Setiap kartu digunakan untuk tujuan dan kereta yang berbeda-beda, jadi sebelum menggunakan kereta api sebaiknya Sobat Traveler perlu tahu beberapa jenis travel card.

  • JR Pass

Bisa dikatakan JR Pass adalah yang paling efektif untuk kamu yang ingin keliling Jepang menggunakan transportasi umum. Dengan kartu ini saja kamu sudah bisa berkeliling Jepang dengan Shinkansen tanpa perlu memikirkan ongkos lagi. Apalagi bagi backpacker yang suka berkelana dengan ongkos minim, kartu ini sangat direkomendasikan.

  • Suica atau Pasmo

Untuk menaiki sub private line, misalnya perjalanan dari Tokyo ke Osaka,kamu bisa menggunakan Suica. Kartu ini bisa kamu isi saldo minimal 1000 yen dan cara penggunaannya adalah tinggal ditempelkan di pintu masuk ketika akan naik kereta. Dibanding harus keluar uang eceran, tentu kartu ini jauh lebih praktis.

  • Tokunai Pass

Tokunai Pass atau Tokyo Metropolitan Distict Pass adalah kartu yang berlaku di semua bis dan kereta api di jaringan JR lines. Sobat Traveler bisa mendapatkan kartu ini dengan cara membelinya di mesin otomatis yang tersedia di semua stasiun di Tokyo dengan harga 730 yen untuk dewasa dan 360 yen untuk anak-anak.

  • Tokyo Furii Kippu

Tokyo Furii Kippu atau Tokyo Tour Ticket adalah kartu yang fungsinya sedikit mirip dengan Tokunai Pass, hanya saja lebih mahal karena jangkauan kartu ini lebih luas. Harganya sekitar 1.580 yen untuk dewasa dan dan 790 yen untuk anak-anak.

Aplikasi Traveling di Jepang

Aplikasi Traveling di Jepang - 5Hal Penting yang Perlu diketahui Sebelum Keliling Jepang Menggunakan Transportasi Umum - travel.detik.com

Aplikasi Traveling di Jepang – 5Hal Penting yang Perlu diketahui Sebelum Keliling Jepang Menggunakan Transportasi Umum – travel.detik.com

 

Untuk mempermudah perjalanan kamukeliling Jepang menggunakan transportasi umum, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu pakai. Seperti yang populer adalah Japan Trip atau Hyperdia. kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi ini untuk melihat jadwal keberangkatan, tujuan, harga tiket, atau hal lain seputar transportasi umum di Jepang.

Mengenal Istilah Jinshin Jiko

Jinshin Jiko - 5Hal Penting yang Perlu diketahui Sebelum Keliling Jepang Menggunakan Transportasi Umum - mindhack2ch.com

Jinshin Jiko – 5Hal Penting yang Perlu diketahui Sebelum Keliling Jepang Menggunakan Transportasi Umum – mindhack2ch.com

 

Hal penting selanjutnya yang perlu diketahui sebelum keliling Jepang menggunakan Transportasi Umum adalah Jinshin Jiko. Ini merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang berarti terjadi gangguan pada sistem di lintasan kereta api. Karena kejadian ini sangat sering terjadi, sangat penting untuk diketahui setiap orang yang berencana mengunjungi Jepang.

Gangguan yang disebabkan ada banyak macamnya, beberapa di antaranya adalah akibat seseorang yang tidak sengaja terjatuh ke lintasan kereta atau bunuh diri. Kasus yang paling banyak terjadi disebabkan kecelakaan orang yang tidak sengaja jatuh ke lintasan kereta.

Pastikan Sobat Traveler benar-benar mempersiapkan diri dan tahu apa yang harus dilakukan sebelum berkeliling Jepang dengan transportasi umum. Masih belum paham? Jangan khawatir, praktik langsung akan memudahkan kamu memahami penjelasan-penjelasan ini. Jadi, selamat berlibur dan semoga hari kamu menyenangkan.

Share to the World:

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
The following two tabs change content below.

Tim Redaksi

Love to serve you with the best travel content 🙂

Latest posts by Tim Redaksi (see all)

4 thoughts on “5 Hal Penting yang Perlu diketahui Sebelum Keliling Jepang Menggunakan Transportasi Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *